Opera Bakdan Neng Solo 2024

Opera Bakdan Neng Solo 2024 diselenggarakan pada tanggal 12 April 2023 di Halaman Balaikota Surakarta.

1️⃣ Opera Bakdan Neng Solo merupakan agenda rutin yang telah berlangsung (di hari lebaran) sejak tahun 2015 hingga sekarang. Pada penyelenggaraan tahun 2024 Bakdan Neng Solo mengangkat cerita “Gatotkaca Ksatria Langit”.

2️⃣ Acara ini dihadiri oleh:

  • Bapak Janjang Sumaryono Aji (Ketua Komisi IV DPRD Kota Surakarta)
  • ⁠Bapak Wahyu Wicaksono (Kapokja TU & Kemitraan, Dit. ENI)
  • ⁠Bapak Aryo Widyandoko (Kadisbudpar Kota Surakarta)
  • Ibu Siti Khotimah (Sekdisbudpar Kota Surakarta)
  • ⁠2.500 lebih masyarakat Surakarta

3️⃣ Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok tari Moncar Iswara yang berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi seni tradisi dan hiburan kepada masyarakat saat berlebaran dan juga upaya untuk memperkuat identitas budaya dan tradisi Nusantara.

4️⃣ Sajian opera berbahasa Indonesia ini gratis terbuka untuk umum dan ditayangkan secara hybrid di halaman Balaikota Surakarta pukul 19.30 s.d. 22.30 dan dapat disaksikan live streaming melalui channel Youtube Disbudpar Kota Surakarta.

5️⃣ Opera Bakdan Neng Solo melibatkan 180 orang tim mulai dari penari, pemain musik, tim kreatif dan tim produksi serta mendatangkan penonton lebih dari 2.500 penonton secara offline, 2.053 secara online. Kegiatan ini juga didukung dengan Bazar Ramadhan yang merupakan pameran UMKM binaan Bank Jateng yang merupakan program Disbudpar Kota Surakarta sebanyak 16 UMKM yang ditempatkan di sebelah penyelenggaraan Bakdan Neng Solo. Bazar Ramadhan akan berlangsung selama 1 bulan dari tanggal 20 Maret – 20 April 2024.

Author: Mellysa

Tinggalkan Balasan