Musyawarah Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Se-Nusantara 2023

Musyawarah Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Se-Nusantara 2023 dilaksanakan pada Rabu-Jumat, 15-18 Maret 2023 di Auditorium Universitas Islam Makassar.

Mukernas merupakan ajang musyawarah tertinggi bagi mahasiswa/i yang tergabung dalam PTNU. NU adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yang berdiri selama 90 tahun. NU memiliki 548 perguruan tinggi berisikan ratusan ribu mahasiswa/i yang tersebar di seluruh Indonesia. Mukernas tahun ini mengusung tema Soliditas Mahasiswa Menangkal Gerakan Radikalisme dan Politik Identitas dalam Menyambut Tahun Politik Merawat Perdamaian NKRI.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh:
1. Rektor UIM A. Majdah M. Zain
2. Perwakilan Walikota Makassar
3. Perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan
4. Perwakilan Komando Daerah Militer Sulawesi Selatan
5. Perwakilan Pengurus Besar NU
6. Sekitar 300 orang undangan perwakilan BEM PTNU Se-Nusantara

Dalam seremoni pembukaan, Menparekraf Sandiaga Uno turut memberikan sambutan melalui rekaman video. Dalam sambutan, beliau menyampaikan apresiasi terhadap peran PTNU terhadap pendidikan Indonesia dan mendoakan kelancaran Mukernas tahun ini. Sementara rektor UIM Ibu A. Majdah menyampaikan apresiasi terhadap peran mahasiswa/i bagi pendidikan serta pembangunan bangsa. Beliau berharap mahasiswa/i PTNU semakin cerdas, kritis, dan aktif dalam menjawab isu-isu di Indonesia yang membutuhkan peran pemuda.

Kemenparekraf mendukung pelaksanaan kegiatan Mukernas BEM PTNU Se-Nusantara 2023 berdasarkan dari hasil audensi dengan Menparekraf. Bentuk dukungan materi disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yaitu berupa suvenir kepada peserta.

Mukernas BEM PTNU Se-Nusantara memilik tiga agenda utama yaitu:

1️⃣ Seminar Nasional, membahas (a) Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Guna Menangkal Gerakan Radikalisme dan Politik Identitas di Indonesia, dan (b) Strategi dan Taktik Jitu Bagi Mahasiswa dalam Menghadapi Resesi dan Ketidakpastian Ekonomi Dunia;

2️⃣ Sidang Pleno, membahas tata tertib Mukernas dilanjutkan penetapan Program Kerja Nasional BEM PTNU Se-Nusantara;

3️⃣ Field Trip ke destinasi wisata religi dan geopark di Makassar.

 

Pembukaan Mukernas yg diawali menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, doa bersama, tarian tradisional Sulawesi Selatan, dan pemukulan rebana tanda resmi dibukanya Mukernas

Sambutan dari Rektor UIM, Perwakilan dari Pemprov Sulawesi Selatan, dan Menparekraf Sandiaga Uno

Suasana Mukernas BEM PTNU Se-Nusantara 2023

 

Tinggalkan Balasan