Bimbingan Teknis Pengenalan Wisata Bisnis (Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran/MICE) di Semarang

Laporan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pengenalan Wisata Bisnis (Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran/MICE) bersama Anggota Komisi X DPR RI, Bapak Mujib Rohmat yang dilaksanakan secara luring pada hari Kamis, 7 April 2022 di Hotel Harris Semarang, Jawa Tengah.

🔵Kegiatan dihadiri oleh :
1. Bapak Mujib Rohmat, Anggota Komisi X DPR RI;
2. Bapak Sapto Adi Sugihartono, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang;
3. Ibu Titik Wahyuni, Koordinator Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE, Kemenparekraf.
4. Ibu Titah Listiorini, Ketua DPD ASPERAPI Jawa Tengah (Narasumber);
5. 50 Peserta Bimbingan Teknis yang terdiri dari Disbudpar Kota Semarang, akademisi, serta komunitas dan pelaku pariwisata & ekraf.

🔵 Adapun rangkaian acara adalah sebagai berikut :
1️⃣ Sebelum memasuki lokasi kegiatan dan menjalani seluruh rangkaian acara, peserta melakukan SWAB test Antigen, untuk memastikan seluruh peserta yang hadir pada kegiatan ini bebas dari COVID-19.
2️⃣ Kegiatan seremonial diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa, dan penampilan tarian Dugderan yang merupakan tari tradisional dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.
3️⃣ Sesi Sambutan dan Pembukaan Acara
🔹 Bapak Sapto Adi Sugihartono, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang:
– Mengucapkan terima kasih karena sudah difasilitasi untuk bersama-sama meningkatkan kepariwisataan kota Semarang;
– Kota Semarang sudah hampir 12 tahun mengubah tradisinya dari yang sebelumnya dikenal sebagai kota transit menuju kota wisata menjadi kota tujuan wisata. Salah satu hal yang bisa diulik untuk kemajuan dan meningkatkan peran kota Semarang sebagai kota tujuan wisata yaitu dengan penyelenggaraan event-event MICE;
– Apabila kegiatan MICE sering diadakan di kota Semarang, maka kota Semarang akan semakin maju lagi dan pariwisatanya akan terus meningkat. Dengan cara ini akan mendorong kota Semarang untuk menyiapkan diri dan mengembangkan diri.

🔹 Ibu Titik Wahyuni, Koordinator Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE – Kemenparekraf;
– Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi yang memiliki potensi dalam pengembangan wisata bisnis (MICE) khususnya bisnis pertemuan dan pameran dengan melihat banyaknya fasilitas tempat pertemuan seperti hotel serta beberapa produk UMKM daerah yang iconic untuk dipasarkan ke wisatawan lokal maupun mancanegara.
– Kemenparekraf saat ini melakukan strategi pengembangan yaitu : Inovasi menciptakan sesuatu yang baru dari yg sudah ada, adaptasi dan juga kolaborasi seperti kegiatan bimtek ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi kemenparekraf dengan Komisi X DPR RI.
– Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kemenparekraf untuk mendorong bangkitnya kembali sektor parekraf adalah melalui pengembangan quality tourism. Dengan pariwisata yang berkualitas, maka penerimaan pariwisata yang didapatkan lebih tinggi dan juga berkelanjutan. Business tourism termasuk ke dalam pariwisata yang berkualitas melalui penyelenggaraan konferensi, pertemuan, pameran, dan perjalanan insentif.
– Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kembali pariwisata dan menggerakkan perekonomian daerah kota Semarang.

🔹 Bapak Mujib Rohmat , Anggota Komisi X DPR RI;
– Mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas terlaksananya bimtek ini dan berharap akan terus ada dukungan dari kemenparekraf untuk Pariwisata kota Semarang;
– Pandemi telah menghantam industri pariwisata dan ekonomi kreatif, untuk itu dibutuhkan strategi khusus dalam rangka kencapai target kunjungan wisata dan destinasi wisata baru pasca pandemi.
– Secara konstitusional, beberapa fungsi DPR dalam pembangunan pariwisata diantaranya fungsi legislasi yaitu membuat undang-undang yang terkait dengan pariwisata seperti UU Pariwisata, UU Ekraf, UU Pemajuan Kebudayaan, dll. Dalam hal fungsi anggaran, DPR telah memberikan dukungan anggaran yang meningkat dalam pembangunan pariwisata. Sementara dalam hal fungsi pengawasan, Kemenparekraf saat ini telah on the track dalam pembangunan pariwisata.

4️⃣ Penyerahan souvenir dari Kemenparekraf kepada Anggota Komisi X DPR RI, Plt. Kadisbudpar Kota Semarang dan Narasumber;  

5️⃣ Sesi Materi
Acara dilanjutkan dengan sesi materi bersama Narasumber yaitu Ibu Titah Listiorini, Ketua DPD ASPERAPI Jawa Tengah dipandu moderator dengan menyampaikan tema materi yaitu Meningkatkan Kegiatan MICE Nasional Dalam Rangka Menggerakkan Perekonomian Daerah:
– Penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibiton serta perbedaan antara Leisure Travelling dan Business Travelling;
– Jejaring usaha/industri MICE antara lain Destination Management Company (DMC), PCO, MCO, PEO, Venue Industry, Stand Contractor, Supplier of Goods, dll, dengan pasarnya (market) yaitu organisasi/ asosiasi, pemerintahan, perusahaan, perguruan tinggi, dan komunitas;
– Untuk mendukung bangkitnya kembali pariwisata khususnya MICE saat ini dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama dari Pentahelix (Komunitas, Akademisi, Pemerintah, Bisnis, dan Media) serta penerapan CHSE yang ketat.
– Beberapa fasilitas penunjang yang sudah ada di kota Semarang yang dapat meningkatkan MICE antara lain: Hotel Bintang (81 hotel), Hotel Melati (90), Mall (5), Venue MICE (10), dan calendar of event.

6️⃣ Rangkuman tanya jawab
a. Strategi yang perlu dilakukan oleh pelaku MICE untuk tetap bertahan di masa pandemi ini setelah hampir terpuruk beberapa tahun yaitu perlu menerapkan efisiensi dan tetap menawarkan usaha jasa yang dimiliki;
b. Hal utama yang sangat penting diterapkan dalam membantu kebangkitan pariwisata di Jawa Tengah khususnya Semarang yaitu mengutamakan hospitality dan service excellent.
c. Para pelaku parekraf maupun mahasiswa kota Semarang perlu menggali dan memberikan inovasi baru yang kreatif untuk bangkitnya kembali pariwisata kota Semarang.

Demikian laporan kegiatan ini kami sampaikan, terlampir dokumentasi kegiatan.

PIC Pembuat Laporan: Fransiska Sibarani – Staf Subdit Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE, Dit. MICE

Registrasi dan SWAB Antigen Test peserta

Ceremonial pembukaan: Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa, dan penampilan Tarian Daerah

Sesi Sambutan dari Plt. Kadisbudpar Kota Semarang, Kemenparekraf, dan Pembukaan oleh Anggota Komisi X DPR RI

Penyerahan Souvenir kepada anggota Komisi X DPR RI, Plt. Kadisbudpar Kota Semarang, dan Narasumber serta foto bersama

Sesi Paparan, Tanya Jawab dan Diskusi

Suasana pelaksanaan Bimtek

Author:

Tinggalkan Balasan