Bimbingan Teknis Penyusunan SPIP Tahun Anggaran 2023

Bimbingan Teknis Penyusunan SPIP Tahun Anggaran 2023 telah dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Maret 2023 di Hotel Grand Savero, Bogor, Jawa Barat.

1️⃣ Kegiatan ini bertujuan untuk :
πŸ‘‰ Memberikan informasi dan pemahaman mengenai peraturan terkait SPIP dan tata cara penyusunan RTP bagi pegawai Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)

πŸ‘‰ Bimbingan Teknis Penyusunan SPIP berkontribusi terhadap penilaian reformasi birokrasi di lingkungan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)

πŸ‘‰ Ajang diskusi penyusunan dan pengisian matriks Rencana Tindak Pengendalian SPIP

2️⃣ Peserta kegiatan berjumlah 40 orang yang terdiri dari:
a. Biro Perencanaan dan Keuangan
b. Direktorat Wisata Minat Khusus
c. Direktorat Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran
d. Direktorat Event Nasional dan Internasional
e. Direktorat Event Daerah
f. Sekretariat Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)

3️⃣ Kegiatan ini menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber yaitu :

πŸ‘‰ Bapak Sumarno – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
πŸ‘‰ Bapak Riza Faisal – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
πŸ‘‰ Bapak Ade Muksin – Inspektorat Utama

4️⃣ Acara ini dibuka dengan laporan kegiatan oleh Bapak Edy Wardoyo, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Bapak Vincentius Jemadu selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) secara daring dengan poin – poin sebagai berikut :

πŸ‘‰ Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, menteri / pimpinan lembaga wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

πŸ‘‰Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) didefinisikan sebagai proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi. Untuk itu, diperlukan suatu Rencana Tindak Pengendalian (RTP) yang akan menjadi penentu arah penyelenggaraan SPIP yang terintegrasi dalam setiap aktivitas dan kegiatan

πŸ‘‰ Penyusunan penilaian maturitas SPIP dan penyusunan RTP yang bertujuan untuk pelaksanaan kegiatan di lingkungan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) dapat berjalan secara efektif dan efisien. Beliau juga menyampaikan harapannya kepada para peserta agar dapat menyerap ilmu dan wawasan yang kedepannya dapat diimplementasikan dalam tugas keseharian, khususnya dalam pelaksanaan SPIP TA 2023.

5️⃣ Adapun poin – poin materi yang disampaikan narasumber sebagai berikut :
a. Penyusunan SPIP Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) untuk tahun 2023 perlu ditingkatkan maturitasnya pada level strategis yakni pada unit kedeputian.

b. Terdapat 2 sasaran strategis Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), yaitu :
1. Meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara minat khusus dan bisnis
2. Meningkatnya perjalanan wisatawan nusantara

c. Dasar hukum penyelenggaraan SPIP :
1. UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara
2. PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

d. Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, menteri/pimpinan lembaga, gubernur, dan bupati/walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. Dalam hal ini termasuk Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events).

e. Unsur-unsur SPIP, yaitu :
1. Lingkungan Pengendalian
2. Penilaian Resiko
3. Kegiatan Pengendalian
4. Informasi dan Komunikasi
5. Pemantuan Pengendalian Internal

f. Definisi dan komponen resiko

g. Definisi dan manfaat manajemen resiko

h. Infrastuktur manajemen resiko

i. Alur proses manajemen resiko

j. Penjelasan mengenai Aplikasi Risk Management Information System (RMIS) yang bermanfaat untuk membantu pengimplementasian manajemen risiko pemerintah di Indonesia

6️⃣ Para peserta kegiatan melakukan diskusi dan tanya jawab terkait penyusunan SPIP dan RTP TA.2023, dan kemudian dilanjut dengan pembahasan penyusunan RTP masing – masing direktorat.

 

Tinggalkan Balasan