Rapat Penyusunan Proses Bisnis Direktorat Event Daerah 2022

Kegiatan Rapat Penyusunan Proses Bisnis Direktorat Event Daerah pada tanggal 28 Mei 2022 yang dilaksanakan di Pullman Hotel, Thamrin

Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Direktur Event Daerah, Bapak Reza Fahlevi
2. Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo
3. Tim Konsultan Idea Learning (Oranye Konsultan)
4. Pejabat dan staf di Direktorat Event Daerah

🔵Sambutan serta pembukaan dari Direktur Event Daerah, Bapak Reza Fahlevi:
– Analisis Bisnis dan Organisasi telah dilakukan dengan studi dokumen dan wawancara para pejabat untuk memperoleh  gambaran bagaimana DEDA melaksanakan tugasnya.
– Pada kesempatan ini DEDA meninjau kembali petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan.
– Tahapan yang perlu dilakukan pada rapat ini, yaitu merumuskan proses bisnis yang terjadi di DEDA sehingga kedepannya dapat disusun SOP sesuai dengan proses bisnis yang telah dibuat

🔵Sesi Pemaparan
🔹Bapak Ivhan, berikut poin-poin paparannya:
– Penjelasan terkait definisi proses bisnis.
– Penjelasan tahapan-tahapan penyusunan proses bisnis.
– Penjelasan contoh proses bisnis dan SOP yang pernah disusun.

🔹Bapak Raymond, berikut poin-poin paparannya:
– Penjelasan terkait tingkatan Peta Proses Bisnis.
– Penjelasan terkait Value Chan sesuai level bisnis.
– Beliau telah membuat draft Peta Proses Bisnis DEDA sesuai dengan data yang telah dijaring melalui wawancara dengan Pejabat di lingkungan DEDA.
– Draft bentuk Proses Bisnis DEDA meliputi, Perencanaan Kalender Events, Pendukungan Events, Pendampingan Events, Pengembangan Kapasitas SDM Event dan Evaluasi Pelaksanaan Events

🔵 Arahan
1. Direktur Event Daerah, Bapak Reza Fahlevi
– Draft Bisnis Proses yang telah disusun sudah sesuai yang diharapkan. Namun perlu dipertimbangkan kembali perihal definisi event yang dimaksud dalam bisnis proses yaitu seluruh event di Indonesia, tidak hanya event-event yang didukung oleh Direktorat Event Daerah.

2. Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo
– Bisnis Proses Direktorat Event Daerah yang telah disusun nantinya harus sesuai dengan tugas dan fungsi Direktorat Event Daerah yang nantinya dapat diturunkan ke dalam bentuk SOP kegiatan.

🔵 Sesi Diskusi
– Pada sesi diskusi ini membahas terkait draft yang telah disusun tim konsultan, dengan sistem diskusi yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan proses bisnis yang ada untuk menjabarkan detail dari proses tersebut.
– Hasil diskusi ini didapat hasil bahwa proses bisnis DEDA meliputi, Identifikasi Kebutuhan, Perencanaan Event, Penyelenggaraan Event, Pendukungan Event, Pendampingan Event, Peningkatan Kapasitas SDM Event, serta Monitoring dan Evaluasi

🔵 Tindak Lanjut:
– Hasil dari proses bisnis yang telah disusun dan diskusikan nantinya akan diterjemahkan tim konsultan (Oranye) dalam bentuk SOP yang nantinya kembali akan didiskusikan dengan tim DEDA.

 

Sambutan dan Arahan dari Direktur Event Daerah dan Sekretaris Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)

 

Pemaparan dari Tim Oranye Konsultan

 

Sesi diskusi kelompok
Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan