Semasa Piknik 2024

Semasa Piknik 2024 yang merupakan salah satu event yang masuk dalam TOP TEN Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 31 Mei – 2 Juni 2024, di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Gambaran Umum

  • Semasa Piknik merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Semasa yaitu market organizer yang mengadakan curated creative market di Jakarta dengan mengeksplorasi ruang-ruang publik sebagai venue kegiatan yang bertujuan mengapresiasi sisi lain kota Jakarta sambil memajukan ekonomi kreatif Indonesia.
  • Pada tahun ini, Semasa Piknik didukung oleh Citra sebagai sponsor utama serta berkolaborasi dengan Jakarta Experience Board dan Jakarta Good Guide dengan rangkaian kegiatan antara lain creative market  yang diikuti 200 tenant yang telah dikurasi dari berbagai kategori seperti fesyen, kecantikan, art & craft , pertunjukan musik DJ, hingga walking tour .

Rangkaian Kegiatan

🔷Press Conference Citra x Semasa

Lokasi: Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jakarta

Waktu: Jumat, 31 Mei 2024 (pukul 09.30 – 11.00 WIB)

Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
  2. Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Ibu Erwita Dianti;
  3. Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia, Ibu Putri Paramita;
  4. Co Founder Semasa, Bapak Gunawan Lo dan Bapak Hutomo Joe;
  5. Ketua Tim Kerja Event Wilayah Jawa Direktorat Event Daerah, Bapak J Suharbowo;
  6. Ilustrator limited edition series Citra, Ibu Yessieow, dan;
  7. 20 perempuan Pemenang Piala Citrapreneur.

Rangkaian kegiatan Press Conference Citra x Semasa:

  • Talkshow mengenai program “Tangan Tangan Cantik Citra”.
  • Peluncuran Citra Limited Edition Series.
  • Sambutan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno yang menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara dan sponsor utama, serta para pihak yang telah berkolaborasi atas terselenggara event Semasa Piknik. Tahun ini Semasa Piknik terpilih dalam TOP 10 Karisma Event Nusantara (KEN) dan berharap event ini dapat terus mendorong promosi parekraf sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta. Ucapan selamat dan penghargaan kepada para pemenang Piala Citrapreneur yang diharapkan menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk terus berkarya.
  • Simbolis penganugerahan Piala Citrapreneur oleh Menparekraf kepada perwakilan 6 pemenang didampingi oleh Ibu Putri Paramita.
  • Penyerahan Piagam Penghargaan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Menparekraf kepada Co Founder Semasa.
  • Foto bersama.
  • Kunjungan Menparekraf ke booth pemenang Piala Citrapreneur (Rajoet, Macaroni, dan Waiki).

🔷Peninjauan Semasa Piknik oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Angela Tanoesoedibjo

Lokasi: Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Waktu: Jumat, 31 Mei 2024 (16.00 – 17.00 WIB)

Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Ibu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Angela Tanoesoedibjo;
  2. Direktur Pemasaran Nusantara, Bapak Marhen Dwi Yono;
  3. Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Ibu Ni Komang Ayu Astiti;
  4. Perwakilan PT. Unilever Indonesia, Ibu Anindita Ayu dan Bapak Ariq Narendra – External Affairs Unilever, serta Ibu Melisa Caroline – Brand Manager Citra;
  5. Co Founder Semasa, Bapak Gunawan Lo dan Bapak Hutomo Joe.

Rangkaian kegiatan antara lain:

  • Penyambutan Ibu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
  • Kunjungan Ibu Wamenparekraf ke booth Citra dilanjutkan booth pemenang Piala Citrapreneur (Gui, Kurantaka, dan Noesa).
  • Doorstop. Ibu Wamenparekraf menyampaikan bahwa kegiatan piknik di luar ruang menambah keberagaman aktivitas bagi masyarakat untuk berwisata dan harapannya event semacam ini juga dapat diselenggarakan di kota-kota lainnya di Indonesia.

🔷 Pameran bazaar produk ekonomi kreatif lokal selama 3 hari yang diikuti oleh 200 tenant yang sudah dikurasi oleh Tim Semasa, meliputi 60 tenant kuliner dan 140 tenant creative market terdiri dari produk fesyen, kecantikan, aksesoris, serta art & craft.

🔷 Sesuai tema event yaitu piknik, penyelenggara menyediakan alas, bean bag, dan kotak kayu di sekitar venue secara gratis bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana alam terbuka.

🔷 Program Walking tour yang terselenggara bekerjasama dengan Jakarta Good Guide pada tanggal 1-2 Juni 2024 dengan rute:

  1. Rute 1 “Passer Baroe Selamat Pagi”(pukul 09.00 WIB) berangkat dari Gereja Ayam (meeting point) – Pasar Atom – Klenteng Sin Tek Bio – Gang Kelinci – Sikh Temple – Sai Baba Temple – Gedung Kesenian Jakarta – Lapangan Banteng.
  2. Rute 2 “Waterlooplein Selamat Sore” (pukul 15.30 WIB) berangkat dari Kafe Stroom PLN (meeting point) – Gedung PLN – Kedubes Vatikan – Galeri Nasional – Gereja Imanuel – Gedung Kemenhub – Gedung Pertamina – Masjid Istiqlal – Lapangan Banteng. 

Evaluasi & Kesimpulan

  1. Koordinasi dengan penyelenggara Semasa Piknik berjalan dengan baik dan lancar mulai dari persiapan, pelaksanaan event hingga pasca event.
  2. Promosi Semasa Piknik tercatat sudah sangat baik. Penyelenggara sudah memanfaatkan media digital/sosial media utamanya instagram, baik melalui akun penyelenggara maupun akun tenant untuk mempromosikan kegiatan ini. Selain itu terdapat juga promosi luar ruang di beberapa titik menuju ke venue. 
  3. Venue Taman Lapangan Banteng merupakan pilihan yang tepat karena dikenal sebagai ruang terbuka hijau yang berada di tengah kota dan juga dilalui transportasi umum sehingga memudahkan masyarakat yang ingin berkunjung.
  4. Pengelolaan sampah sudah baik, kantong sampah tersedia cukup di venue begitu juga dengan petugas kebersihan sigap membersihkan setiap area sehingga tidak terjadi penumpukan sampah.
  5. Penyelenggaraan Semasa Piknik tahun ini berhasil menggandeng PT. Unilever Indonesia melalui salah satu brandnya yaitu “Citra” sebagai sponsor utama untuk pertama kalinya dan menambah nilai pada konten event terkait pemberdayaan pelaku UMKM kreatif perempuan.
  6. Nilai lebih selanjutnya dari Semasa Piknik adalah apresiasi dari Menparekraf bahwa event ini mengangkat isu green event . Yakni penyelenggaraan event yang ramah lingkungan dan menampilkan produk-produk daur ulang serta ramah lingkungan.

Tercatat beberapa hal yang masih harus ditingkatkan kedepannya oleh penyelenggara antara lain:

  1. Crowd management kedepannya perlu diperhatikan lagi mengingat antusiasme yang tinggi dari pengunjung. Ditambahkan jarak antar tenant dan space untuk flow pengunjung diatur sehingga antrian pada tenant tidak mengganggu flow pengunjung. Perlu ditambahkan juga signage yang menunjukkan area tenant creative market dan food market sehingga memudahkan pengunjung memilih area market yang dituju.  
  2. Fasilitas umum seperti toilet portable kedepannya perlu disediakan untuk menambah kapasitas toilet umum yang sudah ada di Lapangan Banteng, sehingga tidak menyebabkan antrian panjang.
  3. Penyelenggara juga perlu meningkatkan keamanan venue dengan menambah petugas keamanan dan CCTV mengingat pengunjung yang sangat ramai dan pintu masuk yang terbuka serta lebih dari satu. Dapat dipertimbangkan untuk pelaksanaan selanjutnya, guna mengatur kapasitas venue dengan jumlah pengunjung menggunakan sistem ticketing.
  4. Belum terlihat ambulance maupun petugas kesehatan sebagai langkah mitigasi apabila suatu saat dibutuhkan.
Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan