Travel Exchange (Travex) B2B ASEAN Tourism Forum 2023

Travel Exchange (Travex) B2B ASEAN Tourism Forum 2023 dilaksanakan pada tanggal 3-5 Februari 2023 pkl 10.00-17.00 WIB di Hall B-C Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

1️⃣ Travex merupakan rangkaian utama resmi dari penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang mempertemukan exhibitor di kawasan Asia Tenggara dan buyer sektor Pariwisata dari berbagai belahan dunia.

2️⃣ Kegiatan TRAVEX ATF 2023 diharapkan dapat memberikan dampak sebagai berikut:
1. Meningkatkan citra serta kepercayaan dunia terhadap Indonesia sebagai destinasi unggulan MICE internasional melanjutkan kesukseskan penyelenggaraan Presidensi G20;
2. Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia, terutama untuk wilayah pasar Asia Tenggara;
3. Meningkatkan peluang kerja sama dan investasi di masa yang akan datang sehingga dapat menghasilkan multiplier effects yang berkontribusi pada perekonomian nasional;
4. Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara akan memiliki database penting dan sangat bermanfaat untuk memberikan arah kebijakan pariwisata yang strategis seperti data mengenai Produk Destinasi yang dibutuhkan buyers; Destinasi di Indonesia yang diminati oleh buyers, Kompetitor Indonesia; Kualitas buyers sebagai pengambil keputusan; Exhibitor di Paviliun Indonesia yang produktif dan kooperatif, dll.

3️⃣ Travex B2B ATF 2023 diselenggarakan selama 3 hari di Jogja Expo Center Hall Bima B-C. Slot stan pameran pada Travex B2B ATF 2023 dialokasikan bagi 10 negara anggota ASEAN yang terdiri dari ASEAN’s tourism industries, travel and tourism hospitality industries, accommodation industries, tourism services seperti Travel Agent/Tour Operator, industri perhotelan, serta pelaku pariwisata dan MICE lainnya dengan jumlah Sellers/Exhibitors yaitu sekitar 348 sellers/exhibitors.

4️⃣ Jumlah Buyers pada pelaksanaan Travex B2B yaitu sekitar 115 buyers dari 29 negara yang berasal dari kawasan ASEAN, Asia, Australia, Eropa, Amerika, dan Timur Tengah seperti India, Korea Selatan, Japan, Sri Lanka, Hongkong, Bangladesh, Australia, Jerman, Belanda, United Kingdom, Perancis, Spanyol, Italia, Polandia, Rusia, Kanada, UAE, Turki dan Oman.

5️⃣ Jumlah total potensi transaksi sebesar 537,22 Miliar IDR atau 35,14 juta USD (134.609 pax). Adapun potensi transaksi untuk paket Indonesia adalah 237,25 Miliar IDR atau 15.8 juta USD (83.686 pax).
*Sumber: Organizing Committee Travex ATF 2023.

6️⃣ Dalam penyelenggaraan Travex B2B ATF 2023, Dit. MICE mendukung penyediaan Registration Desk dan Media and Buyer’s Lounge. Pendukungan lain meliputi monitoring persiapan dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terlibat baik pihak internal maupun eksternal Kemenparekraf.

7️⃣ Terdapat juga Paviliun Indonesia yang berada di tengah-tengah area B2B dan diisi oleh 20 perusahaan sektor pariwisata nasional seperti Travel Agent/Tour Operator, industri hotel, dll. Kehadiran paviliun ini diharapkan dapat menarik investasi dan program-program kerja sama dalam mendukung pemulihan sektor pariwisata domestik.

 

Tinggalkan Balasan