Kegiatan Penyambutan dan Pelepasan Thudong dengan tema “Perjalanan dengan Kesadaran Keberagaman untuk Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia”

Mohon izin menyampaikan Laporan Kegiatan Penyambutan dan Pelepasan Thudong dengan tema “Perjalanan dengan Kesadaran Keberagaman untuk Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia” yang diselenggarakan pada Selasa, 14 Mei 2024 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.
Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
2. Bapak Kartiko Wirjoatmojo, Wakil Menteri BUMN
3. Mr. Prapan Disyatat, Duta Besar Thailand
4. Ibu Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney
5. Ibu Ni Komang Ayu A, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
6. Ibu Susy Yang, Ketua Panitia Thudong 2024
7. 40 Bhikkhu Thudong asal Indonesia, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Kegiatan Thudong merupakan perjalanan dengan berjalan kaki dan melakukan beberapa praktik spiritual lainnya dalam rangka menyambut Perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE tahun 2024. Perjalanan Thudong akan menempuh jarak sepanjang lebih dari 1.300 km antara Candi Borobudur dan Candi Muaro Jambi.
Adapun rangkaian kegiatan ini meliputi :
1. Penyambutan kedatangan 40 Bhikkhu Thudong
2. Sambutan oleh Bhante Dhammavuddho. Beliau menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga dapat terlaksananya Thudong di tahun yang kedua ini. Beliau bersyukur Perayaan Tri suci Waisak di Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan damai. Beliau berharap, melalui kegiatan Perayaan Tri Suci Waisak tersebut dapat meningkatkan kualitas batin serta membawa kedamaian bagi seluruh warga Indonesia.
3. Sambutan oleh Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menparekraf RI. Beliau menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Thudong ini. Kegiatan ini diharapkan mampu mengaktualisasikan ajaran Sang Buddha untuk membangun Indonesia yang harmonis adil dan makmur. Kegiatan Thudong sejalan dengan program Kemenparekraf dalam mengembangkan pariwisata religi di Indonesia. Kegiatan Thudong ini diharapkan mampu menjadi katalisator untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Indonesia.
4. Sambutan Ibu Maya Watono, Ketua Panitia Thudong, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan Thudong ini. Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE Tahun 2024 di Candi Borobudur dan Candi Muaro Jambi rencananya akan dihadiri oleh 40 Bhikku Thudong asal Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia.
5. Sambutan Ibu Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa menjadi sebuah kehormatan bagi InJourney dapat menerima para Bhikkhu. Salah satu KPI InJourney holding yaitu meningkatkan dampak perekonomian bagi masyarakat melalui sektor pariwisata. Harapannya Perayaan Tri Suci Waisak ini dapat berjalan dengan khusyuk dan membawa dampak kenaikan jumlah wisatawan ke Candi Borobudur dan Candi Muaro Jambi.
6. Penyerahan plakat dari Panitia Thudong
7. Penyerahan Bendera
8. Sesi Tanya Jawab Bersama Para Bhikkhu
9. Doorstop Media

Demikian disampaikan laporan kegiatan dimaksud, atas perhatian Bapak Direktur diucapkan terima kasih.

Author: fahri surya altakwa

Tinggalkan Balasan