Festival Tumbilotohe

Dilaksanakan pada tanggal 28-30 April 2022, di Kab/Kota Provinsi Gorontalo.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

🔶 Festival Tumbilotohe merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri (4 hari sebelum lebaran). “Tumbilotohe” atau menyalakan lampu merupakan sebuah tradisi leluhur masyarakat Gorontalo yang telah ada sejak abad ke-16, tepatnya pada tahun 1525. Tumbilotohe dimaksudkan untuk menyemangati umat Islam dalam melaksanakan ibadah di malam-malam akhir bulan suci Ramadhan untuk meraih Malam 1000 Bulan atau Laylatul Qadar. Tumbilotohe dinyalakan dengan menggunakan lampu botol tradisional dengan minyak tanah yang digantungkan/diletakkan pada halaman rumah dan jalan-jalan.

🔶 Pada tahun ini, Festival Tumbilotohe dilaksanakan serentak di 3 (tiga) lokasi yaitu:
1. Desa Wisata Religi Bubohu
2. Bukit Proja
3. Kecamatan Ipilo

🔶 Rangkaian Festival Tumbilotohe dimulai pada tanggal 28 April 2022 atau bertepatan 27 Ramadhan 1443 Hijriah di kawasan Pantai Dulanga, Desa Wisata Religi Bubohu. Kegiatan dimulai pada pukul 20.30 WITA setelah pelaksanaan buka puasa serta ibadah shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih. Kegiatan hari pertama dimeriahkan dengan berbagai perlombaan permainan tradisional yang diikuti oleh anak-anak di sekitar kawasan Desa Wisata Religi Bubohu.

🔶 Pembukaan Festival Tumbilotohe dilaksanakan pada tanggal 29 April 2022 atau 28 Ramadhan 1443 Hijriah di kawasan Pantai Dulanga, Desa Wisata Religi Bubohu, dengan rangkaian sebagai berikut:
🔹 Pembukaan oleh MC
🔹Penampilan tarian oleh Pajongge Dancer
🔹Kata pengantar oleh Ketua Pokdarwis Bubohu
🔹Sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo

🔶 Bentuk dukungan Kemenparekraf adalah berupa fasilitasi sewa tenda, dekorasi panggung, sound system, pembuatan lampu hias, kursi, dan healthy kit seperti masker, tempat cuci tangan, dan hand sanitizer

🔶 Evaluasi:
– Festival Tumbilotohe 2022 telah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari secara sederhana di sejumlah lokasi di Kota Gorontalo dengan melibatkan pihak keamanan setempat. Namun, disebabkan tingginya antusias masyarakat terhadap Festival Tumbilotohe, maka kegiatan ini mengundang kerumunan sehingga sulitnya memantau penerapan protokol kesehatan.
– Pembukaan yang semula direncanakan diselenggarakan pada tanggal 28 April 2022 atau bertepatan dengan malam ke-27 bulan suci Ramadhan, namun diundur menjadi tanggal 29 April 2022 untuk mengikuti jadwal pimpinan pemerintah daerah.
– Secara keseluruhan, Festival Tumbilotohe 2022 telah berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian laporan disampaikan, terima kasih 🙏🏻

Suasana kegiatan Festival Tumbilotohe pada hari pertama
Pembukaan Festival Tumbilotohe serta sambutan-sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Ketua Pokdarwis Desa Wisata Religi Bubohu
Suasana kegiatan Festival Tumbilotohe dengan dekorasi lampu botol tradisional menjelang Hari Raya Idul Fitri
Author:

Tinggalkan Balasan