Pemberian cinderamata dan foto bersama peserta

Bimbingan Teknis dengan tema “Peran Strategis Masyarakat Dalam Mempromosikan Event Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”

Bimbingan Teknis dengan tema “Peran Strategis Masyarakat Dalam Mempromosikan Event Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juni 2022 di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan.

🔘 Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Ibu Himmatul Aliyah, Anggota Komisi X DPR RI;
2. Ibu Afrida Pelitasari, Analis Kebijakan Ahli Madya, Kemenparekraf;
3. Bapak Rus Suharto, Kepala Sudin Parekraf Jaksel;
4. Bapak Krisnanto Sutrisman, Narasumber (Founder Backstagers);
5. Peserta bimtek berjumlah 50 orang (karang taruna, pelaku ekraf, dan masyarakat umum)

🔘 Tujuan kegiatan
Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat di wilayah Jakarta Selatan tentang potensi pariwisata dan ekonomi kreatif serta memanfaatkan potensi tersebut untuk memajukan perekonomian masyarakat.

🔘 Rangkaian Kegiatan:

1️⃣ Registrasi peserta dan coffee break;

2️⃣ Pembukaan acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, dan pertunjukan kesenian tari daerah, Tari Kembang Lambang Sari, yang merupakan tari penyambutan tamu khas Betawi;

3️⃣ Sambutan Bapak Rus Suharto – Kepala Sudin Parekraf Jaksel:
▪️ Peran masyarakat dalam promosi parekraf sangat penting, oleh karenanya Sudin Jaksel selalu melakukan koordinasi dengan masyarakat, baik dari tingat RT/RW maupun organisasi masyarakat dan karang taruna untuk turut meramaikan dan menyukseskan pelaksanaan event.
▪️ Inovasi dan kreativitas penyelenggaraan event juga perlu dipadukan dengan karakter masyarakat setempat agar masyarakat mau berkontribusi dan berpartisipasi aktif. Semakin banyak masyarakat yang paham pariwisata dan ekraf, pengembangan parekraf di daerah tersebut akan lebih mudah.
▪️ Saat ini Sudin Jaksel mendorong kesadaran parekraf masyarakat melalui program benchmarking ke Pokdarwis di daerah Garut dan Ciamis yang dikompetisikan melalui media sosial.

4️⃣ Sambutan Ibu Afrida Pelitasari – Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenparekraf:
▪ Masyarakat memiliki peran krusial dalam menggerakkan pariwisata dan ekonomi kreatif, yaitu sebagai katalis dari sisi demand dan supply. Dari sisi demand, kepercayaan, keinginan dan antusiasme masyarakat untuk kembali berwisata menjadi motivasi bagi industri parekraf. Kemenparekraf menunjang dengan melakukan berbagai campaign.
▪ Sedangkan dari sisi supply, masyarakat memiliki kesempatan untuk memanfaatkan kunjungan wisatawan domestik dan asing pada destinasi, maupun pengunjung pada event untuk memulai usaha pariwisata dan ekonomi kreatif ataupun usaha UMKM lainnya. Karena pada dasarnya salah satu tujuan utama pemerintah mengembangkan pariwista dan ekonomi kreatif di Indonesia adalah membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

5️⃣ Sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Ibu Himmatul Aliyah – Anggota Komisi X DPR RI:
▪ Masyarakat di Jakarta memiliki kesempatan yang besar karena Jakarta sebagai Ibu Kota Negara memiliki banyak sekali event yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
▪ Masyarakat perlu lebih proaktif dan kreatif dalam menciptakan oleh-oleh dan ikon khas Jakarta. Budaya Jakarta dihidupkan agar lebih banyak ikon yang dikenal.
▪ Sejauh ini yang telah dilakukan oleh Komisi X adalah mendorong pelaku parekraf untuk mengembangkan produk berbasis kearifan lokal, meminta pemerintah menciptakan iklim peningkatan kompetensi yang kondusif bagi UMKM, dan mendorong pemerintah pusat untuk menyiapkan skema pembiayaan dan perlindungan hak kekayaan intelektual.

7️⃣ Bincang Event the Brand Booster oleh Bapak Krisnanto Sutrisman – Founders Backstagers.
▪ Event dapat menjadi katalis untuk meningkatkan brand suatu produk, khususnya bagi UMKM. Karena esensi event adalah menarik keramaian.
▪ Dunia event sudah mulai kembali pulih dan ini menjadi momentum bagi UMKM untuk turut memanfaatkan kebangkitan event.
▪ Elemen-elemen pada event: penonton, sound system, MC, pengisi acara, semuanya dapat menjadi pendukung dan mengamplifikasi promosi produk.
▪ Penting bagi UMKM untuk mengetahuu beberapa informasi berikut sebelum memutuskan bergabung pada event: hari, lokasi, target audience/ traffic pengunjung, performers, other attraction, loading time and duration, tenant lists, do and donts, hingga dress code.

8️⃣ Sesi diskusi dan tanya jawab bersama narsumber.

9️⃣ Penutup

Kesimpulan dan output kegiatan:
Program bimbingan teknis Peran Strategis Masyarakat Dalam Mempromosikan Event Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dirasa tepat karena Jaksel memiliki potensi yang besar sebagai destinasi urban di Jakarta. Bimtek ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta, sehingga diharapkan lebih banyak masyarakat yang mendapatkan dampak positif terhadap perkembangan parekraf melalui kreativitas dan inisiatif untuk terlibat pada event parerkaf.

Registrasi peserta
Registrasi peserta
Penampilan kesenian khas Betawi, Tari Kembang Lambang Sari, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa
Penampilan kesenian khas Betawi, Tari Kembang Lambang Sari, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa
Sambutan oleh anggota Komisi X DPR RI, perwakilan Kemenparekraf dan Kasudin Parekraf Jaksel
Sambutan oleh anggota Komisi X DPR RI, perwakilan Kemenparekraf dan Kasudin Parekraf Jaksel
Pemberian cinderamata dan foto bersama peserta
Pemberian cinderamata dan foto bersama peserta
Paparan narasumber bertajuk "Event Boost Your Brand" yang menjelaskan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat saat penyelenggaraan event
Paparan narasumber bertajuk “Event Boost Your Brand” yang menjelaskan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat saat penyelenggaraan event
Sesi tanya jawab dan sharing dengan peserta
Sesi tanya jawab dan sharing dengan peserta

 

Author:

Tinggalkan Balasan