L’Etape Indonesia by Tour de France 2023

Pelaksanaan kegiatan L’Etape Indonesia by Tour de France 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Mei 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

1️⃣ L’Etape Indonesia by Tour de France adalah serangkaian acara bersepeda amatir yang dirancang untuk merasakan eforia balap sepeda legendaris Tour de France. L’Etape Indonesia by Tour de France resmi digelar kembali pada 28 Mei 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Layaknya pebalap Tour de France akan ada King of Mountain (KOM) dengan polkadot jersey, jersey hijau untuk jawara sprint dan pemenang lomba secara umum yang akan memperoleh jersey kuning serta jersey putih untuk pemenang youth category.

2️⃣ Kegiatan L’Etape Indonesia by Tour de France 2022 diawali dengan Press Conference dan Talkshow yang dilaksanakan tanggal 27 Mei 2023 jam 16.00 WITA di Novotel Lombok Resort & Villas, Mandalika.

🔘 Press Conference dihadiri pejabat daerah dan sponsor, antara lain:
1. Director L’Etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin
2. Sekda Kab. Lombok Tengah, Bapak Lalu Firman Wijaya
3.Amaury Sport Organization (Principal L’Etape Tour De France), Bapak Dara Rith
4.General Manager The Mandalika ITDC, Bapak Molin Duwanno
5.Head of Business Development Counterpain, Ibu Luli Pradina
6.Pembantu Direktur (Pudir) 1 Poltekpar Lombok, Ibu Amirosa Ria Satiadji
7.Para KOL L’Etape Indonesia

🔘 Press Conference L’Etape Indonesia by Tour de France 2023, para pembicara menyampaikan beberapa poin sebagai berikut:

– Director L’Etape Indonesia, Zacky Badrudin menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari para peserta. untuk persiapan dari awal tahun sudah berkolaborasi dengan ITDC. Pelaksanaan juga sudah di support Sekda Lombok dan Polda. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 500 peserta.
Malaysia, Australia, Singapura, Thailand, Amerika, Spanyol, dan Portugal. Hadiah para peserta dari 4 Kategori khusus untuk Nusa Tenggara Barat bagi yang memiliki ktp domisili asli.

– Sambutan Pembantu Direktur (Pudir) 1 Poltekpar Lombok dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mendukung kegiatan L’Etape Indonesia ini karena memberikan dampak kepada prekonomian yang ada di NTB khususnya di Mandalika. Tentunya melibatkan para mahasiswa dalam event internasional. Kemenparekraf sangat mendukung event internasional yang diselenggarakan di berbagai daerah, sehingga memiliki dampak multiplier effect.

-Amaury Sport Organization (Principal L’Etape Tour De France), Bapak Dara Rith Sangat mengapreasi kegiatan L’Etape Indonesia, serta besar harapan kami agar acara ini dapat membangkitkan iklim sport tourism yang ada di Indonesia secara umum dan kawasan The Mandalika – Lombok Tengah secara khusus.

-Sekda Kab. Lombok Tengah, Bapak Lalu Firman Wijaya mendukung penuh pelaksana kegiatan dengan skala internasional L’Etape Tour De France dan juga menyampaikan Lombok Tengah memiliki anugerah Objek Wisata Alam yang bagus sehingga dapat mendukung event internasional.

– General Manager The Mandalika(ITDC), Bapak Molin Duwanno yang menyampaikan bahwa ITDC sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di KEK Mandalika, beragam agenda olahraga tahun ini menjadi sinyal positif untuk pariwisata di Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok. Selaku pengembang dan pengelola kawasan pihak ITDC membuka pintu kerjasama seluasnya bagi penyelenggaraan sport event maupun event hiburan untuk dapat diselenggarakan di kawasan Sirkuit Mandalika.

– Head of Business Development Counterpain, Ibu Luli Pradina menyambut baik kegiatan event Internasional ini, dimana kami memiliki produk yang dapat mendukung para peseerta agar tetap menjalani kegiatan dengan aman dan nyaman.

3️⃣ Pelaksanaan race L’Etape Indonesia by Tour de France 2023 dilaksanaka tanggal 28 Februari 2023 jam 05.00 WITA. Peserta yang mendaftar sebanyak 500 peserta. Pelepasan start pebalap dibagi menjadi 3 peleton.

🔘 Kegiatan L’Etape Indonesia by Tour de France 2022 di dihadiri oleh:
1. Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Zulkieflimansyah
2. Kepala Dispar Prov. NTB, Bapak Jamaludin Maladi
3. General Manager The Mandalika ITDC, Bapak Molin Duwanno
4. Pembantu Direktur (Pudir) 1 Poltekpar Lombok, Ibu Amirosa Ria Satiadji
5. Director L’Etape Indonesia, Sdr. Zacky Badrudin.

🔘 Sebelum start L’Etape Indonesia by Tour de France 2023 dimulai kegiatan diawali dengan penampilan tarian Gendang Beleq yang merupakan tarian khas Lombok.

🔘 Berikut list pemenang dari beberapa kategori antara lain:
🔹 Overall Classification Category

1. Green (Sprint) Jersey – Women
Nama Lengkap : Novia Puspita Wardhani
(Tegal, Jateng)
2. Polkadot Jersey – QOM Women :Bianca Marcon (Brazil)
3. Overall – Women
Full Name : Bianca Marcon (Brazil)

1. Polkadot Jersey – KOM Men: Rivaldi Syah Putra (Banjarmasin)
2. Overall – Yellow Men : Rivaldi Syah Putra (Banjarmasin)
3. Green (Sprint) Jersey – Men
Nama Lengkap : Muhammad Rivaldi Syah Putra (Banjarmasin)

🔹 Team Competition Winner
Nama Team : Dream Team Monster
Nama Lengkap Peserta :
1. Muhamad Afandi Munir
2. Erik Andrianto
3. Uus Suhendar
4. Muhammad Taufan Iskandar

4️⃣ Kegiatan ini sudah berjalan dengan baik namun ada beberapa hal yang harus dievaluasi yaitu :

a) Perlunya rapat koordinasi antar stakeholders yang dikoordinasi oleh panitia penyelenggara terutama menjelang press conference.
b) Agar daftar pemberi penghargaan disampaikan lebih awal agar penyerahan penghargaan di podium berjalan lancar.
c). Agar tempat penjualan para UMKM dibangun dengan dekorasi lebih menarik dan variasi produk ekonomi kreatif nya perlu ditambah agar lebih meriah dan dikunjungi para peserta dan penonton.

 

Dokumentasi

 

Tautan berita

1. https://dutaselaparang.com/letape-indonesia-by-tour-de-france-2023-sukses-digelar-di-kabupaten-lombok-tengah/

2.https://sergap.co.id/2023/05/28/letape-indonesia-by-tour-de-france-2023-sukses-digelar-di-kabupaten-lombok-tengah/

3. https://kicknews.today/olahraga/ini-nama-nama-para-juara-letape-indonesia-by-tour-de-france-2023-di-sirkuit-mandalika/

4. https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/siaran-pers-kemenparekraf-dukung-ajang-balap-sepeda-internasional-letape-indonesia-2023-di-mandalika

5. https://www.postkotantb.com/2023/05/letape-indonesia-by-tour-de-france-2023.html?m=1

Tinggalkan Balasan