East Java Fashion Harmony 2024

East Java Fashion Harmony 2024 yang merupakan salah satu event terpilih  dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2024 di Pantai Midodaren, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Gambaran Umum

  • East Java Fashion Harmony (EFJH) merupakan pagelaran fashion show yang mengangkat potensi produk wastra yakni tenun dan batik Jawa Timur diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan dilaksanakan di destinasi wisata unggulan Jawa Timur yang berbeda setiap tahunnya.
  • East Java Fashion Harmony ke-6 mengangkat tema “Rise of Reminiscence” atau “Kenangan (Tenun) yang dihidupkan kembali”. Wastra tenun pada EFJH  tahun ini dikreasikan sebagai busana berkonsep busana kebaya dan sarung ready to wear asli Jawa Timur. Rangkaian kegiatan antara lain fashion show, pagelaran seni dan budaya, serta pameran produk wastra dan ekonomi kreatif.

Rangkaian Kegiatan

Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
  2. Pj. Gubernur Jawa Timur, Bapak Adhy  Karyono;
  3. Pj. Sekda Provinsi Jawa Timur, Bapak Bobby Soemiarsono;
  4. Pj. Ketua Dekranasda Jawa Timur, Ibu Isye Adhy Karyono;
  5. Pj. Bupati Tulungagung, Bapak Heru Suseno;
  6. Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Ibu Erwita Dianti;
  7. Para Pj. Walikota/ Bupati se-Jawa Timur;
  8. Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Ibu Evi Afianasari;
  9. Para Ketua Dekranasda se-Jawa Timur;
  10. Para Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota se-Jawa Timur;11.  Para ketua asosiasi pengusaha se-Jawa Timur;
  11. Para desainer dan pelaku industri fesyen se-Jawa Timur

Rangkaian acara:

  • Penampilan tarian tradisional Ukeling Dodok dari Sanggar Sari Roso Sejati Kabupaten Tulungagung.
  • Pembacaan doa
  • Laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Ibu Evi Afianasari yang menyampaikan:
    • East Java Fashion Harmony 2024 bertujuan untuk mengangkat, memajukan, dan mempopulerkan wastra Jawa Timur sebagai wujud dan upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan, sekaligus membuka peluang bisnis khususnya bisnis wastra dan fesyen.
    • Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ajang mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif Jawa Timur dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan.
  • Sambutan selamat datang oleh Pj. Bupati Tulungagung, Bapak Heru Suseno yang menyampaikan:
    • Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah memilih Pantai Midodaren sebagai venue penyelenggaraan East Java Fashion Harmony 2024.
    • Pemerintah Tulungagung terus mendukung para desainer muda lokal yang telah berpartisipasi pada event ini.
    • Mengajak seluruh pihak untuk menjadikan Tulungagung menjadi destinasi wisata pilihan terutama Pantai Midodaren yang merupakan wisata unggulan di Tulungagung.
  • Penyerahan piagam oleh Pj. Gubernur Jawa Timur bersama Ketua Dekranasda Jawa Timur kepada para juara lomba desain motif batik Jawa Timur kategori SMK, profesional dan disabilitas.
  • Penampilan fashion show dari 30 desainer terpilih siswa SMK se-Jawa Timur.
  • Peluncuran desain Motif Batik Khas Jawa Timur “Omah Budoyo” oleh Pj. Gubernur Jawa Timur dan Ketua Dekranasda Jawa Timur.

Motif Batik Omah Budoyo memiliki makna filosofi lingkungan dan sifat kehidupan masyarakat Jawa Timur yang diwakili omah atau rumah tradisional Jawa Timur dan budoyo sebagai simbol karakter masyarakatnya. Motif batik ini merupakan kesatuan dari beragam motif yang bernuansa budaya khas masyarakat  Jawa Timur. Secara garis besar, motif tersebut juga  memuat unsur cagar budaya berupa bangunan dan flora yang mempunyai nilai filosofi khas Jawa Timur.

  • Penyerahan hadiah serta HAKI oleh Pj. Gubernur Jawa Timur bersama Ketua Dekranasda Jawa Timur kepada pemenang lomba desain motif khas Jawa Timur: Fransiskus Fran Kenny Tamara dari Kabupaten Jember.
  • Penyerahan secara simbolis  alat cap motif batik khas Jawa Timur oleh Pj. Gubernur Jawa Timur bersama Ketua Dekranasda Jawa Timur kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.
  • Sambutan oleh Pj. Gubernur Jawa Timur, Bapak Adhy  Karyono yang menyampaikan:
    • Apresiasi kepada Kemenparekraf yang terus konsisten untuk mengkurasi event-event dalam Karisma Event Nusantara sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas event agar semakin naik kelas.
    • East Java Fashion Harmony merupakan agenda untuk melestarikan sekaligus menduniakan wastra khas Jawa Timur dengan harapan meningkatkan produktivitas dan kreativitas para pengrajin, sehingga dapat berdampak pada penguatan industri fesyen dan ekonomi.
    • Hari ini Provinsi Jawa Timur meluncurkan dan menambahkan satu motif batik khas Jawa Timur bernama Batik Omah Budoyo dan sudah dapat diproduksi secara massal.
  • Sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno yang menyampaikan:
    • Fesyen menjadi kontributor utama ekspor produk ekonomi kreatif mencapai 62% dan menyumbang 18% pada nilai tambah ekonomi kreatif sehingga menempatkan Indonesia di posisi ke-3 dunia setelah Amerika dan Korea.
    • Mengucapkan selamat atas peluncuran motif batik baru khas Jawa Timur bernama Omah Budoyo sebagai bagian dari inovasi talenta terbaik anak bangsa.
    • Mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi, berinovasi,dan beradaptasi dengan menerapkan 3G (Gercep, Geber, dan Gaspol).
  • Penyerahan piagam penghargaan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Menparekraf kepada Pj. Gubernur Jawa Timur.
  • Penabuhan gendang bersama oleh Menparekraf dan Pj. Gubernur Jawa Timur beserta seluruh tamu VVIP sebagai simbolis pembukaan East Java Fashion Harmony #6.
  • Penampilan Fashion Show karya:
    1. Desainer disabilitas
    2. 5 Desainer Profesional Jawa Timur
    3. Desainer Luar Negeri (Thailand)
    4. Fashion show para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Jawa Timur

Kesimpulan dan evaluasi kegiatan

  1. Secara umum East Java Fashion Harmony 2024 telah terselenggara dengan lancar dan sukses. Pelaksanaan EJFH tahun ini menggandeng para siswa SMK, teman-teman disabilitas, serta desainer internasional dari Thailand untuk berpartisipasi sehingga diharapkan dapat membuka peluang pengembangan bisnis wastra Jawa Timur yang lebih luas dan menjangkau semua kalangan. 
  2. Crowd management pada kegiatan sudah baik, tersedia tempat duduk yang memadai bagi para pengunjung menyaksikan fashion show.
  3. Untuk kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tersedia tempat sampah yang cukup disekitar lokasi, begitu juga dengan toilet umum yang bersih dikarenakan fasilitas pada destinasi wisata sudah lengkap tersedia dan tergolong baru.
  4. Pemilihan lokasi di Pantai Midodaren sudah tepat karena lokasi sudah dikenal dan mudah dijangkau dari pusat kota Tulungagung didukung kondisi jalan menuju ke venue yang sudah baik karena termasuk program nasional jalur selatan. Pantai Midodaren merupakan destinasi wisata unggulan di Tulungagung yang sudah juga mempunyai fasilitas yang baik mulai dari cottage, resto, sampai dengan fasilitas umum didukung pemandangan alam pantai yang indah.
  5. UMKM yang ditampilkan pada event ini adalah perwakilan Dekranasda dari 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang menampilkan produk fesyen wastra tenun dan batik, kriya, dan dan kuliner.
  6. Disbudparprov Jawa Timur sebagai penyelenggara berkoordinasi dengan baik sejak dari persiapan, saat pelaksanaan maupun setelah kegiatan.
  7. Promosi sudah cukup baik  memanfaatkan media sosial khususnya instagram dengan akun East Java Fashion Harmony, Dispbudpar Provinsi Jatim, Kemenparekraf, dan Kabupaten Tulungagung.
  8. Pengunjung event yang hadir sebagian besar adalah pertisipan, tim atau undangan yang didistribusikan ke seluruh Kab/Kota se-Jawa Timur, sedangkan untuk pengunjung umum lebih banyak yang berwisata di Pantai.
Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan