Festival Budaya Isen Mulang 2023

Laporan kegiatan pendukungan event Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 yang merupakan salah satu event Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 27 Mei 2023, di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Gambaran Umum
• Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023 merupakan kegiatan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalteng. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni “The Beauty of Diversity” atau ‘Keindahan dalam Keberagaman’.
• Peserta yang ikut berpartisipasi dalam Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023, terdiri dari perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng, InstansiVertikal, perguruan tinggi, Polri, Perbankan, BUMN, BUMD, dan organisasi kemasyarakatan se-Kalteng.
• FBIM 2023 dilaksanakan selama 6 hari, mulai sejak tanggal 22 sampai dengan 27 Mei 2023, dengan menggunakan beberapa lokasi yaitu: GOR Serba Guna, Halaman Stadion Tuah Pahoe, Aula Jayang Tingang, Dermaga Flamboyan, dan Areal Bawah Jembatan Kahayan.

Rangkaian event FBIM 2023, antara lain:
1. Acara Pembukaan
2. Festival Kuliner Nusantara dan bazaar UMKM
3. Karnaval Budaya
4. Berbagai jenis lomba, yaitu: perahu hias, tari pesisir, tari pedalaman, fotografi, videografi, lagu daerah, jukung tradisional, panginan sukup simpan, malamang, habayang, sepak sawut, balogo, lawang sakepeng, manyipet, maneweng, manetek, manyila kayu, besei kambe, mangaruhi, mangenta, karungut, dan lomba-lomba lain.
5. Pemilihan Jagau & Bawi Pariwisata 2023
6. Acara Penutupan

Hari 1
🔴 Acara Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023
Senin, 22 Mei 2023, 20.00 – 23.00 WIB, di lapangan GOR Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Km. 5 Palangka Raya

Dihadiri oleh, antara lain:
1. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran didampingi istri yang adalah Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran
2. Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo didampingi istri Hj Nunu Adriani Edy Pratowo
3. Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran yang juga merupakan ketua DAD Provinsi Kalteng
4. Staf Ahli Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif bidang Manajemen Krisis, Bapak Fadjar Hutomo
5. Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyanto
6. Forkopimda Provinsi Kalteng, serta Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Provinsi Kalteng
7. Bupati/Wali Kota se-Kalteng
8. Sesepuh, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Budaya, Tokoh Masyarakat, Cendekiawan, Seniman, dll
9. Serta masyarakat

🔸️ Defile peserta FBIM 2023 dari Kabupaten Kota seKalimantan Tengah.
🔸️ Tarian Dadas Bawo oleh 600 siswa-siswi sePalangkaraya, yang berhasil memecahkan rekor MURI
Tarian Dadas Bawo sendiri merupakan tarian khas Kalimantan Tengah yang berasal dari Suku Dayak di wilayah Daerah Aliran Sungai (Das) Barito. Pada awalnya, tarian ini digunakan sebagai ritual pengobatan, tetapi seiring perkembangan zaman kerap dipentaskan sebagai kesenian di berbagai festival kebudayaan.

🔸️ Laporan Sekda Prov. Kalteng, Bapak Drs. H. Nuryakin, M.Si.

🔸️ Sambutan Kemenparekraf, yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Bidang Manajemen Krisis, Bapak Fadjar Hutomo, antara lain menyampaikan hal berikut:
– Apresiasi kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang menyelenggarakan kembali Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 tahun ini. Serta selamat Prov. Kalteng yang 2 eventnya masuk dalam KEN 2023, yaitu: FBIM & Festival Babukung.
– Arahan Presiden mengenai upaya pembangunan Parekraf melalui event untuk mendatangkan wisatawan, memperluas lapangan kerja, dan meningkatkan perekonomian.
– Selamat menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke 66, pada tanggal 23 Mei 2023.

🔸️ Sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran diwakili dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, karena kondisi Gubernur Kalteng yang masih dalam masa pemulihan pasca operasi. Antara lain menyampaikan hal berikut:
– FBIM merupakan ajang kreativitas yang menghadirkan ragam inovasi dan kreasi bagi para pelaku seni serta budaya dalam mengekspresikan karya-karya seni daerah. Serta menggabungkan unsur tradisional, kearifan lokal, dan seni modern.
– Disamping itu juga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat untuk mempromosikan pesona pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah kepada masyarakat luas.
– Event ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang puncak pelaksanaannya akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.
– Semangat kebersamaan yang dihasilkan dari Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Kuliner Nusantara ini diharapkan dapat menggambarkan manifestasi semangat dari para leluhur kepada para generasi penerus. Kita jadikan Festival Budaya Isen Mulang sebagai momentum bangkitnya perekonomian sektor wisata di Kalimantan Tengah untuk pemulihan ekonomi nasional.

🔸️ Pembukaan secara resmi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Tahun 2023 ditandai dengan penabuhan Katambung, alat musik tradisional Dayak, oleh Gubernur, Wagub, & tamu VIP.
🔸️ Penyerahan piagam MURI yang diterima oleh Gubernur Kalteng.
🔸️ Penampilan hiburan, antara lain: Grup Tari Hadrah “Intan Manuah”, grup musik “El Corona”, dan artis nasional Budi Doremi.

Live streaming acara pembukaan FBIMN 2023 di akun youtube PARIWISATA KALTENG: https://www.youtube.com/live/zUKU-YHuUcg?feature=share

Hari 2
🟡 Lomba perahu hias
Diselenggarakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023, pukul 13.00 – 13.30 WIB di Sungai Kahayan/Dermaga Flamboyan, dengan tema ornamen Dayak. Peserta lomba ini diikuti oleh beberapa Kabupaten & Kota dan OPD di Provinsi Kalimantan Tengah.

🟡 Lomba Sepak Sawut
Diselenggarakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023, di lapangan GOR Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Km. 5 Palangka Raya. Sepak Sawut adalah olahraga tradisional yang semacam sepak bola/futsal (peserta 5 orang/tim) dengan media bola diganti dengan kelapa kering yang dibakar dan apinya berkobar selama digunakan dalam pertandingan. Peserta lomba ini diikuti oleh Kabupaten & Kota seKalimantan Tengah.

Hari 3
🟢 Karnaval Budaya
Rabu, 24 Mei 2023, 10.00 WIB, di sepanjang jalan Yos Sudarso

Sambutan diwakili/dibacakan oleh Wagub Kalteng
Pelepasan peserta karnaval oleh Gubernur Kalteng
Peserta lomba ini diikuti oleh Kabupaten & Kota, serta OPD, instansi, Sekolah/Perguruan Tinggi, dan komunitas di Provinsi Kalimantan Tengah.

EVALUASI & KESIMPULAN
1) Koordinasi teknis dengan Penyelenggara Event FBIM 2023, Dibudpar Prov. Kalteng masih perlu ditingkatkan. Koordinasi cukup lancar selama persiapan, namun kurang cepat dalam penyiapan materi. Kemudian semakin dekat penyelenggaraan dan selama penyelenggaraan semakin sulit dihubungi, sehingga sulit menyampaikan saran perbaikan ataupun permintaan informasi untuk memperlancar kegiatan tidak memdapat mendapat respon.
2) Pelaksanaan Acara (Kesesuaian Konsep, Konsistensi Pelaksanaan, Operasional dan Mitigasi) masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Antar lain sebagai berikut:
• Mitigasi cukup baik dengan adanya petugas keamanan (Polisi dan Satpol PP) serta tenaga medis yang tersedia di venue.
• Terjadi beberapa kali masalah teknis, letupan-letupan sound system, sempat matinya 2 LED di samping panggung utama saat acara pembukaan, juga ada TV monitor di area tamu undangan yang tidak berfungsi.
• Dimulai tidak tepat waktu. Acara pembukaan mundur 1 jam dari waktu undangan, dari jam 19.00 WIB menjadi jam 20.00 WIB karena menunggu kedatangan Gubernur Kalteng. Sedangkan Karnaval Budaya mundur 2 jam dari waktu undangan, dari jam 08.00 WIB menjadi jam 10.00 WIB karena menunggu kedatangan Gubernur Kalteng yang harus melantik Pejabat Bupati 2 kabupaten di Kalteng.
• Pencahayaan acara malam hari kurang. Ada beberapa media juga menyampaikan masalah pencahayaan, sehingga sulit mendapat visual bagus untuk liputan berita maupun dokumentasi.
• Pengelolaan sampah kurang baik. Sampah berserakan di lokasi event, khususnya di GOR Serbaguna bahkan sampai siang esok harinya masih belum tertangani.
3) Inovasi dan Kreatifitas (Dekorasi, Konten, Venue, Bedanya dengan acara sebelumnya) ada, antara lain:
• Venue utama GOR Serbaguna cukup layak dan luas, mampu menampung tari massal dan banyaknya pengunjung, sekaligus menjadi venue pasar malam rakyat, festival kuliner & bazaar, juga tempat pelaksanaam beberapa lomba. Namun kurang memilki daya taril wisata.
• Jarak panggung dengan tempat tamu undangan terlalu jauh. Sehingga kurang nyaman untuk menonton penampilan yang ada di panggung.
• Ada inovasi dengan pemecahan rekor MURI Tarian Dadas Bawo
• Konten Budaya ada, berupa penampilan Kesenian Tradisional, lomba-lomba Permainan dan Olah Raga Tradisional
• Ada penggunaan dekorasi kelokalan. Antara lain terlihat pada desain welcome gate, photobooth, desain panggung, dll. Tamu undangan seremonial yang banyak menggunakan batik lokal, ikat kepala adat, maupun baju adat (keterangan dress code diinformasikan pada undangan). Serta penanda peresmian menggunakan alat musik tradisional.
• Adanya penampilan artis lokal dan nasional yang menarik minat masyarakat untuk berkunjung.
4) Amenitas dan Aksesibilitas baik, karena diselenggarakan di pusat kota/Ibukota Provinsi. Akomodasi di Kota Palangkaraya juga layak dan mencukupi. Akses jalan baik dan lancar (minim kemacetan), serta tidak terlalu jauh dari Bandara.
5) Ada Partisipasi UMKM dalam festival kuliner, selain ada bazaar makanan, juga ada stand kerajinan lokal, namun kurang sukses menarik minat masyarakat. Lebih ramai di area Pasar Malam Rakyat.

 

Hari 1 Acara Pembukaan FBIM 2023 – defile Kab/Kota, sambutan, peresmian, penyerahan piagam rekor MURI

 

Hari 1 Acara Pembukaan FBIM 2023 – tari massal Dadas Bawo, berbagai penampilan, Festival Kuliner & Bazaar

 

Hari 2 Lomba Perahu Hias

 

Hari 2 Lomba Sepak Sawut

 

Hari 3 Karnaval Budaya
Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan