BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) FEST Kreasi Kuliner Kabupaten Minahasa

Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) FEST (Festival) dengan tema “Kreasi Kuliner Kabupaten Minahasa” dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Maret 2023 di Taman SHS Perlimaan Kawangkoan Tompaso, Kabupaten Minahasa

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama kemitraan antara Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan Komisi X DPR RI

✳️ Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Ibu Vanda Sarundajang SS – Anggota Komisi X DPR RI;
2. Bapak Drs. Dolfie Kuron, MBA -Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa;
3. Bapak Ferry Paath, Executive Chef Novotel Manado;
4. Ibu Rosalin Petrina Kristianti – Ketua Tim Kerja Event Wilayah Bali dan Nusra, Kemenparekraf RI;
5. Bapak Stefri Vendra Pandey ST – Camat Tompaso Barat;
6. Para Peserta Kegiatan BISA FEST.

✳️ Rangkaian Kegiatan:
1️⃣ Kegiatan diawali dengan registrasi peserta dan tamu undangan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa.

2️⃣ Sambutan dan arahan, sebagai berikut:
1. Bapak Drs. Dolfie Kuron, MBA., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, menyampaikan kegiatan seperti ini sangat diperlukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pembangunan lewat sektor kepariwisataan karena ini merupakan bagian internal dari Pembangunan Nasional yang dilaksanakan dalam rangka pembangunan masyarakat yang berkualitas untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
Pelaksanaan BISA Fest merupakan langkah lebih maju dalam meningkatkan dan mengedepankan pemberdayaan pelaku pariwisata ekonomi kreatif untuk meningkatkan kualitas ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mendukung dan menunjang pengembangan parekraf yang lebih maju.

2. Ibu Rosalin Petrina Kristianti, Ketua Tim Kerja Event Wilayah Bali dan Nusra, Kemenparekraf, menyampaikan Program BISA FEST ini merupakan kegiatan pemberdayaan pelaku parekraf yang produktif yang dikemas dalam bentuk festival dengan tujuan meningkatkan kualitas ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka menunjang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang berlanjutkan. Kemenparekraf telah mengimplementasikan 3 (tiga) aspek dalam menghadapi megashift (perubahan besar) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi, salah satu inovasi yaitu dengan memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk kreatif, khususnya produk kuliner di kabupaten Minahasa.

4. Ibu Vanda Sarundajang SS – Anggota Komisi X DPR RI, memberikan sambutan sekaligus membuka acara, beliau menyampaikan BISA Fest ini merupakan salah satu upaya untuk bangkit lebih cepat dari keterpurukan semasa pandemi.
Beliau menuturkan dalam Perencanaan Pengembangan Pembangunan Industri Pariwisata harus terpenuhi 3 aspek yang sering disebut dengan 3A yaitu Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas. Atraksi yang ada bukan sekedar tari – tarian atau musik melainkan kebudayaan, pemandangan alam dan kuliner. Banyak wisatawan yang datang ke suatu tempat untuk memanjakan lidahnya sehingga kuliner menjadi salah satu atraksi yang sangat diminati. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memajukan salah satu sub sektor unggulan (kuliner), sehingga para wisatawan yang datang berkunjung dapat menceritakan pengalaman dan apresiasi pada kuliner di Kabupaten Minahasa khususnya Kawangkoan yang beragam dan memiliki nilai jual kepada teman atau kerabatnya sehingga akan mendatangkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung.

3️⃣ Penyerahan Cinderamata dari Kemenparekraf kepada dan Anggota Komisi X DPR RI, Kadisbudpar Kabupaten Minahasa dan Executive Chef Novotel Manado, serta penyerahan piagam penghargaan kepada para perwakilan UMKM yang dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta BISA Fest.

4️⃣ Pelaksanaan demo masak 4 UMKM kuliner di Minahasa, yg memperkenalkan makanan tradisional dan camilan khas Minahasa antara lain : Ayam Tuturuga, Cakalang Bumbu Tikus, Tinutuan, Perkedel Nike, dan Perkedel Jagung, serta perkenalan produk camilan seperti Kacang Batik, Kacang Goyang, Kolombeng, Biapong, dan Panada oleh para pelaku UMKM, dilanjutkan dengan edukasi dasar tentang CHSE produk kuliner, rangkaian penyajian makanan dari pemilihan bahan hingga penyajian yang berstandar dan sehat serta pengemasan produk olahan dengan menyertakan komposisi yang lengkap oleh Bapak Ferry Paath, Executive Chef Novotel Manado.

5️⃣ Talkshow dan tanya jawab peserta dengan para narasumber

6️⃣ Penutupan

 

Tinggalkan Balasan