Press Conference dan Opening Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2023

Laporan pelaksanaan kegiatan Press Conference dan Opening Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 8 September 2023 di M-Bloc Space, DKI Jakarta. Event ini merupakan salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

❇️ Gambaran umum JIPFest 2023:
▪️JIPFest adalah festival fotografi internasional yang diinisiasi oleh Yayasan Pana (PanaFoto Institute) dan telah didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta sejak penyelenggaraan yang pertama pada tahun 2019.
▪️Tahun 2023 merupakan tahun penyelenggaraan JIPFest yang keempat dan mengangkat tema Generation. Melalui tema ini JIPFest bermaksud menyoroti berbagai isu dan isu antar generasi. JIPFest 2023 diselenggarakan selama 17 hari (8-24 September 2023) di 7 venue yang tersebar di Kawasan Blok M Jakarta Selatan, mengusung 16 program dan 72 acara yang diisi oleh 108 bintang tamu dengan target pengunjung sebanyak 20.000 orang.

▪️Press Conference dan Opening JIPFest diliput oleh media nasional seperti Detikcom, Republika, Gatra, Antara, Kompas, dll.

🅰️ PRESS CONFERENCE JIPFest 2023

🔹Diadakan di Creative Hall, M Bloc Space pada Jumat, 8 September 2023

🔹Dihadiri oleh:
1. Direktur Musik, Film dan Animasi, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Bapak Mohammad Amin;
2. Direktur Erasmus Huis, Bapak Nicolaas de Regt;
4. Kurator JIPFest 2023, Bapak Asep Topan;
5. Executive Director Kurawal Foundation, Bapak Darmawan Triwibowo;
6. Direktur JIPFest, Bapak Cristian Rahadiansyah;
7. Jurnalis dan blogger.

🔹Rangkaian Acara:
a. Acara Press Conference dibuka oleh Head of Communication JIPFest, Nina Hidayat.
b. Pemaparan oleh 5 (lima) Panelis yaitu Bapak Cristian Rahadiansyah, Bapak Asep Topan, Bapak Mohammad Amin, Bapak Nicolaas de Regt dan Bapak Darmawan Triwibowo.
1️⃣ Bapak Cristian Rahadiansyah memaparkain poin-poin sebagai berikut:
⏩JIPFest 2023 akan berlangsung selama 17 hari pada 8-24 September 2023 di 7 lokasi yang tersebar di Blok M, salah satunya M Bloc Space yang menjadi lokasi Press Conference dan Opening.
⏩Penyelenggaraan JIPFest di lokasi yang berbeda pada setiap edisinya merupakan bagian dari misi pariwisata untuk memperkenalkan berbagai sisi dan keragaman Jakarta kepada turis. Selain itu JIPFest juga ingin membawa fotografi lebih dekat kepada masyarakat. Pada edisi keempat ini JIPFest memiliki 2 program baru yakni Indonesia Photo Fair + Fair Talks, untuk memasarkan karya foto dalam format cetak (photo prints) dan terbitan (buku, zine) serta Photo Book Dummy Awards yang akan diumumkan pada saat opening.
2️⃣ Bapak Asep Topan menyampaikan poin-2023poin sebagai berikut:
⏩Sebagian besar karya yang dipamerkan pada JIPFest 2023 merupakan karya yang berasal dari Open Call. Dari Open Call tersebut JIPFest menerima 195 submission dari berbagai 19 negara, yang menginterpretasikan tema Generation dengan sangat beragam.
⏩Pemilihan ruang terbuka sebagai lokasi pameran serta pemanfaatan gedung yang tidak terpakai menjadi lokasi pameran diharapkan menjadi pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung galeri seni.
3️⃣ Bapak M. Amin menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
⏩JIPFest merupakan salah satu Karisma Event Nusantara 2023 yang merupakan program kolaborasi Pemerintah Daerah dan Pusat serta melibatkan asosiasi dan komunitas. JIPFest terpilih dari 350 proposal yang diterima oleh Kemenparekraf pada tahun 2023.
⏩ Banyaknya event pasca pandemi merupakan penanda pertumbuhan. Di balik maraknya selebrasi massa, event adalah bagian dari penanda pertumbuhan ekosistem. Saat ini event didorong untuk tidak hanya sebatas ajang hiburan, tapi juga memberi dampak pertumbuhan bagi perekonomian, lingkungan juga menguatkan aspek sosial dan bahkan memajukan budaya.
4️⃣ Bapak Nicolaas de Regt menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
⏩Erasmus Huis pertama kali mengunjungi JIPFest pada tahun 2019 dan sangat terkesan dengan penyelenggaraannya. Sejak saat itu Erasmus Huis konsisten untuk terus mendukung JIPFest dan tahun ini JIPFest dapat kembali diselenggarakan setelah pandemi.
⏩Fotografi merupakan media yang sangat baik untuk menyampaikan topik-topik penting lewat kemampuannya bercerita. Pada pekan ini, selain dukungan kepada JIPFest, Erasmus Huis juga menyelenggarakan World Press Photo Exhibition 2023 yang turut mendukung industry fotografi melalui pameran di berbagai negara.
5️⃣ Bapak Darmawan Triwibowo menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
⏩ Yayasan Kurawal percaya bahwa seni bukan sekadar seni. Seni bisa hadir untuk menjadi salah satu pendorong perubahan. Maka dari itu, Kurawal turut mendukung penyelenggaran JIPFest karena Kurawal percaya bahwa seni fotografi juga bisa memiliki peranan yang penting untuk menggerakkan warga dalam mengartikulasikan isu-isu sosial dan demokrasi.

c. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan media.

d. Penutupan Press Conference dengan foto bersama para panelis dan dilanjutkan dengan Opening JIPFest 2023

🅱️ OPENING JIPFEST 2023

🔹Diadakan di pada Jumat, 8 September 2023 di Live Hall. M Bloc Space

🔹Dihadiri oleh:
1. Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Inovasi dan Kreativitas;
2. Diana Indriati, Plh. Direktur Event Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event);
3. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Bapak Muchlisin;
4. Direktur Erasmus Huis, Bapak Nicolaas de Regt;
5. Executive Director Kurawal Foundation, Bapak Darmawan Triwibowo;
6. Direktur JIPFest, Bapak Cristian Rahadiansyah
7. Para kurator, pecinta fotografi dan undangan lainnya.

🔹Rangkaian Acara:
a. Opening JIPFest dimulai pada pukul 14.30 WIB
b. Sambutan oleh Perwakilan JIPFest, Kemenparekraf, dan Pemerintah Kota Jakarta Selatan:
1️⃣ Direktur JIPFest, Cristian Radiansyah menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
⏩ Kemenparekraf dan Disparekraf DKI Jakarta merupakan Main Partners JIPFest 2023. Disparekraf DKI telah mendukung JIPFest sejak pertama penyelenggaraannya. Dengan Kemenparekraf, JIPFest untuk kedua kalinya masuk dalam program Karisma Event Nusantara. Sebuah kehormatan bagi JIPFest karena masuk dalam program yang bergengsi.
⏩ JIPFest ingin mendatangkan turis ke Indonesia dan mencetak fotografer-fotografer hebat. Saat ini Jakarta sudah masuk ke dalam ekosistem peta fotografi dunia. Harapannya dengan hadirnya JIPFest Indonesia tidak lagi hanya menjadi bagian dari ekosistem, tetapi dapat menjadi destinasi di bidang fotografi.
2️⃣ Sambutan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno secara daring;
⏩Menyampaikan selamat dan sukses atas penyelenggaran JIpfest keempat kalinya.
⏩ Di tahun penyelenggaraan yang keempat ini, lewat tema Generation, JIPFest mencoba menyoroti berbagai fenomena lintas generasi yang ada saat ini mulai dari kesenjangan, perbedaan pandangan politik hingga cara hidup masyarakat. Tema yang saya rasa juga dihadapi pariwisata saat ini; dimana pemerintah harus dapat mengembangkan pariwisata dan menarik minat pasar potensial, terutama dalam penyelenggaraan event-event baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional agar dapat menarik target pasar

3️⃣ Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bapak Restog Krisna Kusuma memberikan sambutan sebagai berikut:
⏩ JIPFest merupakan salah satu Karisma Event Nusantara (KEN), di mana dari Jakarta ada 4 event yang terpilih karena memiliki Uniqueness.
⏩JIPFest memiliki 4 unsur penting penyelenggaraan event yang berkualitas, yaitu education, entertainment, empowerment, and engagement. Hal ini menjadikan JIPFest dapat menjadi contoh bagi event daerah lainnya. Dengan kolaborasi promosi ke depan JIPFest dapat dipromosikan hingga ke ASEAN. Didukung pemanfaatan digital technology, Jakarta bisa menjadi destination of events.
4️⃣ Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Bapak Muchlisin menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
⏩DKI Jakarta telah mendukung JIPFest selama 4 kali penyelenggaraannya dan ke depan akan terus mendukung event ini. Apresiasi dari Bapak Gubernur kepada Yayasan Pana dan para pelaku ekraf sub-sektor fotografi.
⏩Ekonomi kreatif menunjang perekonomian Jakarta, menyerap tenaga kerja, menjadikan Jakarta sejajar dengan kota-kota global. Pemprov DKI berharap gagasan-gasan out ot the box terus dimunculkan. Melalui JIPFest Pemprov DKI ingin membawa fotografer berkarya ke panggung dunia.

c. Acara dilanjutkan dengan pemutaran Video Promosi JIPFest 2023 yang secara resmi menandai dibukanya edisi keempat Jakarta International Photo Festival.

d. Pengumuman pemenang Photobook Dummy Awards

e. Opening JIPFest 2023 ditutup dengan foto bersama para narasumber dan pemberian cenderamata berupa karya fotografi kepada Bapak Restog dan narasumber lainnya.

f. Penampilan tarian dari Indonesia Dance Festival

g. Selanjutnya hadirin mengikuti tur pameran di Bloc M Space dan Mal Blok M yang didampingi oleh kurator

❇️*PROGRAM ACARA JIPFEST*

Berikut ke-16 program yang dihadirkan pada JIPFest 2023
🔸Press Conference
Pemaparan JIPFest dan Tanya jawab dengan awak media dan bloggers
🔸Opening Ceremony
Seremoni pembukaan festival bersama pemangku kepentingan
🔸Artist Talk
Presentasi oleh fotografer tentang karya mereka yang dipamerkan dalam JIPFest
🔸Urban Photo Tour
Tur street photography bersama mentor, menyelami kawasan Blok M
🔸Public Lecture
Kuliah umum oleh pembicara internasional
🔸Meet & Greet
Sesi pertemuan dan berjejaring untuk para praktisi fotografi
🔸Indonesia Photo Fair
Marketplace bagi organisasi dan komunitas fotografi
🔸Discussion
Diskusi tematik dengan pembicara nasional dan internasional
🔸Fringe
Kegiatan bertema fotografi oleh komunitas atau organisasi hasil seleksi
🔸Photobook Exhibition
Pameran buku foto hasil seleksi dan undangan
🔸Portfolio Review
Review Updates Bersama National Geograpic dan Davy Linggar
🔸Projection Night
“Layar Tancap” menampilkan karya foto dan multimedia dari dalam dan luar negeri
🔸Festival Tour
Rangkaian tur santai bersama pemandu dari Jakarta Good Guide
🔸Workshop
Lokakarya intensif bersama pakar untuk meningkatkan keahlian fotografi
🔸Photo Exhibition
Pameran foto hasil seleksi dan undangan, menampilkan karya fotografer internasional
🔸Closing Ceremony
Seremoni penutupan festival bersama pemangku kepentingan

❇️*Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:*

☑️Penyelenggaraan press conference dan opening JIPFest berlangsung dengan baik dan tepat waktu.

☑️Kurangnya signage dan pemberitahuan menuju lokasi event Jipfest sehingga menyulitkan pengunjung yang akan menghadiri kegiatan tersebut.

 

 

1. Bapak Mohammad Amin menjadi perwakilan Kemenparekraf saat Press Conference JIPFest 2023

 

2. Suasana Press Conference JIPFest 2023 dan photo bersama para narasumber Presscon

 

3. Acara Pembukaan JIPFest 2023 berupa sambutan dari Director JIPFest, Menparekraf (daring) dan Staf Ahli Bidang Bidang Inovasi dan Kreativitas serta pemberian cinderamata JIPFest kepada para narasumber

 

4. Pemberian hadiah kepada Pemenang Photo Book Dummy Awards serta penampilan penutup dari Indonesian Dance Festival

 

5. Bapak Restog dan narasumber lainnya melakukan tur pameran di M Bloc Space dan Mal Blok M
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan