Magical Toraja 2022

Mohon izin melaporkan pelaksanaan kegiatan, Magical Toraja 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 15-31 Agustus 2022 di Kabupaten Tana Toraja & Kabupaten Toraja Utara.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:
đź”´ Magical Toraja adalah sebuah event yang memiliki kekuatan besar dalam rangka menghidupkan kembali pariwisata Toraja pasca anjloknya akibat pandemi covid-19. Magical Toraja untuk pertama kalinya dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, menyambut G-20 dan memperingati hari jadi Toraja yang ke 775, namun kedepannya, Magical Toraja adalah sebuah event tahunan yang akan dilaksanakan oleh PMTI dengan tujuan menghadirkan event internasional yang berbasis massa. Magical Toraja adalah event yang akan menggerakkan Sang Torayaan (seluruh masyarakat Toraja) di manapun berada untuk terpanggil, bahu membahu untuk membantu pemerintah daerah menghidupkan kembali pariwisata Toraja. Adapun pelaksana dari pada kegiatan Magical Toraja adalah panitia yang dibentuk oleh Pengurus pusat Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia.

đź”´ Adapun Peserta yang terlibat dalam kegiatan Magical Toraja adalah:
đź”·Masyarakat Toraja baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri
đź”·Organisasi PMTI
đź”·Instansi Pemerintah
đź”·TNI/Polri
đź”·Mahasiswa dan Pelajar
đź”·BUMN dan Swasta
đź”·Organisasi/Kelompok Kemasyarakatan
đź”·Undangan Eksebisi
đź”·Umum

đź”´ Rangkaian Kegiatan:
đź”·Sule Sang Torayaan ( kegiatan pulang kampung)
đź”·Prosesi Adat Toraja
đź”·Marching Band/Drum BandBand, Carnaval Fashion Budaya, dan Atraksi Budaya
đź”·Pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif
đź”·Pelatihan-pelatihan (pemanfaatan bambu, meracik kopi, membuat kain dan tenun)
đź”·Olahraga (fun fly paralayang, turnamen catur)
đź”·Lomba-lomba:
– Paduan suara
– Folksong (lagu rakyat)
– Tari Kreasi
– Vlog pariwisata Toraja dan foto
– PMTI Idol
– Desain Home Stay

Opening Ceremony Magical Toraja 2022, Kamis, 25 Agustus 2022, di Lapangan Bakti Rantepao kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.
đź”· Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn), Bpk. Yulius Selvanus Lumbaa
2. Direktur Poltekpar Makassar, Bpk. Muhammad Arifin, mewakili Menparekraf
3. Gubernur Sulawesi Selatan diwakili oleh Kadis Kominfo Prov Sulsel,Bpk. Andi Sudirman Sulaiman
4. Kapolda Sulsel, Bpk. Nana Sudjana
5. Pangdam XIV Hasanuddin diwakili oleh Danrem 141 Toddupuli Brigadir Jendral TNI Djadhar Djamil
6. Bupati Toraja Utara, Bpk. Yohannis Bassang
7. Bupati Tana Toraja diwakili oleh Wakil Bupati Tana Toraja Bpk. Zadrag Tombeg
8. Bupati Mamasa diwakili oleh Wakil Bupati Mamasa Bpk. Marthinus Tiranda
9. Walikota Makassar Bpk Danny Parmanto
10. Bupati Luwu, Bpk. Basmin Mattayang
11. Ketua DPRD Toraja Utara, Bpk. Nober Rante Siama
12. Ketua DPRD Tana Toraja, Bpk. Welem Sambolangi
13. Ketua DPRD Kota Makassar, Bpk. Rudianto Lallo
14. Ketua DPRD Luwu
15. Konjen Australia di Makassar. Mrs. Bronwyn Robbins
16. Kadispar Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Bpk. Andi Pattiware

đź”· Tarian Pembuka oleh Sende Paiman
đź”· Sambutan Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (purn) Bpk. Yulius Selvanus, dalam sambutannya menyampaikan Terimakasih kepada Kemenparekraf dan semua peserta yang ikut berpartisipasi serta masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam event Magical Toraja yang digelar di Tana Toraja dan Toraja Utara.

đź”· Sambutan oleh Wali kota Makassar. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan Makassar tidak bisa jauh dari Toraja. Kontribusi Tokoh Toraja sangat berarti selama ini. Merekalah yang termasuk berperan untuk kemajuan Makassar. Beliau juga menganalogikan ketertarikan salah satu karya arsitektur terbaik di dunia ada di Toraja.

đź”· Sambutan oleh Direktur Poltekpar Makassar mewakili Kemenparekraf, Bapak Muhammad Arifin. Dalam sambutannya Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan event seperti Magical Toraja sebagai media promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Toraja, yang diharapkan menjadi salah satu daerah kunjungan peserta G20. Dengan berbagai event yang akan dilaksanakan di Toraja, kami yakin pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia bisa bangkit kembali, tentunya dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan dan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi serta 3G (Gercep, Geber, Gaspol).

đź”·Sambutan Kapolda Sulsel, dalam sambutannya mengatakan Toraja luar biasabiasa, Kepolisian Sulsel mendukung sepenuhnya acara Magical TorajaToraja, kami menjamin di bidang keamanan sehingga dapat membangkitkan pariwisata di Sulsel.

đź”· Pembukaan secara resmi Magical Toraja2022 dengan pemukulan alat musik gendang oleh Pejabat yang mewakili Menparekraf, yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Kapolda, Walikota Makassar, Bupati Toraja Utara, Wakil Bupati Tana Toraja, Ketua PMTI, dan beberapa tamu VVIP lainnya dilanjutkan dengan foto bersama, diwarnai dengan penampilan atraksi budaya, karnaval fashion show, marching band dan drumband.

đź”´ Bentuk dukungan Kemenparekraf antara lain:
– Pembuatan Panggung
– Dekorasi Panggung & Pameran

đź”´ Kesimpulan:
Magical Toraja merupakan Kegiatan atas inisiasi dari diaspora Toraja yang ada di perantauan yang diperkirakan berjumlah 1 (satu) juta orang yang harapannya akan membangkitkan pariwisata, ekonomi kreatif dan ekonomi lainnya di toraja. Event ini mengusung konsep Street Festival di kolaborasikan dengan atraksi Budaya yang melibatkan banyak sekali pelajar, komunitas, pemerintah daerah, TNI serta Polri yang saling bersinergi sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar dan aman. Selain itu event ini memberikan pelatihan kepada masyarakat Toraja di bidang ekonomi kreatif yang akan menggerakkan sektor UMKM dalam peningkatan ekonomi masyarakat.
* Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, event ini cukup mendatangkan wisatawan mancanegara dan nasional dari banyaknya hotel yang full book dikarenakan diaspora Toraja perantauan yang turut hadir untuk menyaksikan serta terlibat pada kegiatan Magical Toraja.
* Diperkirakan jumlah diaspora Toraja perantauan 1.500 orang.

Secara keseluruhan Magical Toraja berjalan dengan sukses dan lancar. Berikut kami lampirkan dokumentasi kegiatan, link pemberitaan.

 

Transit VIP, sebelum ke Venue
Pembukaan oleh MC, tari persembahan
Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hyme & Mars PMTI, persembahan tari kreasi Toraja sanggar prakarya art
Kata sambutan
Pembukaan secara resmi Magical Toraja 2022, dengan pemukulan alat musik gendang serta foto bersama
Pelepasan pawai serta peserta fashion Carnaval Magical Toraja
Penampilan peserta fashion Carnaval dan marching band Magical Toraja 2022

 

LINK BERITA:

https://www.detik.com/sulsel/wisata/d-6254151/meriahnya-pembukaan-magical-toraja-ada-parade-karnaval-budayahttps://kareba-toraja.com/sekjen-pmti-magical-toraja-bangkitkan-semangat-diaspora-pulang-kampung/https://kareba-toraja.com/234-peserta-adu-taktik-di-turnamen-catur-magical-toraja-pmti/https://fb.watch/f3_U0TmsTY/https://kareba-toraja.com/hadirkan-chef-profesional-pmti-gelar-pelatihan-kreasi-makanan-untuk-kalangan-perempuan-toraja/https://kareba-toraja.com/kapolda-sulsel-irjen-pol-nana-sudjana-puji-keindahan-alam-toraja/https://fb.gg/v/f5HUhV7-9o/https://fb.watch/f6CCcUSTOw/https://kareba-toraja.com/warga-berharap-event-magical-toraja-dilaksanakan-tiap-tahun/

Author:

Tinggalkan Balasan