Pendukungan Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Dai Indonesia Tahun 2023 (RAKORNAS IKADI 2023)

Pendukungan Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Dai Indonesia Tahun 2023 (RAKORNAS IKADI 2023) dilaksanakan pada 20-22 Januari 2023 di Hotel Aruna Senggigi Resort & Convention, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai berikut:

Rakornas IKADI 2023 merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka melaksanakan amanat pasal 28 AD (Anggaran Dasar) organisasi sekaligus sebagai ajang konsolidasi Ulama dan Da’i se-Indonesia dalam mengkoordinasikan program-program IKADI dari pusat ke daerah. Kegiatan ini dilaksanakan secara Hybrid dengan mengusung tema “Menguatkan Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin untuk Sinergi Umat dan Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

✅ Kegiatan dihadiri oleh :
1. Bapak Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (online)
2. Dr. H Muhammad Hidayat Nur Wahid MA, Wakil Ketua MPR RI
3. Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah diwakili Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi
4. Dr. Ahmad Kusjairi Suhail, M.A.,Ketua Umum IKADI
5. Prof. H. Syaiful Muslim, MM, Ketua MUI NTB
6. Ibu Titik Wahyuni, Koordinator Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE
7. Sdri. Lanny Setiawati, Subkoordinator Promosi MICE
Serta sekitar 320 peserta offline dan 700 peserta virtual/online yang terdiri dari Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah dan Peserta undangan lainnya.

✅ Dukungan Kemenparekraf antara lain:
1. seminar kit (300pcs),
2. goody bag (300pcs),
3. Trophy + Medali Lomba Dai Digital (13 pcs),
4. Trophy + Medali Grand IKADI Awards (9 pcs).

Rangkaian Kegiatan:
1⃣ Pelaksanaan Rakornas IKADI pada 20-21 Januari 2023 yang diikuti oleh seluruh peserta Rakornas, baik offline maupun online;

2️⃣ Seminar Nasional Ekonomi Keumatan, 21 Januari 2023
Seminar diikuti oleh seluruh peserta Rakornas, dengan menghadirkan pembicara diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, Direktur BSI Dr. Anton Sukarna & Direktur Utama PT. Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo.
Seminar mengangkat tema “Menggapai Solusi Problem Ekonomi Umat”

◾️Penyampaian materi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.
– Menparekraf menyampaikan materi “Solusi Alternatif Bersama Pemberdayaan Ekonomi Kreatif”
– UMKM memegang peran penting dalam menyokong ekonomi nasional, dan untuk mengejar ketinggalan, kita harus mendorong digitalisasi secara totalitas, dan yakin ekonomi kreatif Indonesia sebagai lokomotif yang akan menjadi pilar penguat ekonomi umat
– Ekonomi kreatif adalah masa depan. Ekraf Indonesia sudah masuk dalam jajaran 3 besar dunia, bersanding dengan Amerika dan Korea Selatan
– Percepatan pemulihan dan peningkatan produktivitas Ekraf dapat dicapai dengan upskilling, re-skilling, dan new-skilling.
– Formula untuk membangun ekonomi Umat, yaitu FAST (Fathonah, Amanah, Shidiq, Tabligh)
– penyampaian program-program yang diharapkan akan dapat terus bekerja sama dengan IKADI, antara lain AKI, Kata Kreatif, ADWI, WIDURI, dan Santri Digitalpreneur, juga program nasional yang mendukung UMKM yaitu Bangga Buatan Indonesia.
– Membangun ekonomi umat dapat kita percepat dengan 3G (Gercep, Geber, Gaspol) dan 3si (inovasi, adaptasi, kolaborasi)
– Kemenparekraf mendorong solusi alternatif bersama pemberdayaan ekonomi kreatif untuk mencapai 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

◾️Penyampaian materi oleh Direktur BSI, Dr. Anton Sukarna:
– Perbankan Syariah menjalankan Fungsi Komersial & Fungsi Sosial, tidak hanya sebagai bank, tetapi juga mendorong kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi yang adil, dalam bentuk baitul mal, serta menghimpun dana sosial dan menyalurkannya kepada pengelola wakaf.
– harapannya kita bisa bekerjasama, untuk mendorong ekonomi umat. Melalui IKADI, BSI berharap dapat memperluas market dan jangkauan literasi kepada masyarakat yang masih relatif rendah

◾️ Penyampaian materi oleh Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo:
– beliau menyampaikan materi paparan Membangun Ekonomi Syariah Mendukung Ekonomi Daerah
– Bank NTB Syariah tumbuh membawa market share di daerah NTB secara signifikan
– populasi muslim di Indonesia sangat banyak, tetapi secara ekonomi kita menguasainya terbalik.
– Bank syariah adalah bank Universal yang bisa melayani siapapun, tidak hanya Muslim. Kita harus percaya diri mendakwahkan konsep syariah kepada para non Muslim.
– Ketika masuk dalam UMKM banyak sekali tantangan yang harus dihadapi

◾️Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama peserta.

3️⃣ Malam Puncak sekaligus Penutupan Rakornas IKADI 2023, 21 Januari 2023
– Kegiatan diawali dengan penampilan kesenian daerah, Tilawah Qur’an, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars IKADI

– Sambutan oleh Dr. Ahmad Kusjairi Suhail, M.A.,Ketua Umum IKADI, yang menyampaikan bahwa Rakornas terlaksana dengan lancar, dengan hasil program-program kerja yang diharapkan dapat menguatkan dan merealisasikan visi IKADI dan dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi kemajuan umat bangsa ke depan. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan Rakornas IKADI 2023.

– Pembacaan Deklarasi Lombok oleh Sekjen PP IKADI, Dr. KH. Khairan M. Arif, MA

– Arahan Wakil Ketua MPR RI, Dr. H Muhammad Hidayat Nur Wahid MA, yang menyampaikan bahwa apresiasi atas pelaksanaan Rakornas IKADI 2023, semoga apa yang tadi dideklarasikan dapat dihayati dan diinternalisasi dengan baik.

– Penutupan RAKORNAS IKADI 2023 oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah diwakili Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi, yang menyampaikan harapan kedepannya para Da’i yang tidak hanya sebagai penceramah atau komunikator ulung, namun menjadi sosok yang berfungsi sebagai konselor, problem solver, motivator, inspirator bagi jamaah untuk kibarkan panji – panji Islam Rahmatan Lil Alamin, serta mengawal keutuhan NKRI tetap rukun dan damai di tahun politik yang akan datang. Beliau juga menyampaikan bahwa NTB sedang mengembangkan sport tourism dengan penyelenggaraan event-event internasional, bagian dari ikhtiar untuk menjadi Next Time Better, dan Next The Best.

– Penampilan hiburan, pembacaan syair oleh Habiburrahman El Shirazy, dan Nasyid oleh Ikmal Suara Persaudaraan.

– Ceremony Penganugerahan Lomba Dakwah Digital Nasional Ikadi (LDDNI) 2022 yang telah dikuti oleh sekitar 2000 peserta dari seluruh Indonesia & Grand IKADI Award, pemberian apresiasi dari berbagai kategori bagi para pelopor kebaikan untuk umat dan dakwah di Indonesia.

Beberapa penerima Award, antara lain :
1. Menteri Kelautan dan Perikanan, Ir. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Peduli Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir
2. Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jkt Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis Lc MA sebagai Tokoh Muslimah Cendikiawan Nasional
3. Ustadzah Okky Setiana Dewi sebagai Dai Influenzer dan Inovatif
4. KH Abdul Somad sebagai Dai Sejuta Umat

Tinggalkan Balasan