Festival Pergantian Bregada Rakyat Malioboro 2021

🔸 Festival ini merupakan adaptasi dari Seremonial Pergantian Bregada oleh dilakukan Keraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman yang menjadi magnet wisatawan sekaligus memperkuat keberadaan budaya bregada.

🔸 Festival Pergantian Bregada Rakyat Malioboro diharapkan juga dapat meningkatkan awareness program Atraksi Budaya sebagai ciri dan atraksi di Yogyakarta, serta dalam jangka panjang meningkatkan perputaran ekonomi lokal, menarik wisatawan dengan prokes ketat, melestarikan budaya, serta menginspirasi destinasi wisata lain.

🔸 Atraksi Budaya Bregada Rakyat Malioboro ini merupakan salah satu upaya kerja sama antara Kemenparekraf RI bersama Dinas Pariwisata Provinsi DIY.

🔸 Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2021, dan dihadiri oleh:
– Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur, Bapak Agus Rochiardi;
– Sekretaris Daerah DIY, Bapak Kadarmanta Baskara Aji;
– Kepala Dinas Pariwisata DIY, Bapak Singgih Raharjo;
– Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Bapak Wahyu Hendratmoko;
– Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Sekda DIY, Imam Katanadi;
– Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Yogyakarta, Imam Widodo;

🔸Sambutan – sambutan :
▪️ Sambutan Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur yang menyampaikan :
– Apresiasi kepada Keraton Yogyakarta, Dinas Pariwisata DIY dan Kota Yogyakarta, Masyarakat DIY yang sudah terlibat langsung dalam mewujudkan Atraksi Budaya Bregada Rakyat Malioboro. Diharapkan kegiatan ini dapat berkembang dan berlanjut menjadi ciri khas pariwisata di Yogyakarta dan menjadi contoh bagi pengembangan pariwisata di kota lainnya.

▪️ Sambutan Sekretaris Daerah DIY yang menyampaikan :
– Festival pergantian petugas bregada bisa menjadi momentum event yang menarik dan atraktif untuk menjadi daya tarik wisatawan di Yogyakarta semakin baik;
– Harapan kedepannya, event bregada rakyat malioboro terus bisa dilaksanakan dan setiap pergantian kelompok bregada, bisa dilakukan tidak hanya di satu tempat, tapi juga di tempat-tempat yang lain.

🔸
– Acara dilanjutkan dengan Prosesi Pergantian Prajurit Bregada, Dipimpin oleh Manggala Yudha Bapak Nur Sukiyo dengan Inspektur Upacara Kepala Dinas Pariwisata DIY Bapak Singgih Raharjo.
– Bregada bertugas sebagai informan tentang CHSE dan membagikan masker kepada para pengunjung di titik-titik sepanjang Jalan Malioboro serta para pengunjung bisa berfoto bersama dengan para bregada di wall of fame yang telah disediakan.

🔸 Kesimpulan dan Tindak lanjut dari kegiatan ini:
– Event ini dilaksanakan secara tertutup, terbatas, dan melalui prokes yang ketat. Dalam kondisi normal ke depannya, event ini diharapkan dapat menarik wisatawan secara luas dan melibatkannya sebagai bagian dari festival.

– Pelaksanaan event ini menggandeng industri dan K/L dengan harapan keberlanjutan program melalui penjualan paket wisata dan produk UMKM

 

Proses swab antigen dan penampilan tarian Nagari Yogyakarta

 

Sambutan oleh Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur (atas), dan Sekretaris Daerah DIY (bawah)

 

Prosesi Pergantian Prajurit Bregada, dengan Inspektur Upacara Kepala Dinas Pariwisata DIY

 

Prosesi pergantian kelompok bregada rakyat malioboro

 

Antusias masyarakat dan pembagian masker oleh prajurit bregada

 

 

Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan