SOSIALISASI PANDUAN PELAKSANAAN KEBERSIHAN, KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN (CHSE) PADA PENYELENGGARAAN KEGIATAN MICE DI DESTINASI SUPER PRIORITAS MANDALIKA

Kegiatan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) pada Penyelenggaraan Kegiatan MICE di Destinasi Super Prioritas Mandalika dilaksanakan pada Selasa, 23 Februari 2021 di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat – Nusa Tenggara Barat serta dilanjutkan dengan Kegiatan Simulasi Panduan Pelaksanaan CHSE pada Insentif Trip yang dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 24-25 Februari 2021 di destinasi wisata sekitar wilayah Mandalika dan Lombok Barat. Dengan poin-poin sebagai berikut:

 

🔹 A. Kegiatan Sosialisasi CHSE MICE

  1. Sosialisasi dilaksanakan secara hybrid dengan jumlah peserta yang teregister melalui platform MICE.id yaitu offline sebanyak 76 orang yang berasal dari pemerintah daerah, asosiasi, industri, dan akademisi, pengelola desa wisata, serta media lokal. Sementara yang tergabung secara online sebanyak 20 peserta yang berasal dari Dinas Pariwisata serta mahasiswa.
  2. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Rapid Test Antigen bagi seluruh peserta, kemudian peserta memasuki venue dengan mengikuti standar protokol kesehatan yaitu membersihkan tangan dengan sanitizer dan diukur suhu tubuh menggunakan standing temperature scanner. Para peserta juga diberikan merchandise kit berupa hand sanitizer, masker, tissue basah untuk dipakai selama mengikuti kegiatan. Kemudian acara dimulai dengan safety briefing, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta Pembacaan Doa.
  3. Sambutan dan pembukaan oleh Ibu Titik Lestari, Koordinator Pengembangan Jejaring dan Kapasitas (MICE), Kemenparekraf yang menyampaikan pentingnya kedisiplinan penerapan protokol kesehatan serta tujuan sosialisasi yaitu untuk menyamakan pemahaman mengenai isi panduan CHSE MICE di antara stakeholder MICE meliputi asosiasi, industri, akademisi, maupun pemerintah daerah.
  4. Paparan oleh Bapak Aldo Lendy Sumolang selaku Certified Auditor dan Assesor Lembaga Sertifikasi Profesi MICE dan Narasumber ahli, yang menjelaskan ruang lingkup Panduan CHSE MICE yang terdiri dari:

A) Panduan Umum

  • Tata Kelola (Manajemen Kegiatan): berisi pedoman yang mengacu pada unsur CHSE secara keseluruhan
  • MICE: berisi panduan yang berlaku diseluruh aktivitas Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi dan Pameran.

B) Panduan Khusus

  • Pertemuan dan Konvensi, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas pertemuan dan konvensi
  • Perjalanan Insentif, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas perjalanan insentif
  • Pameran, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas pameran.
  1. Paparan oleh Bapak H. Lalu Moh. Faozal selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat menyampaikan bahwa provinsi NTB sebelumnya sudah menyusun SOP kepariwisataan berbasis CHSE dan diharapkan dengan adanya sosialisasi ini seluruh industri MICE baik Desa Wisata juga siap dengan semua adaptasi kebiasaan baru sehingga pariwisata NTB dapat perlahan bangkit.
  2. Paparan oleh Ibu Titik Lestari, Koordinator Pengembangan Jejaring dan Kapasitas (MICE), Kemenparekraf yang menjelaskan tentang rencana akan dilaksanakannya International Conference di DSP Mandalika pada bulan Agustus 2021. Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal promosi bahwa Indonesia sudah siap dengan pelaksanaan event/conference tingkat internasional serta dapat mempercepat pemulihan pariwisata, khususnya MICE.
  3. Paparan oleh Anidyari Kusumastuti, Staf Bidang Pengembangan Strategi dan Komunikasi (MICE), Kemenparekraf yang menjelaskan tentang platform digital mice.id, yaitu sebuah platform bersama yang disiapkan oleh Kemenprekraf untuk memfasilitasi stakeholder MICE Indonesia, khususnya industri MICE dalam berkoordinasi dan kolaborasi. Diharapkan seluruh stakeholder MICE dapat memanfaatkan platform mice.id guna mendukung manajemen kegiatan masing-masing stakeholder dalam melaksanakan penyelenggaraan kegiatan MICE.

🔹 B. Kegiatan Simulasi CHSE pada Insentif Trip

  1. Insentif Trip dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 24-25 Februari 2021 yang diikuti oleh rombongan tim Dit. MICE, tim media lokal, dan dipandu oleh 1 orang tour guide dari Dispar Provinsi NTB.
  2. Rute Insentif Trip hari I dimulai dengan kunjungan ke Desa Wisata Banyumulek, yaitu desa penghasil karya seni gerabah seperti guci, vas bunga, cangkir, dll. Aktivitas yang dilakukan disana yaitu belajar membuat kerajinan gerabah. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Tenun Sukarare, Kuta Mandalika, dan terakhir ke Tanjung Aan.
  3. Rute Insentif Trip hari II mengunjungi Desa Wisata Bonjeruk. Beberapa aktivitas yang dilakukan disana yaitu menyusuri sawah dan meliput proses pembuatan Kopi Sangrai, mengunjungi industri UMKM Bonjeruk, berkunjung ke Masjid Peninggalan Belanda, serta menikmati kuliner khas Bonjeruk.

Kesimpulan:

a.) Diharapkan dg sosialisasi ini, seluruh industri MICE dapat menerapkan protokol CHSE, sehingga dapat meyakinkan calon pengunjung bahwa Mandalika, Lombok, NTB sebagai destinasi super Prioritas siap menerima kunjungan dg menerapkan protokol CHSE secara ketat.

b.) Diharapkan seluruh Pemda (Dinas Pariwisata) agar dapat memonitoring pelaksanaan dan penerapan CHSE kegiatan MICE di daerahnya masing-masing dengan melibatkan peran serta asosiasi industri terkait serta bisa memanfatkan panduan CHSE MICE ini sebagai salah satu pertimbangan penting di dalam proses pengambilan keputusan pada kebijakan daerah.

c.)  Kerjasama dan kolaborasi Pentahelix yang kuat dan kompak dari berbagai unsur stakeholder sangat diperlukan dalam memajukan MICE Indonesia.

d.) Perubahan perilaku konsumen pada masa pandemi covid-19 ini mengharuskan industri pariwisata bekerja melalui digital. Untuk itu, platform mice.id diharapkan untuk dapat dimanfaatkan guna pemulihan pariwisata khususnya MICE di Indonesia.

LINK BERITA

  1. https://radarlombok.co.id/hidupkan-wisata-mice-di-dsp-mandalika-kemenparekraf-sosialisasi-chse.html#.YDSEDO1YWwo.whatsapp
  2. https://radarlombok.co.id/faozal-dengan-chse-pariwisata-ntb-siap-terima-wisatawan.html#.YDSviyny6Ys.whatsapp
  3. https://radarlombok.co.id/kemenparekraf-dsp-mandalika-sudah-siap-terima-kunjungan-wisatawan.html#.YDZ1cPHkIvg.whatsapp
  4. https://www.antaranews.com/berita/2016051/kemenparekraf-pastikan-destinasi-wisata-di-lombok-terapkan-chse
  5. https://www.suarantb.com/destinasi-wisata-di-ntb-kompak-terapkan-chse/
  6. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2021/02/23/kedisplinan-penerapan-chse-diyakini-gairahkan-mice-di-ntb/?utm_source=bebasakses_kompasid&utm_medium=whatsapp_shared&utm_content=sosmed&utm_campaign=sharinglink
  7. https://www.antaranews.com/berita/2014152/kemenparekraf-gelar-simulasi-chse-untuk-dsp-mandalika
  8. https://www.antaranews.com/berita/2016051/kemenparekraf-pastikan-destinasi-wisata-di-lombok-terapkan-chse
  9. https://rri.co.id/mataram/daerah/981863/kemenparekraf-pastikan-ntb-aman-dikunjungi-wisatawan-di-tengah-pandemi
  10. “Genjot Wisata MICE, Kemenparekraf Masifkan Sosialisasi CHSE” https://m.rri.co.id/go/BDG9HQ8
  11. https://radarlombok.co.id/pastikan-penerapan-chse-kemenparekraf-kunjungi-destinasi.html#.YDhu-ky2tg4.whatsapp

Laporan ditulis oleh Anidyari Kusumastuti, Staf Subkoordinator Pengembangan Wisata MICE

Author:

Tinggalkan Balasan