Kegiatan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) pada Penyelenggaraan Kegiatan MICE di Makassar

Kegiatan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) pada Penyelenggaraan Kegiatan MICE di Makassar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 September 2021 di Hotel Novotel Grand Shayla Makassar – Sulawesi Selatan serta dilanjutkan dengan Kegiatan Simulasi Panduan Pelaksanaan CHSE pada Insentif Trip yang dilaksanakan pada Kamis, 9 September 2021 di destinasi wisata di sekitar Sulawesi Selatan. Dengan poin-poin sebagai berikut:

🔹 A. Kegiatan Sosialisasi CHSE MICE

1️⃣ Sosialisasi dilaksanakan secara hybrid dengan jumlah peserta yang teregister melalui platform MICE.id yaitu offline sebanyak 80 orang, 70 orang yang terdiri dari pemerintah daerah, asosiasi, industri, dan akademisi, pengelola desa wisata, serta 10 orang media lokal. Sementara yang tergabung secara online sebanyak 50 peserta.

2️⃣ Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Rapid Test Antigen bagi seluruh peserta, kemudian peserta memasuki venue dengan mengikuti standar protokol kesehatan yaitu membersihkan tangan dengan sanitizer dan diukur suhu tubuh menggunakan standing temperature scanner. Para peserta juga diberikan merchandise kit berupa hand sanitizer, masker, tissue basah untuk dipakai selama mengikuti kegiatan. Kemudian acara dimulai dengan safety briefing, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pertunjukan tarian Paduppa dari Sanggar Soraya serta Pembacaan Doa.

3️⃣ Sambutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, disampaikan oleh Ibu Masruroh, Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran yang menyampaikan bahwa Makassar memiliki potensi MICE yang sangat besar sebagai pintu gerbang Indonesia Timur dengan infrastruktur dan fasilitas MICE yang memadai serta didukung dengan destinasi wisata dan kuliner khas yang sudah tersohor harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan MICE kedepannya.

4️⃣ Sambutan dan pembukaan dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Bpk. Kemal Redindo Syahrul Putra – Sekretaris Disparprov Sulsel, menyampaikan bahwa Disparprov Sulsel mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kemenparekraf atas penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 terhadap pariwisata.

5️⃣ Paparan oleh Bpk. Mohammad Andi Rosidin – DPP ASPERAPI,yang menjelaskan ruang lingkup Panduan CHSE MICE yang terdiri dari:

A) Panduan Umum

  • Tata Kelola (Manajemen Kegiatan): berisi pedoman yang mengacu pada unsur CHSE secara keseluruhan
  • MICE: berisi panduan yang berlaku diseluruh aktivitas Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi dan Pameran.

B) Panduan Khusus

  • Pertemuan dan Konvensi, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas pertemuan dan konvensi
  • Perjalanan Insentif, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas perjalanan insentif
  • Pameran, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas pameran.

6️⃣ Paparan oleh Ibu Sonya Isabella – Orange Incentive House, Panorama,

  • Pasa hakikatnya wisata insentif lebih dari sekedar perjalanan yang menyenangkan. Ini adalah sebuah alat marketing dan manajemen untuk memotivasi karyawan, pelanggan dan sales people agar bekerja lebih efektif. Awalnya wisata insentif diberikan dalam bentuk uang, tapi sekarang dalam bentuk perjalanan wisata yang istimewa.
  • Dampak pandemi pada perjalanan insentif yaitu : penundaan, perubahan acara, pengurangan budget, perubahan penanganan, adaptasi baru dan tren baru muncul.
  • Industri perjalanan insentif perlu melakukan langkah-langkah pemulihan seperti : reset dan prepare, fokus dan adaptasi serta stand out.
  • Satu hal yang tidak berubah dari perjalanan insentif adalah harus dapat menyajikan pengalaman yang WOW sehingga membuat kenangan yang sangat berarti.

7️⃣ Paparan dari Amelya Januarysta – staf Bidang Pengembangan dan Komunikasi yang menjelaskan mengenai platform Digital MICE Indonesia (MICE.id)

  • MICE.id merupakan platform berbasis web yang digunakan dengan cara digitalisasi database pada bidang MICE Indonesia, bertujuan memudahkan dan mempercepat koordinasi dan kolaborasi antar takeholder MICE, serta menjadikan MICE.id sebagai rujukan informasi mengenai MICE Indonesia
  • Fitur-fitur unggulan MICE.id: Inventory, Event Management, Virtual Meeting, Virtual Conference, Virtual Exhibition, Knowledge, Webinar/Seminar, Document Management, Big Data, Strategic Dashboard, dan e-voucher.
  • Direktorat MICE membuka kesempatan luas bagi seluruh stakeholder seperti asosiasi, industri, maupun akademisi untuk memanfaatkan platform MICE.id ini guna mendukung manajemen kegiatan masing-masing stakeholder dalam melaksanakan penyelenggaraan kegiatan MICE.
  • Tahun ini terus dilakukan pengembangan dan perbaikan pada mice.id baik secara tampilan yang dibuat lebih user friendly dan juga akan dibuat versi mobile di IOS dan Android.

8️⃣ Pembahasan

  • Salah satu cara pemulihan MICE yaitu dengan dibuatnya panduan CHSE yang kemudian disosialisasikan dengan tujuan utamanya adalah untuk menimbulkan kesadaran para pelaku industri MICE agar dapat menyelenggarakan kegiatan MICE dengan penerapan CHSE yang tepat.
  • Dengan penerapan CHSE diharapkan dapat memberikan dampak positif sehingga pemerintah daerah juga akan mulai membuka dengan membuat kebijakan untuk penyelenggaraan MICE di daerah masing-masing.
  • Dalam menghadapi pandemi industri MICE harus melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak. Menciptakan inovasi-inovasi dan tidak tinggal diam.
  • Pariwisata termasuk MICE tentunya tidak terlepas dari mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, akan tetapi untuk itulah adanya panduan ini agar dapat memberikan panduan crowd management yang tepat seperti apa. Selain itu MICE adalah quality tourism penyelenggaraannya juga tentu sudah dengan penerapan CHSE yang ketat.
  • Sertifikasi CHSE belum menjadi kewajiban karena ada kekhawatiran juga akan memberatkan pelaku industri, akan tetapi sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada user bahwa hotel / venue yang tersertifikasi sudah aman untuk menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan MICE.
  • Jika suatu daerah ingin menjadi destinasi MICE, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah daerah, perlu dibuat satu divisi yang menangani dan fokus pada pengembangan MICE.

🔹 B. Kegiatan Simulasi CHSE pada Mini Exhibition

  • Terdapat 6 UMKM lokal yang menjual produk unggulan khas Makassar antara lain : minuman herbal, madu, makanan, kerajinan (rajutan), kerajinan (anyaman kayu).
  • Mekanisme transaksi dilaksanakan secara digital menggunakan QR code berupa voucher senilai Rp. 100.000 yang diaktifkan saat peserta melakukan registrasi di tempat.
  • Total transaksi seluruh booth sejumlah Rp. 7.720.500.

🔹C. Kegiatan Simulasi CHSE pada Insentif Trip
▪️Insentif Trip dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 9 September 2021 yang diikuti oleh media lokal, pendamping dari Disparprov dan dipandu oleh 1 orang tour guide.
▪️ Rute Insentif Trip
Dimulai dengan kunjungan ke Kampung Karst Rammang-Rammang dengan menyusuri sungai menggunakan perahu dan menikmati pemandangan pegunungan kapur / karst yang sangat indah.
Selanjutnya mengunjungi Air terjun Bantimurung, Air terjun ini tak pernah kering dan mengalir sepanjang tahun dan menjadi rumah dari ratusan spesies kupu-kupu.

Link Peliputan

https://celebesmedia.id/celebes/artikel/1007080921/wajib-patuhi-prokes-semua-peserta-sosialisasi-chse-dan-mice-kemenparekraf-di-makassar-di-swab

Semua Peserta Sosialisasi dan Simulasi CHSE dan MICE Kemenparekraf di Makassar Diswab – https://makassar.terkini.id/semua-peserta-sosialisasi-dan-simulasi-chse-dan-mice-kemenparekraf-di-makassar-diswab/?utm_source=MobileSite&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=share

Kemenparekraf Ajak Jurnalis Lakukan Uji Coba Penerapan Prokes di Sejumlah Destinasi Wisata di Sulsel – https://makassar.terkini.id/kemenparekraf-ajak-jurnalis-lakukan-uji-coba-penerapan-prokes-di-sejumlah-destinasi-wisata-di-sulsel/?utm_source=MobileSite&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=share

Kemenparekraf Gelar Sosialisasi untuk MICE, Ketua IHGMA: Sangat Tepat untuk Sulawesi Selatan – https://makassar.terkini.id/kemenparekraf-gelar-sosialisasi-untuk-mice-ketua-ihgma-sangat-tepat-untuk-sulawesi-selatan/?utm_source=MobileSite&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=share

Swab Antigen Peserta
Sesi Pembukaan : Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pertunjukan Tari Paduppa, Pembacaan Doa
Sesi Sambutan dan Pembukaan dari Kemenparekraf dan Disparprov Sulsel
Penyerahan Cenderamata dari Kemenparekraf kepada Disparprov Sulsel dan Narasumber
Sesi Foto bersama
Sesi tanya jawab
Suasana Mini Exhibition
Sesi Perjalanan Insentif dengan Media lokal

Laporan ditulis oleh Amelya Januarysta

Author:

Tinggalkan Balasan