Audiensi Kadivhubinter Polri dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait Pendukungan The 58th International of Women Police (IAWP) Training Conference 2021

Laporan hasil Audiensi Kadivhubinter Polri dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait Pendukungan The 58th International of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 yang dilaksanakan secara online via Zoom Meeting pada hari Selasa, 29 Juni 2021 sebagai berikut:

🔵 Audiensi dihadiri oleh:

1. Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
2. Rizky Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events);
3. Krisnandi, Staf Khusus Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi Kemenparekraf;
4. Masruroh, Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran;
5. Johni Asadoma, Kepala Divisi Hubungan International Polri Selaku Penasihat;
6. Juansih, Wakil Ketua I;
7. Tommy Aria Diwanto, Ketua Seksi Organizing Committee;
8. Yuli Cahyanti, Seksi Steering Committee;
9. Titik Lestari, Koordinator Bidang Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE;
10. Aryanti Prima Restu, Sub Koordinator Pendukungan Kegiatan MICE;
11. Nur Fatonah, Sub Koordinator Pemenangan Tuan Rumah MICE;
12. Trio Dewangga, Sub Koordinator Event Pendukung Dit. Event Nasional dan Internasional.

🔵 Tujuan Audiensi

A. Melakukan koordinasi dan menggali informasi mengenai potensi kegiatan The 58th International of Women Police (IAWP) Training Conference 2021;

B. Mengidentifikasi kebutuhan dukungan pada penyelenggaraan kegiatan yang diajukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri);

🔵 Poin Audiensi

▪️ The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference adalah konferensi tahunan yang dipelopori oleh asosiasi polisi wanita (polwan) se-dunia yang akan dilaksanakan secara Hybrid pada tanggal 3 s.d 10 September 2021 di Innaya Bay Komodo, Labuan Bajo, NTT. Kegiatan ini akan dihadiri oleh para polwan dan penegak hukum lainnya se-dunia dengan target peserta 326 orang offline (75 peserta diantaranya dari Mancanegara) dan 500 orang peserta online.
▪️ Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan IAWP Training Conference yang diperoleh setelah memenangkan bidding pada Maret 2019. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi momentum dan upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dan pariwisata Indonesia khususnya Labuan Bajo.
▪️Format event The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference yaitu berupa Conference, Board of Directors, Training, dan Tour, dimana training akan dibagi menjadi 5 breakout room.
▪️ Panitia telah melaksanakan koordinasi dan telah mendapat dukungan dari Gubernur NTT, Bupati Manggarai Barat, Satgas Covid-19 BNPB, dan Kementerian Luar Negeri. Kegiatan akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta pelaksanaan test antigen setiap hari bagi seluruh peserta.
▪️ Konfirmasi kehadiran peserta dari mancanegara masih menunggu kebijakan terbaru terkait peraturan kedatangan wisman ke Indonesia pada masa pandemi covid-19.
▪️Dukungan yang diharapkan dari Kemenparekraf:
1. Dukungan untuk mempromosikan IAWP;
2. Izin menggunakan sarana dan prasarana Kemenparekraf untuk mendukung kegiatan tour bagi para delegasi;
3. Saran dan informasi terkait kebijakan kunjungan wisman di masa pandemi;
4. Menampilkan kerajinan daerah di Labuan Bajo;
5. Seni budaya yang dapat ditampilkan pada rangkaian kegiatan;
6. Panduan wisata perjalan Taman Nasional Komodo Tour dan City Tour;
7. Selama pelaksanaan akan ada exhibiton yang dapat digunakan untuk pengembangan ekonomi kreatif.

🔵 Tanggapan dari Kemenparekraf

1. Kemenparekraf menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap Polri yang telah berhasil memenangkan bidding sehingga Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 58th International of Women Police (IAWP) Training Conference 2021. Dimana hal ini sesuai dengan program prioritas Bapak Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi penyelenggaraan kegiatan internasional.
2. Pada prinsipnya Kemenparekraf siap mendukung dan akan memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan kegiatan karena hal ini merupakan bagian dari mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas.
3. Kemenparekraf siap mendukung untuk mempromosikan kegiatan ini di owned media Kemenparekraf. Apabila sudah ada bahan yang dapat dipergunakan untuk promosi tersebut dapat dikomunikasikan dengan Direktorat MICE.
4. Mengenai tour dan pameran terutama keterlibatan pelaku ekonomi kreatif lokal, Direktorat MICE akan koordinasi dengan Badan Otorita Labuan Bajo Flores (BOLBF).
5. Terkait kebijakan kedatangan wisman di masa pandemi, saat ini Kemenparekraf masih sedang dalam proses membahas hal ini dengan Kemlu dan Imigrasi. Apabila sudah ada hasil keputusan terkait ketentuan kebijakan tersebut, akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan panitia IAWP Training conference.
6. Event ini diharapkan dapat menjadi contoh untuk pertemuan event internasional lainnya dan juga sebagai persiapan untuk kegiatan G20 di tahun depan. Melalui event ini dapat menunjukkan Indonesia mampu berinovasi dan beradaptasi di tengah pandemi dengan protokol CHSE yang ketat serta meyakinkan bahwa Labuan Bajo bisa menjadi destinasi MICE Internasional.

🔵 Tindak Lanjut

Akan dilaksanakan koordinasi teknis antara Direktorat MICE dan Polri Panitia penyelenggara The 58th International of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 dan Badan Otorita Labuan Bajo Flores.

Demikian yang dapat kami laporkan. Terlampir kami sampaikan dokumentasi kegiatan ini.

PIC Pembuat Laporan: Fransiska Sibarani, Staf Subdit Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE, Direktorat MICE.







Author:

Tinggalkan Balasan