Festival Labengki 2021

Festival Labengki 2021 dengan tema “Mari Mi Ke Sultra” diselenggarakan di Nirwana Resort, Pulau Labengki Besar dan Pulau Labengki Kecil, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 3 Desember 2021 oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, dilaksanakan secara hybrid dan rangkaian acara dapat disaksikan secara live pada kanal Metro TV dan Media Kendari TV.

Berikut poin-poin yang kami laporkan:

1️⃣ Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Media Group (Metro TV) mengadakan kegiatan Festival Labengki yang dimeriahkan berbagai kegiatan dan pemberdayaan masyarakat di kawasan pulau Labengki.

2️⃣ Acara ini dihadiri oleh:
1. Gubernur Sulawesi Tenggara, Bapak Ali Mazi;
2. Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Bapak Ari Juliano Gema;
3. Wakil Bupati Konawe Utara, Bapak Abuhaera;
4. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak La Ode Syaifuddin;
5. Ketua DPRD Kabupaten Konawe Utara;
6. Danlanal Kendari;
7. Danlanud Haluoleo;
8. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara;
9. Perwakilan Media Group, Program & Development Director of Metro TV, Bapak Agus Mulyadi;
10. Forkopimda Provinsi Sultra, Jajaran TNI/Polri

3️⃣ Rangkaian kegiatan Festival Labengki 2021 antara lain:
🟢 Acara dimulai pada pukul 11.00 WITA melalui live pada acara Metro TV selama pukul 11.00 – 11.45 WITA. Diawali dengan penyambutan para tamu VVIP, yaitu Gubernur Sulawesi Tenggara, Staf Ahli Menteri Parekraf, Wakil Bupati Konawe Utara, dan tamu undangan lainnya di Dermaga Nirwana Resort Pulau Labengki Besar, ditandai dengan pengalungan bunga dan penyambutan Tari Mondotambe khas Sultra.

🔴 Rangkaian Opening Ceremony Festival Labengki 2021:
🔸 Para hadirin bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan doa.
🔸 Laporan Ketua Pelaksana oleh Bapak La Ode Syaifuddin selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan poin-poin sebagai berikut:
▪️Festival Labengki 2021 dilaksanakan dalam rangka membantu laju pertumbuhan sektor parekraf yang baru saja terkena dampak Covid-19.
▪️Festival Labengki 2021 diharapkan dapat membantu memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir dan mensosialisasikan program pemerintah provinsi Sultra pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
▪️Melalui event Festival Labengki 2021 diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya Kabupaten Konawe Utara dan seluruh lapisan masyarakat di Pulau Labengki.
▪️Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung event Festival Labengki 2021.
▪️Terima kasih kepada Pemda dan DPRD Kabupaten Konawe Utara dan seluruh masyarakat, Metro TV (Media Group), Universitas Haluoleo dan seluruh sponsor event ini.

🔸 Sambutan Gubernur Sulawesi Tenggara, Bapak Ali Mazi, dengan poin-poin sebagai berikut:
▪️Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia menjadi tantangan besar bagi sektor industri pariwisata untuk dapat kembali bangkit dan berkontribusi terhadap pendapatan daerah. Oleh karena itu, Festival Labengki 2021 diselenggarakan agar dapat kembali membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dan event-event pariwisata lainnya yang memberikan kontribusi ekonomi yang besar dan melibatkan pelaku usaha yang banyak berpengaruh di daerah.
▪️Festival Labengki merupakan salah satu langkah yang ditempuh Pemprov Sultra untuk terus mmepromosikan serta meningkatkan citra destinasi wisata unggulan daerah Sultra agar semakin dikenal luas sehingga ke depan kunjungan wisatawan ke Sultra baik wisnus maupun wisman dapat mengalami peningkatan yang signifikan.
▪️Dalam upaya pemulihan sektor parekraf tahun 2021, Pemprov Sultra telah memberikan prioritas pada aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat, dimulai dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 untul mencapai herd immunity / kekebalan kelompok pada akhir tahun 2021, sebagai upaya mencegah penularan virus Corona yang pada gilirannya akan menjadi gencatan bagi sektor parekraf.
▪️Terlaksananya Festival Labengki 2021 menjadi wujud komitmen dari berbagai pihak baik pemerintah pusat, daerah, akademisi, media, pelaku usaha/industri parekraf, dan elemen masyarakat lainnya.
▪️Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung event Festival Labengki 2021, terima kasih kepada Pemda dan DPRD Kabupaten Konawe Utara dan seluruh masyarakat yang sungguh-sungguh mendukung pelaksanaan event unggulan ini, terima kasih juga disampaikan kepada Metro TV (Media Group) selaku media TV nasional kebanggaan Indonesia yang ikut aktif mempromosikan kepada publik tentang potensi wisata Pulau Labengki, dan juga Universitas Haluoleo dan seluruh sponsor event ini.

🔸 Sambutan Menparekraf RI yang diwakili oleh Bapak Ari Juliano selaku Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, dengan poin-poin sebagai berikut:
▪️Apresiasi bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam pelaksanaan Festival Labengki 2021, yang mana event ini dilaksanakan untuk mempromosikan keindahan Pulau Labengki kepada seluruh masyarakat Indonesia.
▪️Event ini dilaksanakan dengan rangkaian yang cukup padat dengan memperkenalkan keindahan Pulau Labengki yang memiliki banyak daya tarik keindahan alam hingga ramahnya penduduk lokal di Pulai Labengki.
▪️Kemenparekraf berharap dengan terlaksananya event Festival Labengki 2021, dapat memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat Pulau Labengki khususnya, yaitu dampak ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan serta dapat meningkatkan investasi di Sulawesi Tenggara khususnya Pulau Labengki, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya.
▪️Perlu disadari bahwa pandemi Covid-19 ini belum usai, namun kondisi penanganan pandemi sudah mulai membaik, hal ini lah yang sangat perlu dijaga, sebab dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat, tentu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat perlahan bangkit kembali. Selain itu, dari sisi penyelenggaraan event agar dapat dilaksanakan dengan strategi Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi guna membangkitkan dan memulihkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
▪️Konsep pariwisata mendatang menyesuaikan perubahan aktivitas pariwisata di masa pandemi menjadi localized, personalized, customized, dan smaller in size. Sustainability dan quality tourism menjadi perhatian dan fokus dalam pengembangan pariwisata.

🟣 Acara dilanjutkan dengan Prosesi Pembukaan Event Festival Labengki 2021, ditandai dengan membunyikan Pissikuta, sebuah alat yang digunakan untuk menangkap gurita khas Suku Bajau, merupakan alat tangkap ramah lingkungan yang telah digunakan semenjak puluhan tahun lalu dan dilanjutkan prosesi tanda tangan di atas papan kesan dan pesan oleh seluruh tamu undangan VVIP.

🔵 Pertunjukan musik tradisional Gambus Bajau dan Tarian Putri Papu yang dimainkan secara langsung dari atas perahu yang berbaris di atas laut menghadap ke panggung utama acara pembukaan Festival Labengki 2021 di Dermaga Nirwana Resort, disaksikan oleh para tamu VVIP dan undangan yang hadir secara offline.

🟡 Acara ditunda sesaat karena para tamu undangan khususnya pria melaksanakan ibadah shalat Jumat dengan menuju masjid melalui kapal yang disediakan menuju Pulau Labengki Kecil.

🟤 Acara dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama dan setelahnya para tamu VVIP mengikuti rangkaian kegiatan Penanaman Terumbu Karang yang bibitnya diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara kepada para penyelam (divers) didampingi oleh Staf Ahli Menteri Parekraf dan tamu undangan lainnya dari atas kapal.

⚫ Acara selanjutnya Eksplorasi/Tour Pulau Labengki, yaitu: Blue Lagoon, Laguna Mahumallang, Pantai Pasir Panjang, Teluk Cinta, Labengki Hills.

4️⃣ Acara puncak Festival Labengki 2021 pada malam hari dilaksanakan di Pulau Labengki Kecil.
▪️Dikarenakan pada saat yang bersamaan pada acara puncak terjadi hujan deras dan angin badai di kawasan Pulau Labengki, menyebabkan acara harus ditunda hampir 4 jam hingga badai reda. Karena malam sudah larut, panitia memutuskan hanya special performance yaitu penampilan penyanyi Cita Citata saja yang dapat dihadirkan, sedangkan untuk penampilan musik dan tari lokal setempat ditiadakan.

✳️ Kesimpulan dan Evaluasi:
▪️Festival Labengki ini masih dapat dikatakan sebagai event bertaraf lokal yang hanya mendatangkan masyarakat setempat saja, masih harus dikemas dengan lebih baik untuk dapat mendatangkan wisatawan nusantara dari luar Sulawesi Tenggara dan wisatawan mancanegara yang biasanya hanya berkunjung saja untuk melakukan hopping island/water activites dan tidak bertepatan dengan diadakannya festival atau event wisata lainnya.
▪️Pengelolaan event ini harus dikemas dengan lebih baik dan tertata rapi dari segi lokasi dan susunan acara sehingga selanjutnya dapat menarik minat kunjungan wisatawan dan dapat menjadi event nasional unggulan dari Sultra.
▪️Kebersihan masih kurang terjaga, beberapa tempat sampah yang disediakan di lokasi acara banyak diabaikan pengunjung, masih ada yang sengaja membuang sampah ke laut, ini harus menjadi perhatian bersama karena keindahan laut Pulau Labengki sangat luar biasa, jangan sampai tercemar dan kotor karena sampah yang ada.
▪️Perhatian penting untuk Pemerintah Daerah dalam melaksanakan event khususnya yang berada di lokasi laut/kepulauan dimana kondisi cuaca yang kurang bersahabat di setiap akhir tahun, menjadikan banyak force majeure yang terjadi, seperti halnya hujan deras, angin badai, dan lainnya saat acara/event berlangsung sehingga diharuskan event tersebut batal/tidak dapat dilanjutkan demi menjaga keselamatan dan keamanan bersama.
▪️Penerapan protokol kesehatan yang masih kurang baik karena para pengunjung banyak yang tidak menggunakan masker dan berkerumun.
▪️Secara keseluruhan kegiatan Festival Labengki 2021 telah terlaksana dengan lancar dan aman.

Penyambutan dan pengalungan bunga untuk tamu VVIP: Gubernur Sultra, Staf Ahli Menparekraf, Wakil Bupati Konawe Utara dengan diiringi oleh tabuhan alat musik khas Sulawesi Tenggara di Dermaga Nirwana Resort Pulau Labengki Besar
Pembukaan Festival Labengki 2021 diawali pertunjukan Tari Mondotambe khas Sulawesi Tenggara
Sambutan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Laporan Kegiatan oleh Kadispar Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Sambutan sekaligus membuka event Festival Labengki oleh Staf Ahli Menparekraf Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi
Prosesi pembukaan Festival Labengki 2021 dengan membunyikan Pissikuta oleh para tamu undangan VVIP dan penandatanganan di atas papan kesan dan pesan untuk event FL2021
Penampilan Musik Tradisional Gambus Bajo dan Tari Putri Papu khas Suku Bajo yang dipersembahkan dari atas perahu di depan dermaga lokasi event pembukaan
Prosesi penanaman terumbu karang secara simbolis bibitnya diserahkan oleh Gubernur Sultra kepada para penyelam, didampingi oleh Staf Ahli Menteri Parekraf, Wabup Konawe Utara, dan tamu undangan lainnya di perairan Pulau Labengki Besar
Acara puncak penampilan penyanyi Cita Citata dan foto bersama para tamu undangan VVIP berlokasi di Pulau Labengki Kecil

Berikut link berita terkait event Festival Labengki 2021:

1. https://www.medcom.id/nasional/daerah/aNr9lBaK-festival-labengki-2021-perkenalkan-potensi-wisata-alam-dan-budaya-dari-labengki

2. https://mediakendari.com/festival-labengki-jadi-ajang-promosi-pariwisata-dan-ekonomi-di-sultra/104950/

3. https://sumbarlivetv.com/gubernur-sultra-membuka-festival-labengki/

4. https://www.metrotvnews.com/play/kewCX3G3-festival-labengki-mari-mi-ke-sultra-2021-jadi-magnet-wisata-alam-dan-budaya

5. https://www.medcom.id/nasional/daerah/PNg6DVRK-festival-labengki-2021-majukan-sektor-pariwisata-dan-perekonomian

6. https://m.mediaindonesia.com/nusantara/451785/festival-labengki-dimeriahkan-untuk-mengajak-wisatawan-ke-sultra

Author:

Tinggalkan Balasan