Rapat Kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Tahapan Presentasi (Bali)

Rapat Kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Tahapan Presentasi yang dilaksanakan di Grand Inna Kuta Bali pada tanggal 15 – 18 Februari 2022.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Rapat ini dilaksanakan dalam rangka Program Kharisma Event Nusantara tahun 2022, dan mendengarkan presentasi dari 68 event dari 13 provinsi:
– Provinsi Gorontalo
– Provinsi Sulawesi Selatan
– Provinsi Bali
– Provinsi Nusa Tenggara Barat
– Provinsi Maluku
– Provinsi Kalimantan Timur
– Provinsi Sulawesi Barat
– Provinsi Bangka Belitung
– Provinsi Sumatera Selatan
– Provinsi Kalimantan Selatan
– Provinsi Papua
– Provinsi Papua Barat
– Provinsi Jawa Tengah

2️⃣ Kegiatan ini dihadiri oleh:
Kemenparekraf / Baparekraf:
● Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Ibu Rizki Handayani;
● Direktur Event Daerah, Bapak Reza Fahlevi;
● Koordinator, Sub Koordinator dan Staf di lingkungan Direktorat Event Daerah.

Tim Kurator:
● Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreatifitas, Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak;
● Kurator Bidang Seni Pertunjukan dan Budaya, Bapak Eko Supriyanto;
● Kurator Bidang Media dan Strategi Komunikasi, Ibu Vera Damayanti;
● Kurator Bidang Ekonomi Kreatif, Bapak Ignasius Galih Sedayu;
● Kurator Bidang Manajemen Kegiatan, Ibu Debora Saron;

Peserta Kurasi KEN:
● Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Se – Indonesia.

3️⃣ Laporan hasil Kurasi KEN dari Tim Kurator kepada Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) dengan rangkaian sebagai berikut:
● Ketua Tim Kurator, Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak;
– Kurasi sudah dilaksanakan untuk memilih 100 event yang akan didukung dan 10 yang akan menjadi event unggulan, yaitu event yang sudah matang, tetap akan didukung agar menjadi signatur event di daerahnya, dan juga guna mendukung tujuan kemenparekraf.
– Seperti di daerah jawa, bali, banyak memiliki event yang sudah lama berjalan dan kualitas eventnya sudah mencapai titik yang baik, sementara di beberapa daerah kualitasnya masih belum baik.
– Kita harus mencari atau mendukung event yang ada di 5 DSP, karena daerah super prioritas dan patut event ini patut untuk di besarkan.
– Peran KEN bisa lebih optimal membangun event yang berkualitas untuk investasi kedepan dengan mnghadirkan event – event yang berkualitas serta memberi dampak ekonomi melalui event pariwisata.
– Kurator sepakat maksimal 3 event yang akan diajukan diluar 100 event yang akan masuk KEN, mulai dari pendampingan, perencanaan hingga monitoring dan evaluasi.
– Ada 10 event yang menjadi perencanaan, pelaksanaan, dan mempunyai kualitas serta dampak ekonomi yang baik. 10 event ini juga akan disiapkan narasi 10 event unggulan serta bisa menjadi benchmark bagi event – event lain guna kemajuan event di Indonesia.

4️⃣ Adapun proses Rapat Pleno sebagai berikut:
● Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Ibu Rizki Handayani;
– Menyampaikan apresiasi kepada tim kurator yang sudah meluangkan waktu untuk KEN 2022 ini.
– Kharisma Event Nusantara (KEN) ini sebagaimana arahan Presiden RI menjadi pemulihan ekonomi daerah. Event dianggap mampu mempercepat pemulihan di Daerah. Selain itu, KEN ini untuk mendorong event-event daerah menjadi kebanggaan Indonesia dan Daerah.
– Pemilihan KEN ini bisa diharapkan mempertimbangkan  segi pemerataan. selain itu perlu memperhatikan potensi event yg mungkin belum bisa mendapatkan sponsor pendanaan karena wilayah berada bukan di kota besar.

● Kurator Bidang Media dan Strategi Komunikasi, Ibu Vera Damayanti;
– Sepertinya perlu dipikirkan komposisi pelaksanaan tanggal, untuk mengantisipasi omnicron.
– Narasi awal sebelum launching maupun saat launching kami sepakat dari setiap aspek apa itu KEN, keunikan dan kekhususan nya, tujuannya untuk apa, implementasi bedasarkan kurasi yang ada, kenapa harus di support. Sehingga Narasi KEN menjadi kebanggaan daerah dan Event menjadi kuat serta mudah dalam komunikasi publik. Narasi Internal D6, Kemenparekraf dan Eksternal.

● Ketua Tim Kurator, Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak;
– Event yang ada di semester 2 perlu untuk dilakukan upaya pergeseran tanggal demi terlaksananya event agar tidak terkena pemotongan anggaran. Apakah akan kita komunikasikan kepada dinas provinsi?
– KEN perlu dimasukan ke dalam Website, own media kemenparekraf. Strategi Komunikasi (Edukasi KEN) dan Promosinya (Promosi Event).

● Kurator Bidang Manajemen Kegiatan, Ibu Debora Sharon;
– Untuk diketahui proposal event tahun lalu dan tahun sekarang dari segi perencanaan lebih baik, namun proses monev juga menjadi hal utama, dan dari hasil itu bisa dijadikan penilaian kurasi tahun depan.
– Event yang sukses itu jika dilihat dari tujuan dan targetnya tercapai bukan event yang hanya ramai didatangi.

● Kurator Bidang Seni Pertunjukan dan Budaya, Bapak Eko Supriyanto;
– menyampaikan rasa kekhawatiran terdahap DSP Borobudur. Sepertinya perlu adanya akselerasi pendampingan terhadap DSP Borobudur pada aspek pemahaman event.

● Kurator Bidang Ekonomi Kreatif, Bapak Ignasius Galih Sedayu;
– KEN ini melahirkan event berkualitas, berdampak, dan berkelanjutan, harus membuat rangka kerja strategis untuk menjadi acuan dukungan kebijakan, program, dan anggaran, namun focus utamanya menghasilkan event yang mandiri dan event – event yang memberikan ruang atraksi dan ekspresi.
– Terkait pendampingan sebaiknya membuat protoype 3 event program pendampingan dan motoring evaluasi dengan baik sehingga bisa memberikan ispirasi yang baik untuk event lain.

● Direktur Event Daerah, Bapak Reza Fahlevi;
– Jawa Tengah setelah dilihat usulannya, memang kota Surakarta menajdi event yang banyak diusulkan.
– Papua sudah kami komunikasikan untuk memberikan usulan lagi dan coba akan kami berikan waktu presentasi agar ada event yang bisa dikurasi lagi.

5️⃣ Tindaklanjut:
1. Akan dilakukan kurasi presentasi untuk Papua dan Papua Barat hari senin, 21 februari 2022
2. Rekapitulasi 110 event KEN terpilih menindaklanjuti beberapa catatan saat rapat Pleno
3. Pengaturan jadwal untuk pelaporan ke Menteri terkait hasil kurasi KEN 2022

 

Proses tanya jawab Kurasi KEN 2022

 

Laporan Ketua Tim Kurator, Bapak Josua Simanjuntak kepada Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaran Kegiatan (Events)

 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), memberikan arahan terkait Laporan Tim Kurator KEN 2022

 

Tanggapan oleh para Tim Kurator, Bapak Ignasius Galih Sedayu (kiri atas), Ibu Vera Damayanti (kanan atas), Ibu Debora Sharon (kiri bawah) serta Koordinator Strategi dan Promosi Event Daerah, Bapak Hafiz Agung Rifai (kanan bawah)

 

Foto bersama para peserta Rapat Kurasi Kharisma Event Nusantara 2022
Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan