Launching E-Booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja

Launching E-Booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja pada The Weekly Brief with Sandi Uno Senin, 27 Maret 2023, di Lobby Lt. 2 Gedung Sapta Pesona.

 

📣 Launching E-Booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja merupakan upaya menghadirkan alternatif destinasi pariwisata ramah muslim. Selain itu juga sebagai upaya menangkap peluang besarnya mobilitas wisatawan nusantara pada momen Ramadhan dan Idul Fitri.

👥 Kegiatan ini turut dihadiri oleh:
1️⃣ Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Vinsensius Jemadu
2️⃣ Direktur Wisata Minat Khusus, Bapak Itok Parikesit
3️⃣ Tim Pokja Wisata Halal dan Religi
4️⃣ Tim Konsultan Titik Terang, Ibu Fakhira Sabira

✅ Perjalanan mudik tidak pernah lepas dari budaya masyarakat Indonesia di momen bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Terlebih lagi dengan berakhirnya pandemi Covid-19, aktivitas mudik akan disambut dengan euforia oleh masyarakat Indonesia.
✅ E-booklet ini adalah bagian kecil dari program berwisata #DiIndonesiaAja. Di dalamnya memuat informasi komprehensif terkait Masjid yang memiliki selling point/unique experience.
✅ Segmen wisata minat khusus sangatlah besar. Tidak hanya diperuntukan bagi muslim tetapi juga non muslim.
✅ E-booklet ini merupakan upaya menghadirkan alternatif destinasi pariwisata ramah muslim, Indonesia saat ini telah menduduki peringkat kedua terbaik di dunia versi Global Muslim Travel
Index (GMTI) 2022. Perlu terobosan dan inovasi baru agar kita mampu bersaing dan menjadi yang pertama. Salah satunya dengan menghadirkan unique experience bagi wisatawan melalui wisata Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja ini. Ketersediaan Unique experience merupakan salah satu sub kriteria penilaian GMTI tersebut.
✅ Terdapat 8 kategori tema potensi daya tarik wisata di Masjid yaitu arsitektural, sejarah, budaya, amenitas, edu religi, tujuan ziarah, socialpreneur dan ecomosque.
✅ Penyusunan E-booklet ini dilakukan berdasarkan data-data Masjid yang dilalui oleh pemudik di 4 jalur mudik terpadat yaitu Jalur Pantura Jawa, Jalur Pansela Jawa, Jalur Trans Jawa dan Jalur Trans Sumatera. Tahapan penyusunan dimulai dengan pengumpulan preliminary data, koordinasi bersama Pemerintah Daerah, Kementerian Agama dan asosiasi/komunitas, assessment Masjid, triangulasi dengan data sekunder (data googgle trend dan trip advisor), pengambilan foto oleh Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia serta finalisasi mengundang TA/TO, pengelola Masjid, Pemerintah Daerah dan asosiasi/komunitas pariwisata.
✅ Diharapkan e-booklet ini dapat menjadi alternatif panduan bagi para pemudik berwisata dan untuk menggeliatkan potensi UMKM di sekitar Masjid sehingga akan membawa dampak perputaran ekonomi bagi masyarakat.
✅ Lebih lanjut, Kemenparekraf akan melakukan penyusunan E-Catalogue Wisata Minat Khusus Berbasis Masjid, yang didalamnya memuat lebih banyak Masjid yang berpotensi untuk dikunjungi dari beberapa provinsi di Indonesia.
✅ Terdapat beberapa Masjid yang disarankan untuk dimuat dalam e-booklet selanjutnya diantaranya Masjid Lawang Kidul, Masjid BSI Bakauheni, Masjid Kubah Emas dan Masjid At-thohir.

Demikian laporan kegiatan kami sampaikan untuk mohon arahan Bapak Direktur lebih lanjut. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Berikut kami lampirkan dokumentasi dan tautan liputan kegiatan “Launching E-Booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja.

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan