Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa”

Laporan pelaksanaan pendukungan Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” yang diselenggarakan pada 8-9 Juli 2023 di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum

🔶 Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” merupakan festival kuliner yang diselenggarakan oleh RND Group dan Nuraga Communication berkolaborasi dengan Teh Pucuk Harum dan didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta.
🔶 Festival ini diselenggarakan dengan tujuan mendukung kemajuan industri UMKM bidang kuliner dan menjadi wadah yang tepat untuk para pencinta kuliner agar dapat lebih mengenal keberagaman kuliner di Indonesia, sehingga diharapkan dapat meningkatkan promosi kuliner nusantara sebagai daya tarik di destinasi pariwisata.
🔶 Lebih dari 80 tenan kuliner hadir dalam festival ini yang terbagi menjadi 5 zona, antara lain: Zona Kuliner Legendaris, Zona Jejak Kuliner Jokowi, Zona Pedas, Zona Manis, dan Zona Gurih. Zona Kuliner Legendaris menghadirkan lebih dari 30 tenant terbaik dari berbagai kota di Indonesia seperti Batagor Kingsley Bandung, Keripik Sinjai Cristine Hakim, Pempek Pak Raden, Ikan Mak Beng Sanur, dan Kepiting Dandito Kalimantan. Zona Jejak Kuliner Jokowi terdiri dari 10 tenant kuliner asli Solo yang merupakan kuliner langganan Presiden Joko Widodo: Lenjongan, Lekker Gajahan, Sate Kere Yu Rebi, Es Dawet Yu Dermi, Tengkleng Bu Edi, Tahu Kupat Sido Mampir, Nasi Liwet Wongso Lemu, Gudeg Mbak Yus, Serabi Notosuman, dan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel.
🔶 Selain stan kuliner, juga terdapat Dapur Nasi Nusantara berupa instalasi pawon yang menarik yang menyediakan kebutuhan nasi yang dimasak secara tradisional. Festival Kuliner Legendaris ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik oleh para musisi di panggung utama, antara lain: Mrasuk, Takitoru, Aubrey, NDX AKA, Diskoplo, Pecas Ndahe, dan Zara Leola.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🔴 Hari Pertama, 8 Juli 2023

🔶 Pembukaan Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” pada pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh:
1. Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Bapak Aryo Widyandoko;
2. Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta, Ibu Wahyu Kristina;
3. Regional Sales Promotion Head PT Mayora Indah Tbk., Bapak Johannes.

🔶 Penampilan Tari Gambyong

🔶 Sambutan Regional Sales Promotion Head PT Mayora Indah Tbk., Bapak Johannes:
– Penyelenggaraan Festival Kuliner Legendaris ini merupakan bentuk komitmen Teh Pucuk Harum untuk mendukung promosi UMKM dan memajukan kuliner Indonesia.
– Melalui festival ini, diharapkan UMKM dapat meningkat dan para foodies/pecinta kuliner serta masyarakat luas dapat semakin mengenal budaya nusantara melalui kuliner.
– Selain 80 stan kuliner di 5 zona, pengunjung juga dapat menikmati penampilan musik dari artis lokal dan nasional, serta mengikuti aktivitas dan perlombaan yang menarik, seperti spicy noodle contest, makan kuliner khas Solo gratis, dan vote tenan terbaik.

🔶 Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Bapak Aryo Widyandoko:
– Saat ini Kota Solo merupakan salah satu dari 20 destinasi wisata kuliner di Indonesia, diharapkan event besar seperti Festival Kuliner Legendaris dapat memberikan dukungan kepada UMKM kuliner agar terus berkembang dan dikenal oleh masyarakat.
– Apresiasi kepada penyelenggara atas komitmen dalam mendukung UMKM bidang kuliner di Indonesia, khususnya di wilayah Kota Solo dan sekitarnya, serta atas kolaborasi dalam menyelenggarakan Festival Kuliner Legendaris sehingga acara ini dapat dikemas lebih kekinian dan menarik, sesuai dengan gaya generasi muda saat ini.
– Adanya event ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan UMKM dan daya tarik wisata Kota Solo.

🔶 Pembukaan Festival Kuliner Legendaris oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta ditandai dengan pemukulan gong, didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta, Regional Sales Manager PT Mayora Indah Tbk., serta perwakilan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf.

🔶 Open gate pada pukul 10.30 WIB, diawali oleh para tamu undangan mengunjungi stan kuliner.
🔶 Spicy King Noodle Contest yang diikuti oleh para pengunjung.
🔶 Bagi-bagi Camilan Khas Solo kepada para pengunjung.
🔶 Penampilan Musik Band Takitoru dan Aubrey.
🔶 Pembagian Doorprize
🔶 Penampilan Pecas Ndahe dan Diskoplo hingga pukul 22.00 WIB.

🔴 Hari Kedua, 9 Juli 2023

🔶 Open gate pada pukul 08.00 WIB.
🔶 Spicy King Noodle Contest yang diikuti oleh para pengunjung.
🔶 Bagi-bagi Camilan Khas Solo kepada para pengunjung
🔶 Penampilan Musik NDX AKA da Musik Mrasuk.
🔶 Pembagian Doorprize
🔶 Penampilan Zara Leola menutup seluruh rangkaian kegiatan pada pukul 22.00 WIB.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan

🔶 Penyelenggaraan Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” bertujuan mendukung UMKM dan memperkenalkan budaya nusantara melalui kuliner.
🔶 Event ini menghadirkan 80 stan kuliner yang terbagi menjadi Zona Kuliner Legendaris, Zona Jejak Kuliner Jokowi, Zona Pedas, Zona Manis, dan Zona Gurih dan menarik lebih dari 10.000 pengunjung dalam 2 hari yang berasal dari Kota Surakarta dan sekitarnya, seperti Boyolali, Sragen, Karanganyar, dan Semarang.
🔶 Promosi event sudah cukup baik, di mana terdapat baliho dan spanduk event di beberapa titik strategis di Kota Surakarta dan event sudah memiliki akun media sosial khusus. Penyelenggara event komunikatif dan responsif.
🔶 Secara umum, Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” telah terselenggara dengan baik, sesuai dengan jadwal, dan mencapai target jumlah pengunjung. Akses menuju lokasi mudah, amenitas sudah lengkap, dan mampu memberikan atraksi yang menarik pengunjung.
🔶 Dekorasi panggung utama dapat ditingkatkan dengan menampilkan kearifan lokal, seperti pada rangka besi rigging dapat ditutup dengan kain/dekorasi yang menampilkan kekhasan Kota Surakarta.
🔶 Mitigasi risiko sudah sangat baik dengan tersedianya posko kesehatan, ambulance, pemadam kebakaran, prosedur evakuasi darurat, kolaborasi dengan kepolisian, TNI, dan petugas keamanan, serta video imbauan terkait keselamatan yang ditayangkan secara berkala.
🔶 Protokol CHSE sudah baik dengan menyediakan toilet portable dan tempat cuci tangan di beberapa titik. Petugas kebersihan juga melakukan pengumpulan sampah secara berkala, namun demikian perlu adanya upaya meningkatkan kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan lokasi dan tidak membuang sampah sembarangan misalnya melalui imbauan oleh MC maupun penayangan video.

 

Penampilan tari Gambyong, sambutan-sambutan, dan pemukulan Gong menandai pembukaan Festival Kuliner Legendaris

 

Dapur Nasi Nusantara yang menyediakan kebutuhan nasi selama festival berlangsung

 

Stan Kuliner Legendaris

 

Stan Jejak Kuliner Jokowi

 

Spicy King Noodle Contest, pembagian hadiah, dan kuliner khas Solo gratis

 

Penampilan musik dan suasana pengunjung

 

Fasilitas pelayanan dan mitigasi
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan