Kerintji Mountain Bike Gran Fondo 2022

Kerintji Mountain Bike Gran Fondo 2022 telah dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 27 Februari 2022 di Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Pemerintah Kota Sungaipenuh serta Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Provinsi Jambi untuk ketiga kalinya.

 

Rute terbagi menjadi 2 (dua) etape dan terdiri dari 7 (tujuh) kategori yaitu Man Elite Open, Women Elite Open, Junior Open, Man Elite Lokal Jambi, Master A, Master B, dan Lokal Kerinci & Sungaipenuh.

 

Pada ETAPE 1, tanggal 26 Februari 2022, start di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dan finish di Lapangan Lindung Jaya, Kec. Kayu Aro Kab. Kerinci, menempuh jarak +- 49,5 km. Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Bapak H. Al Haris, S.Sos.,M.H, Gubernur Jambi;
  2. Bapak Jonni Madrizal, Sesmenpora;
  3. Bapak Avia Santoni, SE, MM, Wakil Walikota Sungaipenuh;
  4. Bapak Asraf Zannun MH, Staf Ahli Gubernur Jambi Bid. Sosial, Politik dan Hukum, Ketua Pelaksana;
  5. Bapak Yudha Nugraha Kurata, Kepala OJK Provinsi Jambi;
  6. Bapak Arif Budiman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi;
  7. Ibu Triandana   Tikupasang,   Koordinator   Event   Daerah Wilayah              I, Kemenparekraf;
  8. Bapak Ali Sadikin, Ketua Umum Pengprov ISSI Jambi;
  9. Para Kepala OPD Kota Sungaipenuh.

 

Adapun rangkaian agenda ETAPE 1 sebagai berikut:

 

Hari 1: Sabtu, 26 Februari 2022

 

  1. Pembukaan oleh MC, menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya dan pembacaan

 

  1. Laporan Ketua Panitia Pelaksana, Bapak Asraf Zannun yang menyampaikan etape 1 diikuti oleh 139 peserta meliputi peseda profesional, luar dan dalam provinsi Jambi serta 1 peserta kehormatan berasal dari Swiss.
  2. Sambutan Wakil Walikota Sungaipenuh, Bapak Avia Santoni yang menyampaikan bahwa event Kerintji MTB Gran Fondo merupakan bentuk kolaborasi Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci yang dimaksudkan sebagai terobosan dalam rangka meningkatkan kunjungan
  3. Sambutan Sesmenpora, Bapak Jonni Madrizal yang menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan event dan menyatakan bahwa event ini dapat dikategorikan internasional karena terdapat peserta dari luar negeri. Telah disahkan UU Keolahragaan baru sebagai payung hukum penyelenggaraan event olahraga yang menyebutkan bahwa daerah wajib melakukan pembinaan minimal 2 cabor yang dipertandingkan pada Olimpic Games, salah satunya adalah olahraga bersepeda.
  4. Sambutan Gubernur Jambi, Bapak Al Haris menyampaikan bahwa event Kerintji MTB Gran Fondo merupakan event yang akan menumbuhkan keyakinan dan optimisme menuju kebangkitan ekonomi dengan tetap menerapkan protokol Event ini juga dimaksudkan untuk mendukung penyiapan Kerinci-Sungaipenuh menjadi geoheritage dan usulan menuju geopark.
  5. Dampak pemulihan ekonomi masyarakat dapat dibuktikan dengan laporan penuhnya keterisian hotel di Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci menjelang pelaksanaan event yang tentu juga berdampak dengan meningkatnya pendapatan restoran, rumah makan dan kunjungan
  6. Gubernur Jambi membuka secara resmi kegiatan dan melepas secara langsung para pesepeda pada etape 1.

 

Pada ETAPE 2, tanggal 27 Februari 2022, start di Lapangan Desa Lindung Jaya, Kec. Kayu Aro dan finish di Dermaga Danau Kerinci, menempuh jarak +- 77,6 km. Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Bapak Aryansyah SE, ME, Staf Ahli Gubernur Jambi Ekonomi Keuangan dan industri, Wakil Ketua Pelaksana;
  2. Bapak Sudirman, S.H., M.H, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi;
  3. Bapak Juanda   Sasmita,   Kepala   Dinas   Pariwisata   dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci;
  4. Bapak Arif Budiman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi;
  5. Ibu Triandana   Tikupasang,   Koordinator   Event   Daerah Wilayah              I, Kemenparekraf;
  6. Unsur Forkopimda Kabupaten Kerinci;
  7. Camat Kayu

 

Adapun rangkaian agenda ETAPE 2 sebagai berikut:

 

Hari 2: Minggu, 27 Februari 2022

  1. Pembukaan oleh MC, menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa
  2. Laporan Wakil Ketua Panitia, Bapak Bapak Aryansyah yang melaporkan bahwa pada etape 2 diikuti 97 peserta.
  3. Sambutan Asisten 3 Kabupaten Kerinci, Bapak Darifus yang berpesan kepada peserta untuk lebih berkonsentrasi dan memperhatikan keamanan karena rute yang dilewati penuh tantangan. Meski kondisi Kabupaten Kerinci level 1, namun prokes harus tetap dijaga.
  4. Sambutan Koordinator Event Daerah Wilayah 1, Ibu Trindiana Tikupasang yang menyampaikan apresiasi atas kolaborasi berbagai pihak sehingga terlaksananya Kerintji MTB Gran Fondo Bahwa dalam pengembangan pariwisata perlu diperhatikan 3A: Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi dimana Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci sudah cukup baik dan selanjutnya secara bertahap dapat dikembangkan salah satunya melalui penyelenggaraan event yang mengangkat potensi keindahan alam dan seni budaya sehingga semakin meningkatkan kunjungan wisatawan.
  5. Sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Bapak Sudirman yang menyampaikan bahwa pandemi dapat diatasi dengan keseriusan dan kepatuhan melaksanakan protokol Event ini selain mengangkat olahraga dan wisata, juga dimaksudkan untuk memberi ruang dan kesempatan dalam mempromosikan produk kreatif dan UMKM lokal. Beliau juga berharap kepada Kemenparekraf terus dapat mendukung potensi parekraf khususnya di Kabupaten Kerinci.
  6. Penutupan dan penyerahan hadiah dilakukan oleh Sesmenpora, Bapak Jonni Mardizal di dermaga Danau Kerinci.
  7. Piala bergilir dan tetap untuk pria diraih M Fahri Noval dari Kota Jambi sedangkan kategori putri diraih oleh Dela Anjar Wulan dari Lumajang, Jawa

Tinggalkan Balasan