Pelaksanaan Indonesian Night: “One Majestic Night at The Home of Spices” dalam Rangka Delegate Boosting ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023

Laporan pelaksanaan Indonesian Night: “One Majestic Night at The Home of Spices” dalam rangka delegate boosting ATF 2023 yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 19 Januari 2022 di Prince Times Hotel, Preah Sihanouk, Kamboja.

Indonesian Night menyajikan menu dari 5 DSP berupa:
🍽️ Naniura
🍽️ Kupat Tahu
🍽️ Sei Sapi dan Plecing Kangkung
🍽️ Klappertart

dengan Sambal sebagai condiment, Kerupuk Tempe, Kerupuk Ikan Palembang, Emping, dan Selondok serta wedang secang sebagai minuman pendamping yang dituangkan selama acara berlangsung.

Buku menu yang berisi cerita dibalik setiap hidangan dan bumbu yang digunakan, “Indonesia Culinary Journey” serta pouch berisi maracas (yang akan digunakan pada acara penutupan) diletakkan di masing-masing meja untuk setiap undangan.

Indonesian Night dihadiri oleh 250 orang yang terdiri dari:

🔖 VIP:
⏹️ Secretary General, Association of Southeast Asian Nations
⏹️ Minister of Tourism of Cambodia
⏹️ Permanent Secretary of Ministry of Tourism & Creative Economy
⏹️ Minister of Tourism, Arts and Culture Malaysia
⏹️ Union Minister, Ministry of Hotels and Tourism Myanmar
⏹️ Vice Minister, Ministry of Culture, Sports and Tourism Vietnam
⏹️ Ambassador Extraordinary& Plenipotentiary of Brunei Darussalam to Cambodia
⏹️ Ambassador Extraordinary and Plenipotentiary of the Republic of the Philippines to the Kingdom of Cambodia
⏹️ Ambassador of Thailand to Cambodia, Royal Thai Embassy, Phnom Penh
⏹️ Deputy Minister of Information, Culture and Tourism Laos
⏹️ Chief Executive, Singapore Tourism Board
⏹️ Governor of Sihanoukville
⏹️ Ambassador Extraordinary and Plenipotentiary of the Republic of Indonesia to the Kingdom of Cambodia

🔖 Heads of NTOs dari 10 negara ASEAN
🔖 Meeting Delegations dari 10 negara ASEAN
🔖 Buyers dan Sellers Travex
🔖 UNWTO
🔖 ASEC
🔖 ASEANTA
🔖 PATA
🔖 CNN
🔖 Media

🔴RANGKAIAN KEGIATAN

1️⃣ Acara dimulai dengan opening performance Medley Dance ASEAN “The Friendship of ASEAN”. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, sebagai host dari Indonesian Night.

2️⃣ Acara dilanjutkan dengan pemutaran video yang bercerita tentang Naniura dan Danau Toba, setelah pemutaran video selesai, makanan pembuka Naniura disajikan. Pertunjukan budaya dari Sumatera Utara dan medley Lagu Batak “Sinanggar Tulo”, “Lisoi”, “Siksik Sibatumanikam”, dan “Alusi au” ditampilkan menemani undangan dalam menikmati hidangan. Video The Heartbeat of Toba juga diputar.

3️⃣ Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video yang bercerita tentang Kupat Tahu dan Borobudur, setelah pemutaran video selesai, Kupat Tahu disajikan. Pertunjukan budaya dari Jawa Tengah berupa tarian Jawa yang terinspirasi oleh legenda Rama Shinta dan Tembang Jawa ditampilkan menemani undangan dalam menikmati hidangan.

4️⃣ Acara dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai NTB Lombok dan Plecing Kangkung serta NTT Labuan Bajo dan Sei Sapi, setelah pemutaran video selesai, makanan pembuka Sei Sapi dan Plecing Kangkung disajikan. Pertunjukan musik sasando dan tarian ditampilkan menemani undangan dalam menikmati hidangan.

5️⃣ Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video yang bercerita tentang Likupang dan Klappertart, setelah pemutaran video selesai, Klappertart disajikan. Pertunjukan budaya dari Jawa Tengah berupa medley lagu Sulawesi Utara “Si Patokaan” dan “O Ina Ni Keke” serta tarian “Maengket” ditampilkan menemani undangan dalam menikmati hidangan.

6️⃣ Acara ditutup dengan memanggil Chef Ragil ke atas panggung dan dilanjutkan dengan music performance dengan tarian maracas yang dilakukan oleh seluruh undangan serta pelepasan confetti. Undangan diberikan suvenir berupa aroma therapy khas Indonesia.

Demikian yang dapat kami laporkan. Terlampir kami sampaikan dokumentasi kegiatan ini.

PIC Pembuat Laporan: Aryanti Prima Restu – Subkoordinator Pendukungan Event MICE, Dit. MICE

Sambutan Menparekraf
Buku Menu, Maracas yang dibagikan kepada seluruh undangan serta hidangan yang disajikan
Pertunjukan Budaya
Suasana di Acara Indonesian Night
Penutupan Kegiatan dan Pembagian Suvenir
Author:

Tinggalkan Balasan