Pelaksanaan Pendukungan Kegiatan The 58th International Association Women Police (IAWP) Training Conference 2021

Laporan pelaksanaan Pendukungan Kegiatan The 58th International Association Women Police (IAWP) Training Conference 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 11 November 2021 secara Hybrid di Meruorah Hotel & Convention Center, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan dihadiri oleh:
1. Kepala Kepolisian RI, Bapak Listyo Sigit Prabowo;
2. Presiden International Association of Women Police (IAWP), Mrs. Debora Frield (Online);
3. Menteri Dalam Negeri RI, Bapak Tito Karnavian;
4. Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani (Online);
5. Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bapak Josef Nae Soi;
6. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani (Tapping);
7. Bupati Manggarai Barat, Bapak Edistasius Endi;
8. Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Bapak Fransiskus Sale Sodo;
9. Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah/Presiden ke 3 International Association Women Police (IAWP), Ibu Ida Oetari;
10. Karojianbang Lemdiklat Polri/Direktur Konferensi IAWP, Ibu Juansih;
11. Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran (MICE) Kemenparekraf, Ibu Masruroh
12. Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Ibu Shana Fatina;
13. Direktur Pemasaran Pariwisata BPOLBF, Ibu Raisa Lestari Niloperbowo;
14. Sebanyak 65 Global Speakers
15. Peserta offline yang terdiri dari 407 Polisi Wanita Indonesia dan 39 Polisi Wanita Mancanegara (berasal dari 12 Negara dan 2 Organisasi International) diantaranya United Kingdom, Filipina, Timor Leste, Belanda, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Australia dan Turki dan Peserta online yang terdiri dari 299 polisi wanita yang berasal dari Indonesia dan 235 polisi wanita yang berasal dari 39 Negara dan 8 Organisasi Internasional

🔴LATAR BELAKANG

International Association of Women Police (IAWP) merupakan asosiasi internasional bagi seluruh polisi wanita terbesar didunia. Acara konferensi ini merupakan pertemuan tahunan yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan polisi-polisi wanita dengan mengadakan pelatihan terkait policing, soft skills dan pengembangan kapasitas serta membangun jejaring (networking) serta membahasa isu-isu terkait kesetaraan gender, polisi wanita dalam kepimpinan, kejahatan transnational dan sebagainya. Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi IAWP yang diperoleh setelah memenangkan bidding pada bulan Maret 2019.

🔴RANGKAIAN KEGIATAN

1️⃣ Parade of Nations (6 November 2021)

Parade of Nation dilaksanakan pada tanggal 6 November 2021 di sekitar Meruorah Hotel. Acara ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol CHSE dengan melibatkan sekitar 150 Polisi Wanita yang berasal dari Indonesia, 29 Polisi Mancanegara, serta 200 peserta yang terdiri dari tim marching band dan pembawa bendera yakni para pemuda paguyuban di wilayah Kab. Manggarai Barat. Para peserta menempuh jarak sekitar 1 km yang dimulai dari Lapangan Kampung Ujung dan menuju line finish di depan Meruorah Hotel.

2️⃣ Opening Ceremony of IAWP 2021 (7 November 2021)

A. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan setiap peserta serta para pihak panitia penyelenggara diwajibkan melakukan test swab antigen sebelum memasuki venue.

B. Laporan Kegiatan dan Sambutan

▪️ Laporan kegiatan oleh Ibu Juansih, Karojianbang Lemdiklat Polri/Direktur Konferensi IAWP
Terima kasih kepada Board of Director of IAWP yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan IAWP yang ke-58. Suatu kehormatan karena Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah sejak berdirinya asosiasi ini pada tahun 1915. Tahun ini merupakan penyelenggaraan perdana konferensi IAWP secara hybrid.

▪️ Sambutan oleh Ibu Debora Friedl, Presiden International Association Women Police (IAWP)
Selamat kepada Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan konferensi IAWP 2021. Melalui acara ini, kami berharap IAWP dapat menjadi salah satu organisasi yang dapat menginspirasi dan tentunya para polisi wanita dari seluruh dunia dapat memegang peranan penting dari segala aspek yang dapat membanggakan bangsa dan negara serta menjadi pemimpin masa depan dengan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang luar biasa serta memiliki jaringan (networking) yang lebih luas dengan aparat penegak hukum lainnya.

▪️ Sambutan dan pembukaan resmi oleh Bapak Listyo Sigit Prabowo, Kepala Kepolisian RI
– Menyadari peran strategis wanita di Kepolisian, Polri telah berkomitmen untuk menciptakan institusi Kepolisian yang inklusif bagi semua golongan termasuk perempuan. Saat ini, Polwan Indonesia telah menduduki jabatan operasional yang strategis di Kepolisian dan jabatan yang high risk seperti pada misi perdamaian dunia, Densus 88 Antiteror, dan pasukan Brigade Mobile.
– Dengan kesuksesan acara IAWP ini, Polri memastikan, event internasional lainnya yang akan diselenggarakan di Indonesia tentunya akan bisa berjalan dengan baik secara keamanan serta faktor kesehatan. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia akan menjadi venue dari pelaksanaan beberapa event internasional yaitu World Superbike 2021 di Mandalika, International Badminton Festival (IBF) 2021 di Bali dan Presidensi G-20 2022.

C. Sambutan dari Keynote Speaker
“Leadership in The Pandemic Area: The Role of Policing in Indonesia” yang disampaikan oleh Ida Oetari, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah/Presiden ke 3 International Association Women Police (IAWP).

D. Heritage and Annual Award Recognition 2020/2021

Rangkaian acara ini merupakan penganugerahan dari IAWP kepada para polisi wanita dan penegak hokum dari seluruh dunia, yang berprestasi dan dianggap outstanding dalam melaksanakan tugasnya dengan baik.

E. Welcome Dinner

Welcome dinner dilaksanakan di Puncak Waringin. Acara diawali dengan pertunjukan tari tradisional ‘Caci’ serta pertunjukan alat musik tradisional daerah dan dilanjutkan oleh sambutan selamat datang oleh Wakil Gubernur NTT, Bapak Nae Soi.

3️⃣ Training Session I (8 November 2021)

A. Sambutan dari Keynote Speaker
“Women at The Center Stage of Policing” yang disampaikan oleh Bapak Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri RI

Tema ini sangat tepat bagi peran polisi wanita pada pusat panggung pemolisian. Peran polisi sangat penting dalam kehidupan masyarakat dan sangat menentukan, untuk menjaga ketertiban, keamanan, penegakan hukum, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Kami berharap organisasi IAWP dapat menjadi mesin pendorong baru untuk meningkatkan gender equality di dalam semua kehidupan kemasyarakatan di seluruh negara, karena masih terdapat banyak negara yang peran wanitanya belum diakui secara maksimal.

B. Training Session Hari I dibagi menjadi 5 Break Room yang melibatkan sebanyak 20 speakers nasional dan internasional dengan masing-masing 5 topik pembahasan yang berbeda-beda.

4️⃣ Para peserta konferensi mengikuti kegiatan City Tour ke Goa Batu Cermin

5️⃣Training Session II (9 November 2021)

A. Sambutan dari Keynote Speaker

▪️“Women and Their Challenges” yang disampaikan oleh Ibu Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI
Peran wanita dalam kehidupan ini sangatlah penting. Seperti yang kita tahu di era modern ini, wanita dituntut untuk memiliki kedudukan yang sama seperti pria. Namun masih banyak sekali masyarakat yang meragukan peran penting wanita disegala aspek kehidupan. Tidak terkecuali peran polisi wanita dalam suatu negara. Jumlah polisi wanita di Indonesia dibandingkan rata-rata jumlah polisi wanita di negara lain masih terbilang sangat sedikit. Menurut data, jumlah polisi wanita di Indonesia saat ini tidak lebih dari 10%. Hal ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kaum wanita untuk meyakinkan bahwa mereka mampu, kuat dan berkompeten untuk bersaing. Melalui penyelenggaraan training conference ini, kami tentu berharap akan ada dampak baik bagi kaum wanita dalam menghadapi isu-isu yang bermunculan di era ini khususnya isu kesetaraan gender.

▪️“International Association of Women Police for Tourism” yang disampaikan oleh Ibu Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf RI
– Selamat kepada Polri dan IAWP yang telah berhasil menyelenggarakan Konferensi IAWP ke-58 di Labuan Bajo, Indonesia. Pandemi Covid-19 telah menciptakan krisis ekonomi global dengan dampak paling serius dan signifikan terhadap pariwisata Indonesia. Kemenparekraf berupaya mendorong Indonesia untuk tetap bertahan, bangkit dan optimis. Dengan berkolaborasi bersama Kementerian dan Lembaga terkait, kami juga telah mengintensifkan program vaksinasi untuk semua industri pariwisata dan ekonomi kreatif dan membuat pedoman Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

– Kami optimis International Association Police Women (IAWP) memiliki misi yang selaras dengan Kemenparekraf dalam membawa dampak positif bagi sektor pariwisata. Kami mengemban misi menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan dengan pendekatan persuasif dan edukatif, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di bidang pariwisata. Kami berharap dengan meningkatkan jumlah perempuan yang masuk kepolisian setiap tahun, melatih petugas polisi tentang isu-isu gender dan memberikan posisi kepemimpinan perempuan, akan membantu meningkatkan perlindungan perempuan di negara ini. Dan sebagai hasilnya, akan memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat, termasuk wisatawan, baik domestik maupun internasional.

– Semoga acara ini dapat menjadi inspirasi bagi pertemuan-pertemuan internasional lainnya dan menjadi benchmark sebagai persiapan untuk keiatan G20 di tahun 2022. Konferensi ini menunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi negara tuan rumah untuk setiap acara internasional di era baru ini.

B. Training Session Hari II dibagi menjadi 5 Break Room yang melibatkan sebanyak 20 speakers nasional dan internasional dengan masing-masing 5 topik pembahasan yang berbeda-beda.

🔴PENUTUP

Rangkaian kegiatan The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 akan berlanjut sampai dengan tanggal 11 November 2021. Adapun rangkaian acara yang masih tersisa yakni Training Conference III, City Tour ke Taman Nasional Komodo; Pulau Padar; dan Pink Beach, Closing & Gala Dinner.

Demikian laporan ini disampaikan. Terlampir dokumentasi kegiatan. Terima kasih.

PIC Pembuat Laporan: Winona Windasmara – Staf Subdit Pemenangan Tuan Rumah dan Pendukungan MICE, Dit. MICE

Suasana kegiatan Parade of Nations
Laporan kegiatan oleh Direktur Konferensi IAWP, Sambutan oleh Presiden International Association, Sambutan pembukaan oleh Kepala Kepolisian RI
Pembukaan acara secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Kepala Kepolisian RI yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta
Welcome Dinner di Puncak Waringin
Sambutan dari para Keynote speakers
Sesi training session secara hybrid
Aktivitas dibooth BPOLBF pada Pameran IAWP 2021
Author:

Tinggalkan Balasan