Festival Pesona Bau Nyale 2023

Pendukungan event Festival Pesona Bau Nyale 2023 merupakan salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penyelenggaraan tahun ini mengangkat tema “Race and Rise” dan dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Februari 2023 di Tanjung Aan dan Pantai Seger, Mandalika.

Berikut poin – poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Festival Pesona Bau Nyale 2023 merupakan acara tahunan yang selalu dinanti dan sambut meriah oleh masyarakat Lombok. Tradisi Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun masyarakat Sasak Lombok yaitu menangkap Cacing Nyale (cacing laut warna warni) yang muncul sekali setahun di Pantai Selatan Lombok. Festival Legendaris di pulau Lombok yang satu ini merupakan sebuah sejarah yang melekat erat dalam kehidupan masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat.

2️⃣ Event Festival Pesona Bau Nyale 2023 dihadiri oleh:

1. Menteri Ketenagakerjaan RI, Ibu Hj. Ida Fauziyah;
2. Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Zulkieflimansyah;
3. Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak H. Lalu Gita Ariadi;
4. Unsur Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Barat;
5. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Visensius Jemadu;
6. Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Bapak H. Lalu Pathul Bahri.

3️⃣ Rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2023 hari ke-1, 10 Februari 2023:

Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2023

🔹Pembukaan oleh MC dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

🔹Sambutan Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Bapak H. Lalu Pathul Bahri

Menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan bersama menyelenggarakan event Festival Pesona Bau Nyale 2023.

🔹Sambutan oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Visensius Jemadu

Provinsi Nusa Tenggara Barat termasuk salah satu daerah yang banyak memiliki event dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023. Key success pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya dengan penyelenggaraan event karena akan ada multiplier effect yang menggerakkan ekonomi lokal.

Kemenparekraf sangat mendorong Kota/Kabupaten lain untuk menciptakan dan menyelenggarakan event sebanyak mungkin, karena dapat menjadi ajang melestarikan seni dan budaya lokal. Tren pariwisata kedepannya, wisatawan akan banyak mencari experience unik dan Festival Pesona Bau Nyale yang menampilkan budaya lokal, sangat berpotensi disukai Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Mancanegara.

🔹Sambutan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak H. Lalu Gita Ariadi

Pembangunan pariwisata Nusa Tenggara Barat terutama Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika akan terus berkembang dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Spirit pengorbanan yang dilakukan oleh Putri Mandalika dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Kuta yang telah menyerahkan lahannya untuk dikelola agar mendatangkan kesejahteraan bagi semua.

🔹Sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno

Apresiasi disampaikan kepada pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi, sehingga event ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Kedepannya berharap semoga event ini bisa berkontribusi dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif serta makin memperkenalkan mandalika ke kancah dunia, sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia.

🔹Penampilan Tari Kolosal Legenda Putri Mandalika

Penampilan teaterikal mengenai sejarah Putri Mandalika yang menjadi sebuah tradisi turun – menurun, yaitu “Bau Nyale”.

🔹Penobatan Putri Mandalika 2023

Penobatan Putri Mandalika 2023 kepada Ni Luh Putu Ayu Hariyani, yang telah melalui proses yang panjang dengan menyisihkan 87 (delapan puluh tujuh) peserta lainnya.

🔹Sambutan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ibu Hj. Ida Fauziyah

Lombok Tengah, salah satu daerah yang kaya akan tradisi dan budaya, memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Sebuah tradisi yang merujuk kepada kisah legenda milik rakyat Lombok tengah tentang putri mandalika. Oleh karena itu apresiasi besar diberikan kepada penyelenggaraan Pemilihan Putri Mandalika.

Penyelengaraan event seperti ini merupakan kesempatan besar bagi Lombok Tengah untuk mempromosikan daerahnya sebagai destinasi pariwisata yang memikat, bukan hanya bagi pecinta motorsport, tetapi juga bagi wisatawan yang mencari pengalaman baru dan berkesan. Dengan adanya Pesona Bau Nyale, Lombok Tengah memiliki atraksi unik yang dapat membantu mempromosikan pariwisata daerah.

🔹Penampilan Hiburan

Penampilan hiburan dari Gita KDI serta The Datu dan Amtenar sebagai band musik lokal.

🔹Penampilan Betandak

Penampilan tradisi suku sasak yang dimainkan oleh sekelompok pemuda dan pemudi (terune dedare) sasak pada saat selesai panen padi.

🔹Penampilan Cilokak

Penampilan musik tradisional khas Suku Sasak Lombok Timur. Musik Cilokak terdiri dari bermacam-macam alat musik tradisional seperti gendang, suling, kempul, rincik, dan jidur untuk mengiringi lagu-lagu daerah.

🔹Penampilan Maos Aksara Lontar

Pembacaan naskah lontar pusaka masyarakat sasak untuk memperingati atau menyambut peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan. Dan Bau Nyale salah satu peristiwa penting dalam masyarakat suku sasak.

🔹Pertunjukan Wayang Kulit

4️⃣ Rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2023 hari ke-2, 11 Februari 2023:

Tradisi Ritual Bau Nyale

🔹Pembacaan Doa Ritual Bau Nyale

Pembacaan doa oleh para tetua adat sebagai tanda dimulainya ritual Bau Nyale, setelah proses ini para masyarakat dapat mulai menuju Pantai Seger untuk melakukan Bau Nyale.

🔹Pengambilan Nyale

Kegiatan pengambilan Nyale dilakukan pada waktu dini hari sekitar pukul 4 pagi, saat air pantai mulai surut, masyarakat berbondong bondong untuk segera mencari dan menangkap Nyale atau cacing laut.

5️⃣ Evaluasi Penyelenggaraan Event Festival Pesona Bau Nyale 2023

🔶 Festival Pesona Bau Nyale 2023 dengan tema “Race dan Rise” terselenggara cukup baik selama dua hari penyelenggaraan dengan melibatkan kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah. Namun, sedikit adanya kesulitan koordinasi saat tahap persiapan penyelenggaraan event, karena acara terbagi pada dua lokasi terpisah, Tanjung Aan dan Pantai Seger.

🔶 Rangkaian kegiatan difokuskan pada keikutsertaan banyaknya para pelaku seni dan budaya yang terlibat dalam rangka mengisi berbagai rangkaian acara gelar seni budaya selama event berlangsung, sehingga terlihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Untuk data jumlah para pelaku seni budaya masih menunggu konfirmasi dari pihak penyelenggara.

🔶 Layout panggung utama dan panggung side event kurang terlihat menarik, karena dekorasi panggung masih terlihat cukup minim dan kurang menampilkan kearifan lokal dari Nusa Tenggara Barat ataupun Lombok Tengah itu sendiri.

🔶 Pada area utama yang berlokasi di Tanjung Aan, kurang adanya petunjuk atau signage yang menunjukan arah di mana posisi panggung utama, bazaar UMKM dan fasilitas umum seperti toilet, sehingga cukup banyak pengunjung yang kurang mengetahui ada apa saja pada event tersebut. Selain itu, pada area utama, juga tidak memiliki penerangan yang cukup untuk seluruh lokasi, sehingga sebagian area terlihat gelap dan pengunjung mengalami kesulitan untuk jalan berkeliling.

🔶 Promosi terkait penyelenggaraan Festival Pesona Bau Nyale 2023 ini juga terlihat sangat minim, karena tidak adanya materi promosi dan signage (penanda) yang terlihat di tempat – tempat umum, seperti bandara dan jalanan utama menuju lokasi penyelenggaraan event.

🔶 Konsep dan gagasan penyelenggaraan festival sudah cukup baik, karena telah berlangsung untuk yang kesekian kalinya. Namun, sekiranya pedampingan terkait manajerial event masih sangat diperlukan guna pengemasan konsep event, bentuk visual event, dan hal – hal teknis lainnya dapat terlaksana jauh lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan