Jakarta International Photo Festival 2022

Pelaksanaan kegiatan Press Conference dan Opening Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2022. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 9 September 2022 di Teater Bulungan, DKI Jakarta. JIPFest merupakan salah satu dari 100 Karisma Event Nusantara (KEN).

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

✳️ Gambaran umum JIPFest 2022:
▪️JIPFest adalah festival fotografi internasional yang diinisiasi oleh Yayasan Pana (PanaFoto Institute) dan telah didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta sejak penyelenggaraan yang pertama pada tahun 2019.
▪️Tahun 2022 merupakan tahun penyelenggaraan JIPFest yang ketiga dan mengangkat tema Revival. Melalui tema ini JIPFest bermaksud menyoroti kemampuan manusia untuk bangkit dari keterpurukan. JIPFest edisi ketiga ini akan diselenggarakan selama 17 hari (9-25 September 2022) di 6 venue yang tersebar di Kawasan Blok M Jakarta Selatan, mengusung 15 program dan 53 acara yang diisi oleh 42 bintang tamu dengan target pengunjung sebanyak 13.000 orang.
▪️Press Conference dan Opening JIPFest diliput oleh media nasional seperti Media Indonesia, Republika, Gatra, Antara, Kompas, dll.

A. PRESS CONFERENCE JIPFest 2022
🔹Diadakan di Teater Bulungan pada Jumat, 9 September 2022 Pukul 13:30 – 15:00
🔹Dihadiri oleh:
1. Direktur Erasmus Huis, Ibu Yolande Melsert;
2. Koordinator Strategi dan Promosi Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Hafiz Agung Rifa’i;
3. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Bapak Gumilar Ekalaya;
4. Ko-kurator JIPFest 2022, Bapak Asep Topan;
5. Direktur JIPFest, Bapak Cristian Rahadiansyah;
6. Jurnalis dan blogger.
🔹Rangkaian Acara:
a. Acara Press Conference dibuka pada pukul 14.00 WIB oleh Head of Communication JIPFest, Nina Hidayat.
b. Pemaparan oleh 5 (lima) Panelis yaitu Bapak Cristian Rahadiansyah, Bapak Asep Topan, Bapak Gumilar Ekalaya, Bapak Hafiz Agung Rifa’i, dan Ibu Yolande Melsert.
⏩1. Bapak Cristian Rahadiansyah memaparkain poin-poin sebagai berikut:
– JIPFest 2022 akan berlangsung selama 17 hari pada 9-25 September 2022 di 6 lokasi yang tersebar di Blok M, salah satunya Teater Bulungan yang menjadi lokasi Press Conference. Dipilihnya Teater Bulungan sebagai salah satu lokasi pameran dilatarbelakangi oleh sejarahnya sebagai gelanggang remaja pertama tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Indonesia.
– Penyelenggaraan JIPFest di lokasi yang berbeda pada setiap edisinya merupakan bagian dari misi pariwisata untuk memperkenalkan berbagai sisi dan keragaman Jakarta kepada turis. Selain itu JIPFest juga ingin membawa fotografi lebih dekat kepada masyarakat. Pada edisi ketiga ini JIPFest menyajikan 15 program dengan 2 program sebagai highlight yaitu Photo Fair dan Meet and Greet.
⏩ 2. Bapak Asep Topan menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
– Sebagian besar karya yang dipamerkan pada JIPFest 2022 merupakan karya yang berasal dari Open Call. Dari Open Call tersebut JIPFest menerima 195 submission dari 19 negara, yang menginterpretasikan tema Revival dengan sangat beragam. Tidak hanya menampilkan kebangkitan dari pandemi tetapi juga dari perspektif lain seperti budaya, religi, dan sosial politik.
– Pemilihan ruang terbuka sebagai lokasi pameran diharapkan pengunjung mendapat pengalaman yang berbeda dari mengunjungi pameran di galeri.
⏩3. Bapak Gumilar Ekalaya menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
– Pemprov DKI Jakarta melalui Disparekraf telah berkolaborasi dengan JIPFest sejak penyelenggaraan perdana pada 2019 dan ke depannya akan terus mendukung event ini.
– Sektor ekraf merupakan tulang punggung perekonomian DKI Jakarta. Disparekraf berkomitmen untuk mengembangkan sektor ekraf termasuk di dalamnya sub-sektor fotografi, arsitektur, desain grafis, games, dll.
⏩ 4. Bapak Hafiz Agung Rifa’i menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
– JIPFest merupakan salah satu Karisma Event Nusantara, yang merupakan program kolaborasi Pemerintah Daerah dan Pusat serta melibatkan asosiasi dan komunitas. JIPFest terpilih dari 350 proposal yang diterima oleh Kemenparekraf pada tahun 2021.
– Sesuai dengan arahan Presiden, penyelenggaraan event diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi melalui pergerakan wisatawan ke destinasi. Penyelenggaraan JIPFest diharapkan dapat memperkenalkan atraksi pariwisata Jakarta dari sub-sektor fotografi.
⏩ 5. Ibu Yolande Melsert menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
– Erasmus Huis pertama kali mengunjungi JIPFest pada tahun 2019 dan sangat terkesan dengan penyelenggaraannya. Sejak saat itu Erasmus Huis konsisten untuk terus mendukung JIPFest dan tahun ini JIPFest dapat kembali diselenggarakan setelah pandemi.
– Fotografi merupakan media yang sangat baik untuk menyampaikan topik-topik penting lewat kemampuannya bercerita. Pada pekan ini, selain dukungan kepada JIPFest, Erasmus Huis juga menyelenggarakan World Press Photo Exhibition 2022 dan kuliah umum Cross-media Storytelling & Collaboration oleh Anais Lopez, sehingga dapat dikatakan bahwa akhir pekan ini merupakan akhir pekan yang sangat baik bagi sub-sektor fotografi.
c. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan media.
d. Press Conference ditutup pada pukul 15:00 dengan foto bersama para panelis dan dilanjutkan dengan Opening JIPFest 2022

B. OPENING JIPFEST 2022
🔹Diadakan di Teater Bulungan pada Jumat, 9 September 2022 Pukul 15.30 – 17.00
🔹Dihadiri oleh:
1. Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Rizki Handayani;
2. Perwakilan Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta, Bapak Manuara Siahaan;
3. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Bapak Gumilar Ekalaya;
4. Direktur JIPFest, Bapak Cristian Rahadiansyah
🔹Rangkaian Acara:
a. Opening JIPFest dimulai pada pukul 15.30 WIB, dimulai dengan penampilan tari kontemporer dari Indonesian Dance Festival.
b. Sambutan oleh Perwakilan JIPFest, Kemenparekraf, dan Disparekraf DKI Jakarta:
⏩1. Direktur JIPFest, Cristian Radiansyah menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
– Kemenparekraf dan Disparekraf DKI Jakarta merupakan Main Partners JIPFest 2022. Disparekraf DKI telah mendukung JIPFest sejak pertama penyelenggaraannya. Dengan Kemenparekraf, JIPFest termasuk ke dalam Karisma Event Nusantara. Sebuah kehormatan bagi JIPFest karena masuk dalam program yang bergengsi.
– JIPFest ingin mendatangkan turis ke Indonesia dan mencetak fotografer-fotografer hebat. Saat ini Jakarta sudah masuk ke dalam ekosistem peta fotografi dunia. Harapannya dengan hadirnya JIPFest Indonesia tidak lagi hanya menjadi bagian dari ekosistem, tetapi dapat menjadi destinasi di bidang fotografi.
⏩ 2. Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani memberikan sambutan sebagai berikut:
– JIPFest merupakan salah satu Karisma Event Nusantara (KEN), di mana dari Jakarta ada 5 event yang terpilih karena memiliki uniqueness. Tema Revival yang diangkat pada edisi ketiga JIPFest ini sangat tepat, menggambarkan masyarakat kita yang tangguh, kreatif mencari celah.
– JIPFest memiliki 4 unsur penting penyelenggaraan event yang berkualitas, yaitu education, entertainment, empowerment, and engagement sehingga JIPFest dapat menjadi contoh bagi event daerah lainnya. Dengan kolaborasi promosi ke depan JIPFest dapat dipromosikan hingga ke ASEAN. Didukung pemanfaatan digital technology, Jakarta bisa menjadi destination of events.
⏩ 3. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Bapak Gumilar Ekalaya menyampaikan poin-poin sebagai berikut:
– DKI Jakarta telah mendukung JIPFest selama 3 kali penyelenggaraannya dan ke depan akan terus mendukung event ini. Apresiasi dari Bapak Gubernur kepada Yayasan Pana dan para pelaku ekraf sub-sektor fotografi.
– Ekonomi kreatif menunjang perekonomian Jakarta, menyerap tenaga kerja, menjadikan Jakarta sejajar dengan kota-kota global. Pemprov DKI berharap gagasan-gasan out ot the box terus dimunculkan. Melalui JIPFest Pemprov DKI ingin membawa fotografer berkarya ke panggung dunia.
c. Acara dilanjutkan dengan pemutaran Preview JIPFest 2022 yang secara resmi menandai dibukanya edisi ketiga Jakarta International Photo Festival.
d. Opening JIPFest 2022 ditutup dengan foto bersama para narasumber dan pemberian cendera mata berupa karya fotografi kepada Ibu Rizki Handayani dan Bapak Gumilar Ekalaya.
e. Selanjutnya hadirin mengikuti tur pameran yang didampingi oleh kurator.

C. PROGRAM ACARA JIPFEST
Berikut ke-15 program yang dihadirkan pada JIPFest 2022
🔸Press Conference
Pemaparan JIPFest dan Tanya jawab dengan awak media dan bloggers
🔸Opening Ceremony
Seremoni pembukaan festival bersama pemangku kepentingan
🔸Artist Talk
Presentasi oleh fotografer tentang karya mereka yang dipamerkan dalam JIPFest
🔸Urban Photo Tour
Tur street photography bersama mentor, menyelami kawasan Blok M
🔸Public Lecture
Kuliah umum oleh pembicara internasional
🔸Meet & Greet
Sesi pertemuan dan berjejaring untuk para praktisi fotografi
🔸Photo Fair
Marketplace bagi organisasi dan komunitas fotografi
🔸Discussion
Diskusi tematik dengan pembicara nasional dan internasional
🔸Fringe
Kegiatan bertema fotografi oleh komunitas atau organisasi hasil seleksi
🔸Photobook Exhibition
Pameran buku foto hasil seleksi dan undangan
🔸Projection Night
“Layar Tancap” menampilkan karya foto dan multimedia dari dalam dan luar negeri
🔸Festival Tour
Rangkaian tur santai bersama pemandu dari Jakarta Good Guide
🔸Workshop
Lokakarya intensif bersama pakar untuk meningkatkan keahlian fotografi
🔸Photo Exhibition
Pameran foto hasil seleksi dan undangan, menampilkan karya fotografer internasional
🔸Closing Ceremony
Seremoni penutupan festival bersama pemangku kepentingan

D. Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:
☑️Penyelenggaraan press conference dan opening JIPFest berlangsung dengan sangat baik dan tepat waktu. Penyelenggara menerapkan prinsip empowerment dengan baik, dengan melibatkan volunteer dari berbagai latar belakang termasuk para difabel.
☑️Salah satu lokasi pameran merupakan ruang terbuka sehingga perlu rencana mitigasi yang baik dari panitia terkait kendala cuaca dan jumlah kunjungan.
☑️Dukungan Kemenparekraf paca acara ini berbentuk sponsorship berupa placement pada media social (owned media dan partner), serta media ruang dan adlibs.

 

Pemaparan oleh Para Panelis

 

Sesi Tanya Jawab dengan Jurnalis dan Sesi Foto Bersama

 

Penampilan Tari Kontemporer oleh Indonesian Dance Festival

 

Sambutan-sambutan

 

Sesi foto bersama dan pemberian cendera mata

 

Preview karya fotografi yang dipamerkan pada JIPFest 2022

 

Suasana program Discussion dan Photo Exhibition
Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan