Cap Go Meh – Bogor Street Fest

Pendukungan Cap Go Meh – Bogor Street Fest diselenggarakan pada 5 Februari 2023 di Bogor, Jawa Barat. Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum
Pesta Rakyat Cap Go Meh – Bogor Street Festival, adalah sebuah pertunjukan budaya kolosal yang disajikan secara gratis untuk masyarakat. Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan Dhanagun dengan kepanitiaan sukarela dari berbagai komunitas di Kota Bogor tanpa memandang batasan suku, agama, ras, maupun golongan. Penyelenggaraan Festival ini mengedepankan keindahan dan kebersamaan dalam keberagaman dalam menciptakan semarak parade kekayaan Budaya Nusantara dan kreatifitas seni-budaya lokal Bogor.

Acara Cap Go Meh Bogor yang telah berlangsung selama 20 tahun, kali ini termasuk kedalam List 110 Karisma Event Nusantara, kini dikemas dalam bentuk street festival sepanjang 2 KM, membentang dari Jalan Suryakencana hingga Simpang Batutulis Kota Bogor. Cap Go Meh Bogor Street Festival 2023 akan menampilkan parade ragam seni budaya Nusantara yang atraktif, diikuti tradisi joli bersama puluhan liong barong, dan disajikan oleh kurang lebih 5000 personil penampil seni budaya. Selain menikmati sajian acara budaya kolosal tahunan ini, pengunjung juga dapat menikmati beragam kuliner khas Bogor tersedia sepanjang rute parade serta melakukan aktifitas foto dan video hunting untuk merekam semaraknya ajang budaya menjadi daya tarik tersendiri.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🟣 Cap Go Meh – Bogor Street Festival dihadiri oleh:
• Wakil Menteri Parekraf, Ibu Angela Tanoesoedibjo;
• Gubernur Jawa Barat, Bapak Muhammad Ridwan Kamil;
• Wali Kota Bogor, Bapak Bima Arya Sugiarto;
• Ketua DPRD Kota Bogor, Bapak Atang Trisnanto;
• Staf Ahli Menteri, Ibu R. Kurleni Ukar;
• Ketua Persatuan Hotel Dan Restoran Indonesia, Bapak Hariyadi Sukamdani;
• Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat;
• Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor;
• Forkopimda Provinsi Jawa Barat dan Kota Bogor;
• Ketua dan Pengurus Yayasan Dhanagun;
• Para tokoh masyarakat dan para penggiat seni budaya Tionghoa;

🟣 Kegiatan dimulai pada pukul 16.00 WIB diawali dengan penampilan tari merah putih untuk menyambut para VIP.

🟣 Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

🟣 Doa bersama dari para pemuka agama

🟣 Laporan Ketua Panitia, Bpk Arifin Hikmawan, yang menyampaikan :
◻️ Acara Cap Go Meh Bogor Street Fest ini adalah sebuah perayaan kebudayaan dan bukan acara keagamaan sehingga acara ini dapat dinikmati oleh semua orang. Salah satu tujuan event Cap Go Meh Bogor Street Fest adalah untuk menyatukan perbedaan dan mengingatkan kita semua akan indahnya persatuan.
◻️ Bogor Street Fest didukung oleh 5000 orang pengisi acara dan akan menampilkan lebih dari 20 tandu, 26 kelompok liong barongsai dan 19 naga dari Bogor dan luar Bogor. Tidak hanya itu saja Bogor Street Fest ini juga akan menunjukan berbagai budaya lain yang ada di Indonesia seperti Reyog Ponorogo, Ondel Ondel dan lain sebagainya karena pelestarian budaya ini adalah tanggung jawab kita semua.
◻️ Apresiasi juga di sampaikan untuk semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan acara ini beserta juga seluruh tamu undangan.

🟣 Penampilan Tarian Lodong dan penuangan Lahang (minuman khas bogor) untuk para VIP yang disusul dengan prosesi meminum Lahang bersama.

🟣 Sambutan oleh Gubernur Jawa Barat, yang menyampaikan :
◻️ Dalam acara Cap Go Meh Bogor Street Fest ada puluhan ribu orang yang datang dari berbagai tempat untuk menyaksikan parade budaya dan merayakan persaudaraan. Cap Go Meh Bogor Street Fest adalah perwujudan dari adat ratusan tahun yang sudah ada di kota bogor yang cinta keberagaman.
◻️ Tahun ini akan diadakan pembangunan jembatan di Jalan Otto Iskandardinata yang semoga dapat menguraikan kemacetan yang ada di Kota Bogor dan menjadi kebanggaan masyarakat Bogor.
◻️ Apa yang kita bangun disini baik itu rasa kebersamaan yang tumbuh dari penyelenggaraan Cap Go Meh Bogor Street Fest maupun berbagai infrastruktur adalah hal yang akan dinikmati oleh generasi yang akan datang.

🟣 Sambutan Wamenparekraf, yang menyampaikan :
◻️ Kebanggan atas antusias yang tinggi dari masyarakat atas event Cap Go Meh Bogor Street Festival karena event ini adalah event yang sudah masuk kedalam kalender Karisma Event Nusantara yang merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf. Semoga program ini dapat membuat semakin banyak lagi event event berkualitas yang memiliki kearifan lokal tinggi agar bisa mendatangkan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan meningkatkan perekonomian daerah.
◻️ Dalam event ini kita bisa melihat bagaimana Bogor sebagai kota yang memiliki banyak keberagaman, disaat yang sama juga telah menjadi kota yang memiliki nilai toleransi tinggi. Disini ini kita bisa melihat bagaimana keberagaman dapat menjadi kekuatan karena tidak ada yang lebih indah dari keutuhan bhinneka tunggal ika dan kesatuan Indonesia.

🟣 Prosesi Tabeuh Goong untuk membuka acara
Wamenparekraf dan tamu VVIP membuka acara dengan melakukan Tabeuh Goong diiringi lagu theme song Cap Go Meh Bogor Street Fest.

🟣 Penampilan Barongsai Kie Lin

🟣 Parade Pawai Budaya, meliputi:
◻️ Drumband
◻️ Pembawa Bendera
◻️ Parade Budaya Show Case
◻️ Menong Pangbagea Pirwakarta
◻️ Buroq Cirebon
◻️ Dewi Ratih Kabupaten Bogor
◻️ Marching Band Mardiyuana
◻️ Lengser Ambu
◻️ Empang Tandang Kaheman Kec. Bogsel
◻️ Ondel – Ondel Taiwan
◻️ Studio Seni Indonesia Kab. Bogor
◻️ Ondel – Ondel Betawi
◻️ Angklung Bayumasan
◻️ Reog Ponorogo
◻️ Ciamis Nyerere
◻️ Gendang Belek Lombok
◻️ Ogoh – Ogoh Bali
◻️ Marching Unhan

🟣 Cap Go Meh Show Case, Penampilan 52 Kelompok Joli/Liong/Barong dari berbagai Kota / Kabupaten Jawa Barat

🟣 Closing Ceremony oleh MC pada pukul 23.30 WIB

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🟣 Cap Go Meh Bogor Street Fest yang memperkenalkan berbagai kekayaan budaya di Indonesia termasuk budaya masyarakat tionghoa dan budaya lainnya sebagai daya tarik pariwisata di Kota Bogor, telah berjalan dengan lancar dan sukses.

🟣 Event ini sekaligus juga menjadi ajang showcase puluhan kelompok Liong Barongsai dari berbagai vihara di dalam Kota Bogor dan luar Kota Bogor.

🟣 Antusiasme masyarakat sangat tinggi pada event ini. setidaknya ada kurang lebih sekitar 50.000 pengunjung, yang terdiri dari tamu undangan serta masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya. Terdapat pula banyak tenaga kerja yang terlibat dalam penyelenggaraan ini, diantaranya 5000 orang panitia dan pengisi acara karnaval. Adapun banyak UMKM yang terlibat dalam acara ini, termasuk 80 tenant yang mendaftar secara resmi di bawah panitia penyelenggara dan ratusan pedagang kaki lima lainnya.

🟣 Upaya promosi dan publikasi kegiatan ini sudah cukup baik dilaksanakan, antara lain dengan memasang media ruang berupa baligo raksasa, banner, pamflet dan video di hotel serta poster event CGM Bogor Street Fest 2023 yang dipasang pada kaca 400 buah angkutan kota (angkot) dari dalam dan luar Kota Bogor.

🟣 Meskipun acara sangat dipadati oleh pengunjung namun Crowd Management pada saat event berlangsung sudah cukup baik, hanya terkait pengaturan buka dan tutup jalan serta kantong parkir yang harus lebih banyak disiapkan dan ditingkatkan agar bisa memenuhi kebutuhan pengunjung agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan pengunjung yang juga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Tinggalkan Balasan