Ramadhan Jazz Festival 2023

Kegiatan Ramadhan Jazz Festival 2023 diselenggarakan pada tanggal 7 & 8 April 2023 di Plataran Masjid Cut Meutia.

 

1️⃣ Pengurus Remaja Masjid Cut Meutia (RICMA) hendak berdakwah melalui seni dengan mengadakan acara tahunan “12th Ramadhan Jazz Festival” yaitu acara hiburan musik bernafaskan Islam dengan tema “Harmony Our Culture” untuk mengajak seluruh pemuda pemudi dan masyarakat datang ke Masjid mendukung program persatuan Indonesia.

2️⃣ Selama 11 tahun Ramadhan Jazz Festival diselenggarakan, kali ini hadir kembali untuk menjadi jembatan bagi sekelompok Orang dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang kurang diperhatikan di masyarakat. Maka Ramadhan Jazz Festival ingin memberikan rasa kasih dan kehidupan yang lebih layak kepada teman – teman ODGJ dengan 100% keuntungan dari penjualan tiket akan didonasikan sesuai dengan rangkaian program charity yang telah dibentuk.

3️⃣ 12th Ramadhan Jazz Festival dihadiri oleh:
▪ 7 April 2023 (Day 1)
– Bapak Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf)
– Bapak Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang)
– Ibu Dessy Ruhaty (Direktur Event Nasional dan Internasional, Kemenparekraf)
– Bapak Itok Parikesit (Direktur Minat Khusus, Kemenparekraf)
– Bapak Benny Suprihartadi (Ketua Yayasan Masjid Cut Meutia)
– Bapak M. Ashraf Ali (Sekretaris Jenderal Yayasan Masjid Cut Meutia)
– Bapak Wiyono Iman Santoso (Ketua Ramadhan Masjid Cut Meutia)
– Sdr. Muhammad Hussein (Ketua RICMA)
– Sdr. Muhamad Fathuroziq (Ketua Ramadhan Jazz Festival)

▪ 8 April 2023 (Day 2):
– Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menko PMK)
– Letjen TNI Maruli Simanjuntak (Pangkostrat)
– Emily Yasmin Norris (Cultural Attache of the US Embassy in Jakarta)

4️⃣ Ramadhan Jazz Festival ke-12 ini dilaksanakan secara hybrid yang ditayangkan di Instagram dan Youtube Ramadhan Jazz Festival. Kegiatan diawali dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia dan dilanjutkan dengan beberapa sambutan, antara lain:

▪ Sambutan dari Sdr. Muhamad Fathuroziq (Ketua Ramadhan Jazz Festival), pada sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kemenparerkaf yang telah suport Ramadhan Jazz tahun ini. Ramadhan Jazz 2023 mengangkat tema “Harmony Our Culture” yang dipilih dengan harapan kita bisa mempertahankan keharmonisan dan kebudayaan yang kita miliki sebagai bangsa indonesia harus mampu menjaga kebersamaan dan kerukunan antar suku, agama dan budaya. Tahun ini Ramadhan Jazz bekerjasama dengan Yayasan Jamrud Biru dalam melakukan social activity untuk teman-teman ODGJ agar dapat memberikan kasih dan kehidupan yang layak.

▪ Sambutan dari Sdr. Muhammad Hussein (Ketua RICMA), pada sambutannya mengucapkan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan di Indonesia, dalam hal segi seni, budaya, politik. Ramadhan Jazz Festival yang ke 12 selalu memberikan yang terbaik yang mana melahirkan pengunjung – pengunjung dari kaum milenial yang memberikan dampak ekonomi terhadap suatu event.

▪ Sambutan dari Bapak Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf), pada sambutannya mengucapkan aparesiasi kepada penyelenggara Ramadhan Jazz yang sudah menjadi kegiatan sesuai dengan semangat kita yaitu Harmony Our Culture, dan ini adalah keharmonisan dan kerukunan umat beragama di bulan suci Ramadhan. Menparekraf sangat mengapresiasi karena generasi muda di Ramadhan Jazz, agent of change yaitu memikirkan bagaimana berkiblat ke barat bukan hanya ke timur. Semoga sub sektor musik yang menjadi ekonomi kreatif bisa meningkatkan persartuan kita untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

5️⃣ Ramadhan Jazz Festival 2023 menundang beberapa band dan penyanyi papan atas, diantaranya:

▪Day 1 (7 April 2023)
Maliq & D’Essentials, Nadin Amizah, Gerry Gany, Alfie Alfandy, Barry Likumahawa Jazz Connection, Rizky Febian.

▪Day 2 (8 April 2023)
Lantun Orchestra, Lalahuta, Gugun Blues Shelter, Deredia, Ecoutes, Teeddy Adhitya,Mahalini

6️⃣ Terdapat beberapa aktivitas di 12th Ramadhan Jazz Festival
– Food & Beveragee tenant
– Partner booth
– Photo booth & Art installation
– Fan Art Exhibition
– Donastion booth

🔘 Kesimpulan dan Evaluasi
1. 12th Ramadhan Jazz Festival telah terlaksana dengan lancar dan meriah. Komunikasi dan koordinasi dengan penyelenggara selama persiapan juga berjalan dengan baik. Dari sisi konsep acara dan rundown pelaksanaan konsisten dengan perencanaan.

2. Penanganan teknis acara dan crowd menagementnya sudah sangat baik mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar serta jumlah penonton tidak melebih kapasitas lokasi kegiatan.

3. Kebersihan disekitar area event juga terjaga dengan baik, karena tim Ramadahan Jazz telah memberikan beberapa titik plastik sampah di area event.

4. Kurang ketatnya pemeriksaan barang bawaan penonton masuk sehingga penonton dapat membawa barang-barang yang tidak diinginkan, serta kurangnya tenaga medis yang dikerahkan mengingat jumlah penonton yang cukup banyak.

5. Data statistik selama kegiatan berlangsung;
– Tiket Terjual: 1.634 tiket
– Ambulance : 1 mobil
– Tenaga Medis : 2 org
– Volunteer : 95 personil
– UMKM : 15 (food & Fashion)
– Estimasi perputaran ekonomi: >Rp. 200.000.000

 

Tinggalkan Balasan