Asia Incentives and Meetings Event (AIME) 2023

Asia Incentives and Meetings Event (AIME) 2023 telah dilaksanakan pada 13-15 Februari 2023.

◼️AIME 2023 merupakan pameran B to B MICE terbesar di Australia yang telah berjalan selama 30 tahun. Pameran ini mendatangkan sekitar 400 buyers dari wilayah Australia dan negara lainnya terdiri dari PCO, Event / Meeting Planner, Exhibition Organizer, DMC, Tour Operator, Hotel, Incentive Agency, Venue Finding Agency, Corporation, Trade Association dan Event Management Agency.

◼️Kemenparekraf menyewa lahan seluas 27 m2, dengan memfasilitasi 6 industri pariwisata Indonesia, sebagai berikut:
1.Balai Sidang Jakarta Convention Center – Jakarta
2.Asia Bespoke Tours (DMC) – Yogyakarta
3.Hyatt Regency (Hotels/Resort) – Bali
4.Potato Head (Hotels/Resorts) – Bali
5.Melali Bali DMC (DMC) – Bali
6.PT.Bintan Resort Cakrawala (DMO) – Bintan, Kepri

◼️Adapun rangkaian kegiatan adalah sebagai berikut:

✅ Senin, 13 Februari 2023
A. Courtesy Call KJRI Melbourne
Delegasi Kemenparekraf melakukan courtesy call dengan KJRI Melbourne dan diterima oleh Bpk Kuncoro Waseso beserta tim fungsi ekonomi.

Direktur MICE dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Kemenparekraf kembali berpartisipasi dalam AIME 2023 setelah 2 tahun absen dikarenakan pandemi covid 19. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran tersebut diharapkan dapat mendorong kunjungan wisatawan bisnis Australia ke Indonesia, khususnya incentive trip.

Adapun Konjen RI menyampaikan bahwasanya KJRI Melbourne selalu siap mendukung pelaksanaan kegiatan yang diadakan di wilayah kerjanya dan bekerjasama dengan stakeholders di Indonesia.

B. Senin, 13 Februari;
Hari ke-1 AIME 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ Registrasi exhibitors, buyers dan media
2️⃣ Opening & Welcome Event
3️⃣ Knowledge Program
Kegiatan ini merupakan kegiatan seminar bersama dengan Asosiasi MICE, salah satunya ICCA. Mengambil tema “Association Meeting Needs”, seminar diadakan dalam bentuk interaktif survey dan diskusi bersama dengan para expert dibidangnya.

Dalam seminar tersebut disampaikan bahwa salah satu key factor yang mempengaruhi keputusan klien/asosiasi ketika memilih destinasi/venue/service pertama kali adalah Destination Appeal (22%), berikutnya adalah subvention/monetary fund yang ditawarkan (20%), kemudian diikuti dengan venue facilities (20%) dan support from government (16%). Adapun tren format meeting pada tahun 2023 menunjukkan sebanyak 51% memilih format in person, kemudian sebanyak 30% memilih hybrid format with one destination hub dan sebanyak 5% memilih format virtual meeting.

✅ Selasa, 14 Februari 2023,
Hari ke-2 AIME 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ Registrasi exhibitors, Buyers dan Media
2️⃣ Kunjungan Konjen RI Melbourne
Konjen RI Melbourne, Bapak Kuncoro Waseso, beserta perwakilan fungsi ekonomi dan pensosbud KJRI Melbourne, melakukan kunjungan ke booth Wonderful Indonesia. Diterima oleh Direktur MICE, Konjen RI melakukan interaksi dengan sellers Indonesia.
3️⃣ Travex B2B
Diilakukan secara offline, travex dimulai pukul 09.00-17.30 waktu setempat. Selain buyers meet sellers, agenda lainnya di booth Wonderful Indonesia adalah pengisian survey oleh buyers.
4️⃣Pengisian kuesioner oleh buyers dan pemberian gift redemption

✅ Rabu, 13 Februari 2023,
Hari ke-3 AIME 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ Registrasi exhibitors, Buyers dan Media
2️⃣ Travex B2B
Pameran dimulai pada pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Agenda pameran sama seperti hari sebelumnya.
3️⃣Pengisian kuesioner oleh buyers dan pemberian gift redemption

Adapun jumlah exhibitor yang berpartisipasi sebanyak 350 sellers, dan buyers yang berpartisipasi sebanyak 400 buyers dari berbagai negara dan tercipta sekitar 13.000 pertemuan antara sellers dan buyers, serta diperkirakan sekitar 2000 visitor mengunjungi pameran ini.

Selama 2 hari pameran, didapatkan hasil potensi transaksi yang tercipta di booth Wonderful Indonesia adalah sebesar Rp. 105,6 Milyar dengan perkiraan jumlah pax yang didapat adalah sebanyak 7.230 pax.

✅ Evaluasi :
1. Industri pariwisata Indonesia rata-rata bertemu dengan 16-25 mitra potensial di AIME 2023. Selain mitra dari Australia, para industri juga bertemu dengan mitra dari Cina, Singapura, India, Malaysia, New Zealand, Vietnam, dan Thailand;

2. Bali dan Jakarta tetap menjadi top of mind bagi para buyers untuk mengadakan event MICE di Indonesia, diikuti Yogyakarta dan Surabaya.

3. Pengaplikasian konsep sustainability atau green meeting dalam pameran AIME 2023, dengan minim penggunaan barang-barang berbahan dasar plastik, penggunaan teknologi ramah lingkungan serta pengenalan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan MICE.

4.Adanya pergeseran tren pelaku MICE yang saat ini mayoritas di dominasi oleh generasi millenial dan generasi Z

5.Kegiatan AIME 2023 telah berjalan lancar dengan banyaknya seller dan buyers yang antusias berpartisipasi secara offline. Hal ini menandakan bahwa kegiatan ini sudah lama dinantikan sehingga diharapkan melalui partisipasi dalam kegiatan ini para pelaku pariwisata, baik di Bali maupun propinsi lainnya, dapat  menggiatkan kembali wisata MICE Indonesia.

6.Berdasarkan hasil kuesioner dari 33 responden, diantaranya didapatkan hasil sbb:
a. Tipe perjalanan:
1.) Bisnis 4.) Family
2.) Group Tour 5.) Couple
3.) FIT

b.Preferensi Perjalanan:
1.)MICE 5.)Tourism Village
2.)Alam. 6.)Wellness
3.)Budaya. 7.) Pendidikan
4.)Special Event, Cruise dan Man Made

c.Posisi Indonesia sebagai Destinasi MICE:
1.)Hotel dan Balai Sidang yang berkualitas
2.)Budaya dan masyarakat yang unik
3.)Infrastruktur yang memadai
4.)Reputasi Destinasi
5.)Politik yang stabil dan aman
6.)Dukungan Pemerintah

d.Faktor-faktor yang mendukung suksesnya suatu destinasi MICE:
1.)Service Quality Professionalism
2.)MICE Facilities and Lodging
3.)Business Friendliness Image
4.)Leisure and Entertainment Facilities
5.)Cost Affordability
6.)Infrastructure & Accessibility

✅ Rekomendasi :
1.Melihat dari kondisi Wisata MICE di Indonesia yang beranjak pulih, kegiatan ini layak untuk diikuti kembali pada penyelenggaraan AIME 2024, 19-21 February 2024, dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia.

2.Selain AIME, potensi expo MICE di luar negeri yang layak untuk diikuti adalah ITCMA China (Maret 2023), IMEX Frankfurt (Mei 2023), ITCMA Asia-Bangkok (September 2023), IMEX America (Oktober 2023), dan IBTM World – Barcelona (November 2023).

3.Selain mengikuti expo, dapat juga dilakukan kegiatan misi penjualan/sales mission di negara-negara target pasar dengan melakukan kolaborasi bersama DMC, airlines, dan wholesaler.

Tinggalkan Balasan