Promosi World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2023 di Event Penang International Halal and Expo (PIHEC) 2023

Kegiatan Partisipasi pada Penang International Halal and Expo (PIHEC) 2023 dalam rangka Promosi World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 23 – 25 Juni 2023 di SETIA Spice Convention Center and Arena, Penang Malaysia.

🔹Dalam rangka memanfaatkan momen keketuaan Indonesia pada ASEAN, Kemenparekraf terus berupaya mendorong meningkatnya penyelenggaraan event MICE di Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan side event ASEAN Summit seperti World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 September di Sumatera Barat. Menindaklanjuti hal tersebut, sebagai upaya untuk mempromosikan event WIES 2023 dan meningkatkan jumlah kehadiran wisatawan internasional pada acara tersebut, maka dilakukan networking dan berpartisipasi pada event Penang Halal International Expo & Conference (PIHEC) 2023.

🔹PIHEC 2023 adalah acara yang berfokus pada rantai pasokan Halal di Asia Tenggara dan mitra dagang kawasan di seluruh dunia. Pameran dagang ini berfokus pada 3 sektor penting yaitu Halal Trade & Travel, Modest Fashion and Halal Tech.

🔹Kemenparekraf menyewa lahan seluas 9 m2 dan memperoleh 9 m2 secara gratis dari panitia PIHEC sehingga total booth 18m2, adapun agenda promosi yang dilakukan yaitu :
1. Menyediakan touchscreen display/monitor yang berisi informasi WIES 2023
2. Untuk buyer : campaign promosi booth WIES 2023 berhadiah produk lokal serta follow up customer via email (special invitation)
3. Untuk seller : dengan menyediakan media promosi seperti brosur, standee/ x-banner (berisi informasi tentang benefit mengikuti WIES 2023) dan display teaser serta testimoni seller pada acara sebelumnya atau influencer
4. Selain itu disediakan spot foto yang bertuliskan WIES 2023, refreshment bagi pengunjung booth dan dibantu oleh 2 orang PIC dari penyelenggara WIES untuk dapat memberikan informasi mengenai WIES serta pertunjukan live musik tradisional Sumatera Barat.

🔹Adapun rangkaian kegiatan adalah sebagai berikut :

✅ Jumat, 23 Juni 2023
Hari ke-1 PIHEC 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari :
1️⃣ Opening Ceremony PIHEC 2023 – Ballroom SPICE Convention Center

  • Welcoming Speech oleh YB Dato’ HJ Abdul Halim Hussain – Penang State Exco for Trade, Industry and Enterpreneur Development & Chairman of Penang Halal International
  • Opening Keynote Speech Address oleh YAB Tuan Chow Kon Yeow – Chief Minister Penang
  • Pembukaan secara resmi dengan kembang api panggung (phyrotechnic)
  • Sambutan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia – Bpk. Sandiaga Salahuddin Uno (Video Tapping)

2️⃣ Pelaksanaan Promosi WIES Hari ke-1:

  • Penyebaran flyer dan brosur WIES
  • Layanan Informasi mengenai WIES oleh panitia WIES dengan menggunakan baju adat Sumbar
  • Pemberian gimmick (souvenir) khas Sumbar kepada pengunjung booth
  • Penyajian lagu tradisional Sumbar diiringi talempong dan suling

3️⃣ Promosi WIES pada Konferensi Sesi ke-3 dengan mengajak kepada para peserta konferensi untuk datang dan ikut pada acara WIES 2023 dan pembagian flyer.

4️⃣ Menghadiri undangan Networking Gala Dinner dari Panitia PIHEC bertempat di Olive Tree Hotel, Penang.

✅ Sabtu, 24 Juni 2023
Hari ke-2 PIHEC 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ Pelaksanaan Promosi WIES Hari ke-2 di booth :
▪️Penyebaran flyer dan brosur WIES
▪️Layanan Informasi mengenai WIES oleh panitia WIES dengan menggunakan baju adat Sumbar
▪️Pemberian gimmick (souvenir) khas Sumbar kepada pengunjung booth
▪️Penyajian lagu tradisional Sumbar diiringi talempong dan suling
2️⃣ Sesi Talkshow Promosi WIES 2023 di Main Stage Arena dengan tema “Explore West Sumatera at World Islamic Entrepreneurship” oleh BPPD WIES 2023
3️⃣ Networking : Discussion On Business Opportunities on Regional Markets diikuti oleh Tim BPPD untuk membangun jejaring dan sekaligus juga promosi WIES 2023;
4️⃣ Memenuhi undangan makan malam dari Konsulat Jenderal RI bersama para peserta expo PIHEC dari Indonesia yaitu dari Kab. Banyumas dan Provinsi Sumatera Selatan.

✅ Minggu, 25 Juni 2023
Hari ke-3 PIHEC 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari :
▪️Penyebaran flyer dan brosur WIES
▪️Layanan Informasi mengenai WIES oleh panitia WIES dengan menggunakan baju adat Sumbar
▪️Pemberian gimmick (souvenir) khas Sumbar kepada pengunjung booth
▪️Penyajian lagu tradisional Sumbar diiringi talempong dan suling

🔹Peserta Expo dari Indonesia
▪️Selain booth Kemenparekraf, terdapat pula sellers Indonesia yang turut berpartisipasi pada PIHEC 2023, yaitu :
1. Pemerintah Kab. Banyumas dengan menjual produk gula kelapa dan Batik ecoprint;
2. Dinas Perdagangan Prov. Sumatera Selatan dengan menjual produk pempek dan kain songket palembang.
▪️Konsulat Jenderal RI di Penang juga turut membuka booth dengan menjual produk makanan dari Sumatera Barat dan produk sarung dari Aceh.

🔹Evaluasi
1. Pelaksanaan promosi pada PIHEC 2023 telah berjalan dengan lancar dan baik.
2. Kami juga telah memanfaatkan kesempatan promosi yang diberikan kepada tim WIES salah satunya dengan mengikuti sesi networking dimana WIES dapat dipromosikan secara khusus dihadapan industri potensial dan mendapatkan respon yang sangat positif.
3. Selama 3 hari pelaksanaan promosi telah diperoleh beberapa potensial exhibitor yang berminat untuk mengikuti pameran pada WIES 2023.
4. Selain itu, diperoleh pula beberapa tokoh yang telah mengajukan bersedia menjadi narasumber pada sesi konferensi di WIES 2023.
5. Secara keseluruhan promosi yang dilakukan dengan mengikuti PIHEC ini kiranya sangat tepat karena membuka kesempatan untuk membangun jejaring dan menciptakan peluang sehingga diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan WIES 2023.

🔹Rekomendasi dan Tindak Lanjut
1. Data potensial baik exhibitor maupun narasumber yang diperoleh saat pelaksanaan partisipasi ini agar segera ditindaklanjuti;
2. Selanjutnya dalam rangka persiapan kegiatan WIES yang pelaksanannya semakin dekat, perlu segera didetailkan dan difinalisasi mulai dari konsep acara, pengisi acara, venue, sponsorship, pembagian tugas tim panitia dan hal penting lainnya.

Sesi Opening Ceremony PIHEC 2023
Kunjungan Perdana Menteri Penang didampingi oleh Chairman Penang Halal International serta kunjungan KJRI Penang
Sesi Promosi lainnya dengan mengikuti Networking, Talkshow, Konferensi dan Penampilan nyanyian dan alat musik tradisional Sumatera Barat
Situasi Booth Promosi WIES 2023 Kemenparekraf
Memenuhi Undangan Makan Malam dari KJRI Penang di Wisma Indonesia Penang
Author:

Tinggalkan Balasan