Pelaksanaan Pendukungan Kegiatan Southeast Asia Social Investment Summit 2021 by Asian Venture Philanthropy Network (AVPN)

Laporan pelaksanaan Pendukungan Kegiatan Southeast Asia Social Investment Summit 2021 by Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2021 secara Hybrid di Suntec Singapore International Convention Centre dan 27 Oktober 2021 di The Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta.

Kegiatan dihadiri oleh
1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Bapak Luhut Bisnar Panjaitan (Tapping);
2. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ibu Angela Tanoesoedibjo (Tapping);
3. CEO Asian Venture Philanthropy Network (AVPN), Mrs. Naina Subberwal Batra (online);
4. Deputi Bidang Industri dan Investasi, Bapak Fadjar Hutomo;
5. Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Ibu Kurleni Ukar;
6. Direktur Akses Pembiayaan, Ibu Hanifah Makarim;
7. Sekitar 73 Speaker online dan 8 Speaker Offline yang berasal dari negara Asia Tenggara;
8. Sebanyak 194 peserta online dari pelaksanaan di Singapura, 162 peserta online dari Indonesia dan 56 peserta offline dari pelaksanaan di Indonesia.

🔴LATAR BELAKANG

Southeast Asia Social Invesment Summit 2021 merupakan signature event dari Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) yang berfokus pada kemajuan sociopreneurship, ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif dengan melibatkan peran para anggota organisasi di bidang filantropi, para investor perusahaan, para investor sosial, pengusaha, peneliti, pembuat kebijakan, lembaga keuangan, dan penyedia jasa. Tujuan pertemuan ini adalah untuk memahami lebih dalam isu-isu kritis dari negara-negara di Asia Tenggara seperti perubahan iklim, kesetaraan gender, pendidikan, dan lain sebagainya yang tentunya berkontribusi signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pelaksanaan Southeast Asia Social Investment Summit tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua yang digelar di Indonesia.

🔴RANGKAIAN KEGIATAN

🔹 26 Oktober 2021, from Suntec Singapore International Convention Centre

1️⃣Pembukaan
A. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan setiap peserta diwajibkan melakukan test swab antigen sebelum memasuki venue dilanjutkan dengan melakukan registrasi.

B. Sambutan:
▪️Sambutan oleh Mrs. Naina Subberwal Batra, CEO Asian Venture Philanthropy Network (AVPN)

Pandemi Covid-19 telah mengubah hidup kita. Kita hidup di masa yang penuh tantangan dan saat ini kesehatan dan keselamatan menjadi faktor utama. Namun, seperti kata pepatah: We can be the change we wish to see. AVPN terus maju dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di seluruh negara Asia Tenggara untuk membangkitkan kembali perekonomi suatu negara secara berkelanjutan. Kami bekerjasama dengan para rekanan dalam kegiatan ini dengan tujuan menilai perusahaan ekonomi kreatif di negara Asia Tenggara yang mencari dana dampak sosial serta mengidentifikasi organisasi oleh negara anggota AVPN yang dapat menyediakan modal tersebut.

▪️Sambutan oleh Ibu Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

– Terima kasih kepada AVPN yang sudah mengajak Kemenparekraf untuk menjadi bagian dalam kegiatan ini. Seperti yang kita tahu bahwa Covid-19 telah memberi dampak yang begitu besar pada sektor perekonomian secara global termasuk Indonesia. Namun melalui kolaborasi dan tindakan proaktif, kita mempunyai harapan positif untuk melalui tahun 2022 dengan lebih baik lagi.
– Kemenparekraf melaporkan bahwa tourism investment pada kuartal kedua tahun 2021 mengalami peningkatan 10.88% dari kuartal pertama. Kemenparekraf mempunyai target pertumbuhan investasi dari 2 miliar USD pada tahun 2020 menjadi 3 miliar USD pada tahun 2024.
– Indonesia mempunyai fondasi yang kuat pada sektor ekonomi kreatif. Hal ini dibuktikan dengan Indonesia yang menempati posisi ke 3 setelah United State dan Korea Selatan pada kontribusi ekonomi kreatif dalam Gross Domestic Product (GDP). Kemenparekraf akan terus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk terus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif meskipun di situasi sulit saat ini.
– Kami berharap konferensi ini dapat memberikan investasi dampak sosial di Asia Tenggara khususnya di Indonesia, untuk meningkatkan modal usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi yang diharapkan. Kamenparekraf mendukung SEA Summit 2021, acara internasional ini adalah salah satu faktor kunci untuk pulih lebih kuat dari pandemi COVID-19.

2️⃣Sesi Diskusi
Terdapat 5 sesi diskusi dengan mengangkat topik pembahasan yaitu:

A. Leveraging Collaborative Philanthropy as a Tool for Innovative Finance to Drive Impact in Southeast Asia yang disampaikan oleh Kevin Teo (Chief Operating Officer of AVPN), Yan Ru Tan (Vice-President of Quantedge Advancement Initiative), Ly Tran (Philanthropy and Partnerships Advisor of Give2Asia), Angeline Chin (Global Community Impact Asia Pacific Lead of Johnson & Johnson)

B. How Can EdTech Solutions Improve Outcomes for Underserved Learners While Being Affordable and Accessible yang disampaikan oleh Sandeep Aneja (Founder of Kaizenvest), Cate Noble (Managing Director of Better Purpose), Clarissa Loh (Senior Director of UOB Venture Management), Jeffrey Jian Xu (Senior Eduction Specialits of Asian Development Bank)

C. Future Skilling Youths in a Post-Pandemic World yang disampaikan oleh Ramandeep Sidhu (Regional Director Asia of Octava Foundation), Hosea Lai (Director of Microsoft Operations), Laetitia Lienart (Deputy Head of Credit Suisse), Pamela Chng (Co-Founder of Bettr Barista)

D. Driving Sustainable Food Systems: From Farm to Table yang disampaikan oleh John Friedman (Excutive Director of AgFunder Asia & GROW Accelerator), John Eng (Head of Agri-Food Devision of Singapore Economic Development Board), Nichol Ng (Co-founder of Food Bank), Shaugan Kennedy (Vice President of Kellogg Company)

E. Women in Leadership yang disampaikan oleh Patricia Mathias (Head of Gender Platform of AVPN), Anusha Babbar (Global Vice President of Uniliver), Cheryl Chen (Director of S&P Global), Noni Purnomo (President Commissioner of PT Blue Bird

🔹27 Oktober 2021, from The Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta, Indonesia

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan Socioprener Pitching Forum 2021 yang didukung oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi, Direktorat Akses Pembiayaan. Tujuan dari rangkaian kegiatan ini ialah untuk mendapatkan peluang akses pembiayaan yang mengarah pada dampak sosial yang berkelanjutan. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 5 peserta (Agradaya, Damakara, Desa Wisata Candirejo, Pelanusa dan Sirtanio) yang terdiri dari pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang mempunyai dampak sosial. Para peserta tersebut juga ikut terlibat dalam pameran Southeast Asia Social Invesment Summit 2021.

1️⃣Pembukaan
A. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan setiap peserta diwajibkan melakukan test swab antigen sebelum memasuki venue dilanjutkan dengan melakukan registrasi dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

B. Sambutan:

▪️ Sambutan dan pembukaan resmi oleh Bapak Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia

Suatu kehormatan untuk bisa menjadi bagian dalam salah satu signature event yang membahas tentang investasi di Asia. Kegiatan ini sangat relevant dengan visi dari Bapak Presiden RI yaitu penerapan Industri 4.0 untuk mewujudkan Indonesia menjadi Top 10 Ekonomi Global pada tahun 2023. Selamat untuk AVPN yang telah sukses menyelenggarakan event ini. Kami semua tentu berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan semua para pihak yang terlibat dengan aksi koloborasi yang berdampak pada pertumbuhan investasi yang lebih baik lagi.

2️⃣Sesi Diskusi
Terdapat 7 sesi diskusi dengan mengangkat topik pembahasan yaitu:

A. Investing in People and Their Communities yang disampaikan oleh Stove Saerang (Senior Vice President of Indosat Ooredoo), Ayu Kartika (Managing Director of Indika Foundation), Alex Downs (Business and Investmen Officer of DFCD), Alison Eskesen (Vice President of Master Center Inclusive Growth)

B. Impact Showcase: Mobilising Capital Towards Village Tourism Economies yang disampaikan oleh Fadjar Hutomo (Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf), Siti Makrifatul Arifah (Sekretaris Desa Wisata Candirejo), Shanaya Ratu Shafira (Co-Founder of Damakara), Endhaning Noor Suryanti (Co-Founder dan CEO of Pelangi Nusantara), Ahmad Tessario (CEO of Sirtanio), Asri Saraswati (Co-Founder of Agradaya), Romy Cahyadi (CEO of Instellar), Robinson Sinurat (Senior Partnerships Specialist (PT. Amman Mineral Nusa Tenggara)

C. Speed Networking (Offline) yang diikuti oleh sebanyak 56 peserta

D. Building Back Better by Empowering Women Entrepreneurs yang disampaikan oleh Priya Thachadi (Co-Founder of Villgro Philippines), Tom Schmittzehe (Co-Founder of Moonshot Ventures), Ralitsa Rizvanolli (Invesment Director of Sarona Asset Management), Ayaka Matsuno (Director of The Sasakawa Peace Foundation), Wendy Cheong (Managing Director of Moody’s Investors Service)

E. Impact Showcase: Mobilising Capital Towards Women Economic Empowerment yang disampaikan oleh Adellene Tanuri (Head of Investment of YCAB Ventures), Liris Maduningtyas (Co-Founder of JALA), Andy Annett (Regional Manager of APAC), Annisa Arsyad (Founder of Ecofun Indonesia), Romy Cahyadi (CEO of Instellar), Cynthia Krisanti (Chief of Commercial of Fairbanc), Munish Mohit Aggarwal (Invesment Specialist of ADB Ventures), Alamanda Shantika (Co-Founder and CEO of Binar Academy), Tom Schmittzehe (Co-Founder of Moonshot Ventures)

F. Leveraging Digital Transformation and Technology to Drive Greater Impact for Youth in the Next Decade yang disampaikan oleh Michael Susanto (Head of Strategic Planning of Tanoto Foundation), Apple Evangelista (Head of Sustainibility of Globe Telecom), Lea Klein (President and Founder of Makesense), Susi Hermijanto (Chief Operating Officer of YCAB Foundation)

3️⃣ Sesi Penutupan dan dilanjutkan dengan Pameran produk dari para peserta Sociopreneur Pitching Forum 2021

Demikian laporan ini disampaikan. Terlampir dokumentasi kegiatan. Terima kasih.

PIC Pembuat Laporan: Winona Windasmara – Staf Subdit Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE, Dit. MICE

Pelaksanaan Swab Antigen dan Registrasi para peserta
Sambutan oleh CEO AVPN, Sambutan dan Pembukaan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI
Sesi diskusi
Sesi tanya jawab peserta oleh peserta
Suasana pameran yang melibatkan para peserta Sociopreneur Pitching Forum 2021
Author:

Tinggalkan Balasan