Bakar Tongkang

Pelaksanaan pendukungan Karisma Event Nusantara 2023 Bakar Tongkang yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Juli 2023 di Bagan Siapi-Api, Kab. Rokan Hilir, Provinsi Riau.
Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum
– Ritual Bakar Tongkang merupakan tradisi sebagai bentuk penghormatan kepada dewa langit dan bentuk rasa syukur masyarakat Tionghoa atas kelimpahan rezeki. Menurut cerita juga menyebutkan bahwa event ini dimaksudkan untuk mengenang leluhur masyarakat Tionghoa yang pertama kali menemukan Bagan Siapi-api dan memutuskan untuk menetap disana dengan cara membakar tongkang yang merupakan alat transportasi mereka.
– Event yang menampilkan atraksi utama pembakaran replika kapal tongkang ini juga dipercaya masyarakat Tionghoa memberikan arah rejeki di tahun berjalan sesuai arah jatuhnya tiang tongkang yang terbakar, antara laut atau daratan.
– Event ini juga bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan khazanah budaya daerah menjadikannya sebagai daya tarik kunjungan wisata dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat,

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🔴 Hari-1 : 2 Juli 2023
Lokasi: Jalan Merdeka, Bagan Siapi-Api

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Festival Ekraf bertema Kemilau Bagan menampilkan bazar produk ekraf dari Provinsi Riau dan Kabupeten Bagan Siapiapi, forum workshop serta pertunjukan seni menampilkan Anak Band Bagan, Sri Bintan Art Tradisi, Stand Up Comedy, Senandung Rokan Band, Sanggar Tari Sri Kemuning, Taruna Nada Legendaris.
🔹Ritual Chia Ti Kong (pemanggilan dewa langit) dilaksanakan pada pukul 23.00 WIB di Kelenteng Ink Hock King.

🔴 Hari-2: 3 Juli 2023
Lokasi: Jalan Merdeka dan IP Plaza, Bagan Siapi-Api

Kegiatan dihadiri oleh:
– Bupati Rokan Hilir, Bapak Afrizal Sintong;
– Sekda Kabupaten Rokan Hilir, Bapak Fauzi Efrizal;
– Kepala Dinas Pariwosata Prov Riau, Bapak Roni Rahmat;
– Forkopimda Kabupaten Rokan Hilir;
– Ketua Tim Kerja Event Wilayah Sumatera I, Bapak Joko Suharbowo;
– Pengusaha ternama Bagan Siapi-api, Bapak Sugianto.

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Festival Ekraf “Kemilau Bagan” menampilkan Syahrul Accoustic, Qasidah Lestari, Sanggar Sri Jasmin, Sanggar Smanda, Tari Tradisi Zapin Bagan, Sanggar Tuah Sabah, Tutty Frutty Band.
🔹 Malam Seni dan Opening Festival Bakar Tongkang dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB di Gedung IP Plaza menampilkan artis dari Tionghoa membawakan musik dan lagu khas Tionghoa serta tari Melayu oleh para pelajar Tionghoa dari sanggar asuhan Bapak Sugianto dan Ibu Masni.

🔴 Hari-3: 4 Juli 2023
Lokasi: Jalan Perwira – Klenteng Ink Hock King – Areal Bakar Tongkang

Kegiatan dihadiri oleh:
– Gubernur Riau, Bapak Syamsuar;
– Anggota DPR RI Komisi III, Bapak Arteria Dahlan;
– Bupati Rokan Hilir, Bapak Afrizal Sintong;
– Wakil Bupati Rokan Hilir, Bapak Sulaiman Azhar;
– Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dani Rakca Andalasawan;
– Forkompimda Provinsi Riau;
– Forkompimda Kabupaten Rokan Hiir;
– Ketua Tim Kerja Event Wilayah Sumatera I, Bapak Joko Suharbowo;
– Pengusaha ternama Bagan Siapi-api, Bapak Sugianto.

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹 Persiapan bakar tongkang di Kelenteng Ink Hock King dilaksanakan sejak pukul 13.00 WIB.
🔹 Seremonial pelepasan kirab dimulai dari Klenteng Ink Hock King oleh Gubernur Riau, dilanjutkan arak-arakan replika tongkang diiringi oleh perwakilan anggota kelenteng dan mayarakat Tionghoa dimulai pada pukul 15.30 WIB. Arak-arakan ini disambut meriah seluruh masyarakat Bagan Siapiapi yang memenuhi sepanjang jalan yang dilalui dan juga membagikan minuman kepada para peserta kirab.

🔹Sambutan-sambutan:
▪️Gubernur Riau, Bapak Syamsuar:
– Menyampaikan harapan untuk dapat mendorong kembali pertumbuhan ekonomi kreatif di masyarakat sebagai gerakan nasional.
– Pelaksanaan event Bakar Tongkang diharapkan pada tahun-tahun mendatang dapat meciptakan para pelaku parekraf baru di Kabupaten Rokan Hilir sehingga mendorong ekonomi masyarakat lokal.
– Riau bangga mempunyai event ini sebagai upaya untuk mendorong gerakan Bangga Berwisata di Indoneaia dan Bangga Buatan Indonesia.

▪️Ketua Tim Kerja Event Wilayah Sumatera I, Bapak Joko Suharbowo:
– Menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Pamerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan beserta seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Event Bakar Tongkang.
– Berharap event ini dapat mempromosikan potensi dan mendorong kebangkitan sektor parekraf, menguatkan nilai-nilai toleransi, mempererat persaudaraan & kebersamaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir dan sekitarnya.

▪️Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dani Rakca Andalasawan mewakili Gubernur Riau:
– Bakar Tongkang merupakan sebuah event kearifan lokal yang harus dijaga.
– Apa­rat berkomitmen selalu ber­sama-sama untuk menjaga kearifan lokal yang dapat berpotensi meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat.

▪️ Anggota DPR RI Komisi III, Bapak Ateria Dahlan;
– Apresasi kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir atas terselenggaranya event Bakar Tongkang yang merupakan salah satu budaya terbesar masyarakat Tionghoa yang ada di Provinsi Riau.
– Event ini dapat menarik kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara sehingga harus dijaga kelestariannya dan dapat menjadi cagar budaya di Provinsi Riau.

▪️ Bupati Rokan Hilir, Bapak Afrizal Sintong;
– Bakar Tongkang telah masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di provinsi Riau.
– Event ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan ritual ini setiap tahunnya membuat Kota Bagan Siapi-Api dipenuhi lautan manusia.

🔹Ritual Pembakaran Replika Tongkang
Tamu undangan VIP naik ke atas tongkang terlebih dulu untuk menyapa masyarakat. Setelah turun dari kapal, prosesi pembakaran tongkang bersama masyarakat dimulai. Sesi yang paling ditunggu masyarakat adalah saat jatuhnya tiang tongkang yang dipercaya akan memberi arah datang rejeki, dan tahun ini tiang tongkang jatuh ke mengarah ke laut.
🔹Bagan Culture Festival menutup rangkaian acara menampilkan Kopak Musik Tradisi, Askara Band, Sanggar Bulan Biru, Sanggar Jaya Sri Bestari, Super Market Band, Sanggar Sri Melayu, Omak Band.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🔴 Event Bakar Tongkang telah berlangsung dengan sukses dan lancar. Hal ini terlihat dari antusiasme ribuan pengunjung khususnya masyarakat Tionghoa yang hadir baik domestik maupun mancanegara dikarenakan event ini sudah 3 tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi. Event ini juga merupakan ajang pulang kampung bagi para perantau Tionghoa asal Kabupaten Rokan Hilir.

🔴 Dalam hal aksesilibitas, lokasi penyelenggaraan Bakar Tongkang bisa dijangkau dengan kendaraan dengan jarak tempuh 4-5 jam dari Pekanbaru (via toll hingga Dumai).

🔴 Event Bakar Tongkang yang mengangkat adat tradisi kearifan lokal khususnya kebudayaan Tionghoa dengan ritual adat dan dekorasi khasnya warna warni dengan nuansa warna merah dan emas menjadikannya unik dan khas.

🔴 Koordinasi dengan panitia serta stakeholder terkait berjalan dengan lancar baik sejak persiapan sampai dengan pelaksanaan event.

🔴 Venue acara dipusatkan di Kelenteng Ink Hock King dan IP Plaza yang jaraknya berdekatan. Untuk lokasi Festival Kreatif yg berlokasi di Jalan Perwira, jaraknya cukup dekat dengan venue utama, sehingga memudahkan pengunjung untuk menyaksikan acara dan mengunjungi stand produk-produk kreatif.

🔴 Promosi dan publikasi Bakar Tongkang sudah dilakukan dengan baik melalui promosi media luar ruang seperti pemasangan baliho di beberapa titik strategis baik di pusat Kota Pekanbaru sampai dengan menuju Kabupaten Rokan Hilir.

🔴 Partisipasi masyarakat dari semua kalangan untuk turut serta memeriahkan dan membantu pelaksanaan event ini sudah terlihat sangat baik.

🔴 Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah pengunjung Bakar Tongkang mencapai 67.753 orang selama 3 hari pelaksanaan. Melibatkan 300 pelaku UMKM.
Estimasi perputaran ekonomi dari festival ekraf pada pelaksanaan Bakar Tongkang mencapai Rp 987.700.000,-

🔴 Beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dalam penyelenggaran Bakar Tongkang a.l:
– Melihat dari antusiasme pengunjung yang luar biasa, diharapkan pengaturan keramaian agar lebih diperhatikan dan membuat area masuk dan keluar dengan signage/penanda yang lebih baik
– Kunjugan wisatawan yang melonjak pada saat event ini berlangsung belum didukung dengan ketersediaan akomodasi yang memadai.
– Masih perlunya penguatan storynomic mengenai ritual bakar tongkang yang dapat dikaitkan dengan potensi wisata lainnya di Bagan Siapi-Api seperti wisata sejarah dan wisata kuliner khas Tionghoa diharapkan akan dapat menambah keunikan dan kekhasan dari Kabupaten Rokan Hilir.

Demikian kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi dan tautan berita terkait event.

 

Penampilan Seni Festival Ekraf
Ritual Chia Ti Kong
Suasana Opening Bakar Tongkang
Suasana Kirab Replika Tongkang
Seremonial Sebelum Pembakaran Replika Tongkang
Suasana Pembakaran Replika Tongkang
Pameran Festival Ekraf “Kemilau Bagan”

Tautan Pemberitaan:
1. https://pekanbaru.tribunnews.com/amp/2023/07/04/malam-kesenian-dan-pembukaan-bakar-tongkang-di-rohil-riau-meriah-dipadati-warga-dan-wisatawan
2. https://www.suara.com/partner/content/ungkap/2023/07/05/143831/bupati-sambut-rombongan-tamu-event-ritual-bakar-tongkang-2023
3. https://www.goriau.com/berita/baca/festival-bakar-tongkang-2023-perayaan-tradisi-tionghoa-yang-mengesankan-dan-unik-dari-riau-yang-mendunia.html
4. https://www.cakaplah.com/berita/baca/100041/2023/07/01/meriahkan-bakar-tongkang-festival-ekraf-digelar-3-hari#sthash.jMZ35A1I.dpbs
5. https://www.liputan6.com/regional/read/5335124/mengenal-bakar-tongkang-dan-sejarah-bagansiapiapi-di-riau
6. https://mediacenter.riau.go.id/read/79337/setelah-3-tahun-absen-festival-bakar-tongkang.html
7. https://www.riaueditor.com/detail/Senibudpar/festival-bakar-tongkang-2023-sedot-puluhan-ribu-wisatawan
8. https://www.beritasatu.com/network/goriau/327/festival-bakar-tongkang-riau-2023-berlangsung-menarik-dan-lancar
9. https://riaugreen.com/view/Rohil/84321/Puluhan-Ribu-Masyarakat-Saksikan-Pembakaran-Replika-Kapal-Tongkang.html

Author:

Tinggalkan Balasan