Technical Tour ATF 2023 in Collaboration with Traveloka

Technical Tour ATF 2023 in Collaboration with Traveloka dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2023 pukul 05.00 – 12.30 WIB di Kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang.

✅ Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Yogyakarta. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk mempromosikan wisata minat khusus heritage kepada delegasi ATF 2023 dengan mengusung konsep pariwisata berbasis local community, berkelanjutan, dan inklusif di kawasan Borobudur serta memberikan edukasi, experience, dan entertainment bagi para delegasi ATF 2023. Jalur wisata yang ditampilkanl dalam tour ini merupakan jalur wisata minat khusus yang dikembangkan oleh Kemenparekraf c.q Direktorat Wisata Minat Khusus pada tahun 2021 yaitu jalur wisata “Borobudur Trail of Civilization” (BToC).

✅ Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Bpk. Sandiaga Salahuddin Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
2. Ministers or Vice Ministers of ASEAN Member States, Japan, Republik Korea, dan India
3. Mr. Satvinder Singh, ASEAN Deputy Secretary General
4. ASEAN NTOs’ Chairperson, Head of NTOs of ASEAN Member States, Japan, Republik Korea, dan India
5. Secretary General of ASEAN-Japan Center, President of ASEANTA, Regional Director of UNWTO, dan Representatives of ASEAN Dialogue Partners
6. Bapak Albert, Co-Founder Traveloka
7. Ibu N.W. Giri Adnyani – Sekretaris Kemenparekraf
8. Bpk. Vinsensius Jemadu – Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events)
9. Ibu Rizki Handayani – Deputi Bidang Industri dan Investasi
10. Ibu Diyah Paham – Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan
11. Ibu Nia Niscaya – Deputi Bidang Kebijakan Strategis
12. Bpk. Itok Parikesit, Direktur Wisata Minat Khusus
13. Ibu Yulia, Direktur Hubungan Antar Lembaga

✅ Rangkaian Acara
1️⃣ Yoga dan Picnic Breakfast di Bukit Dagi, Borobudur
◼️ Agenda tour diawali dengan melakukan rangkaian gerakan yoga guna menjaga tubuh dan jiwa agar tetap sehat dan bugar. Dipandu oleh instruktur yoga yang berpengalaman (Sdri. Agustin S), para delegasi sangat antusias melakukan seluruh gerakan yoga karena beberapa delegasi yang hadir mengaku belum pernah melakukan yoga sebelumnya seperti delegasi dari Laos dan Vietnam.
◼️ Setelah melakukan yoga, delegasi mengistirahatkan diri sambil menikmati menu sarapan bergaya piknik dan cerita peradaban yang ada pada relief Borobudur.
◼️ Yoga dan picnic breakfast merupakan aktivitas yang ada didalam jalur BToC “Body & Soul”.

2️⃣ Aktivitas di Balkondes Majaksingi
◼️ Setelah melakukan yoga dan breakfast, delegasi juga diajak melakukan aktivitas lainnya dijalur wisata Body & Soul yaitu pijat tradisional dan workshop rempah sambil menikmati kudapan dan minuman tradisional yang ada di Kawasan Borobudur.
◼️Selain itu, terdapat juga aktivitas di jalur wisata skilled hands diantaranya adalah workshop gerabah, batik, & bambu. Para delegasi diajak untuk mencoba permainan tradisional gangsing dan kitiran yang terbuat dari bambu.

3️⃣ VW Safari
◼️ Para delegasi diajak berkeliling ke desa wisata yang ada di Kawasan Borobudur dengan VW Cabrio. Selain melihat desa wisata, delegasi disuguhkan pemandangan hamparan sawah dengan latar belakang Bukit Menoreh serta Gunung Merapi yang membuat siapapun yang melihat terpesona dengan keindahannya.

4️⃣ Explore Candi Borobudur dan Promosi Sandal Upanat Barabudur
◼️ Delegasi diajak untuk explore struktur Candi Borobudur yang memiliki arsitektur yang luar biasa dan setiap relief yang terukir memiliki karakteristik dan makna tersendiri. Dengan ditemani storyteller dari Balai Konservasi Borobudur, delegasi diceritakan spesifik seksi-seksi dari panel-panel relief yang menceritakan kehidupan sehari-hari di tahun abad 8, abad 10, yang masih sangat relevan hari ini
◼️ Pada kesempatan ini, Menparekraf RI mengajak delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 untuk naik bangunan Candi Borobudur dengan sandal upanat. Sandal khusus dengan nama “Upanat Barabudur” ini selain digunakan untuk meminimalisir terjadinya keausan batu tangga candi juga sebagai media edukasi pelestarian kepada pengunjung Candi Borobudur.
◼️ Sandal ini siap diluncurkan dan Kemenprekraf menyerahkan kepada PT. TWC untuk segera meluncurkan kepada publik.

5️⃣ Borobudur Heritage Lunch: Relief to Table
◼️Diiringi musik tradisional yang ada di relief Candi Borobudur, delegasi diajak mencicipi makan siang dimana penceritaan dari bahan pangannya juga diambil dari interpretasi relief Candi Borobudur.
◼️Sambutan oleh Menparekraf.
Dalam sambutannya, Menparekraf berharap delegasi tidak melupakan pengalaman yang berharga dan persahabatan yang terjalin erat ini. Semoga kehadiran ATF kali ini di Indonesia dapat memperkuat kolaborasi dan mari kita tunjukkan pada dunia bahwa ASEAN memang layak dikunjungi sebagai tujuan wisata dunia. Pada tour ini, kita telah mencoba ( experience ) tiga dari sembilan jalur wisata BToC yaitu Body & Soul, Skilled Hands, dan Music and Rhyme, masih terdapat enam jalur lagi yang wajib dicoba oleh para delegasi.
◼️Sambutan oleh Co-Founder Traveloka.
Bapak Albert (Co-Founder Traveloka) menyampaikan suatu kehormatan untuk bisa mewakili dunia usaha menyambut para delegasi ASEAN Tourism Forum 2023 di Indonesia dan yakin pengalaman wisata seperti ini tidak mudah dilupakan dan selalu membekas di hati dan pikiran para delegasi yang mengikuti tour.
◼️Penyerahan souvenir lukisan Karmawibhangga, salah satu relief yang ada di Candi Borobudur secara simbolis dari Menparekraf kepada Menteri Informasi, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos.

6️⃣ Doorstop
Doorstop Menparekraf didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) dan Deputi Bidang Industri dan Investasi.

 

Tinggalkan Balasan