Likupang Tourism Festival 2021

Kegiatan Likupang Tourism Festival 2021 telah dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Oktober 2021 di Pantai Paal, Likupang, Sulawesi Utara.

Likupang Tourism Festival masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021 kategori Reguler. Merupakan event perdana Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pariwisata yang diisi dengan berbagai aktivitas yaitu Pameran Ekonomi Kreatif, Parade perahu hias, dan berbagai penampilan Pentas Seni Khas dari Minahasa Utara. Selain itu diadakan berbagai Perlombaan seperti Lomba Batobo, Bakar Ikan, Perahu Hias dan Paralayang yang semakin memeriahkan acara.

Konsep penyelenggaraan event  secara hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan/CHSE dan pembatasan pengunjung.

🔴 TAMU UNDANGAN
1. Bupati Minahasa Utara, Bapak Joune J.E. Ganda
2. Kepala Dinas Pariwisata Minahasa Utara, Bapak Audy Sambul
3. Kepala Bidang Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Teresia Sampie
4. Kasdam Brigjen TNI, Bapak Wirana Prasetya Budi
5. Karo DPS Kombespol, Bapak Drs. R.W. Wirawan
6. Kasubdit Patroli Airud, Bapak AKBP Alfianto Jojohikrat
7. Ketua DPRD Kab. Minahasa Utara, Bapak Denny Lolong
8. Kajari Minahasa Utara, Ibu Fanny Widyastuti
9. Kapolres Minahasa Utara, AKBP Bambang Yudi Wibowo
10. Forkopimda Minahasa Utara
11. Para Pejabat di Pemerintah Kab. Minahasa Utara
12. Ketua Panitia Ibu Khristin K. Kindangen
13. Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

🔴 RANGKAIAN ACARA

🔸 Hari 1 : Sabtu, 30 Oktober 2021

Susunan Acara pada hari pertama pelaksanaan Likupang Tourism Festival berlokasi di Pantai Paal dengan uraian acara sebagai berikut :

🔹Host membuka acara

🔹Seluruh Tamu Undangan dan Peserta berdiri Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

🔹Pembacaan Doa

🔹Laporan Ketua Panitia Acara, Ibu Khristin K. Kindangen. Beliau mengungkapkan Likunpang Tourism Festival merupakan event mmpertama yang dilaksanakan di DPSP Likupang dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021. Kegiatan ini melibatkan 300 peserta ditambah 200 personel baik petugas pengamanan, pengisi acara dan tenaga medis. Untuk protokol kesehatan, semua panitia dan peserta yang terlibat harus menunjukkan bukti vaksin Covid-19 minimal vaksin dosis pertama. Seluruh peserta dan panitia juga diwajibkan untuk melakukan tes antigen. Tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf RI, Bupati dan segenap jajarannya dan para sponsor yang sudah ikut mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

🔹Sambutan dan Ucapan Selamat Datang dari Bupati Minahasa Utara, Bapak Joune J.E. Ganda. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi pelaksanaan Likupang Tourism Festival yang akan menjadi agenda rutin tahunan Kemenparekraf RI di KEK tersebut. Beliau menyadari pada pelaksanaan pertama ini, masih banyak kekurangan. Namun seiring berjalannya waktu perbaikan akan terus dilakukan. Apalagi kegiatan ini terus mendorong pemulihan ekonomi di tengah masyarakat. Gaung sosialisasi ini harus terus dilakukan agar masyarakat lokal, nasional maupun internasional bisa lebih mengenal Likupang. Beliau juga menyampaikan sudah melakukan kunjungan ke Jakarta untuk bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta agar Promosi Destinasi Wisata Likupang dapat disematkan di transportasi umum seperti MRT, LRT dan Bus Transjakarta. Selain itu event-event insidensial juga sudah dipersiapkan seperti diving yang bisa menarik minat peserta dari luar daerah untuk ikut dan menikmati keindahan biota bawah laut di Likupang, selain itu ada sport tourism lain seperti lari, bersepeda dan golf. Beliau juga menyatakan kesiapan event pariwisata bisa lebih berkembang jika kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid 19 lebih tinggi, hal ini bisa dilihat dari capaian vaksinasi di Minahasa Utara yang masih rendah. Oleh sebab itu beliau berpesan agar tingkat vaksinasi harus dikejar dan pada bulan Desember harus sudah mencapai 70%.

🔹Penampilan Dancer Likupang Tourism Fest

🔹Demonstrasi TNI AL Beratraksi Menunjukan Keterampilan Mengendalikan Perahu Karet

🔹Parade Jetsky, 5 Pemain Jetsky melakukan Parade Jetsky sambil membawa Bendera LTF

🔹Parade Perahu Hias

🔹Penampilan Pentas Seni Daerah Khas Minahasa Utara Tarian Ampa Wayer, Tarian Masamper, Musik Keroncong Mama, Tarian Maengket, Tarian Tumatenden Modern Dance , dan Home Band

🔹Para Tamu Undangan menikmati Makan Siang sambil disuguhi Penampilan dari Musik Bia dan Musik Kolintang

🔹Lomba Perahu Hias

🔹Lomba Bakar Ikan

🔹Makan Malam, seluruh Tamu Undangan Dan Pengunjung Dipersilahkan Untuk Menikmati Sajian Ikan Bakar Hasil Perlombaan

🔸 Hari 2 : Minggu, 24 Oktober 2021

Susunan Acara pada hari kedua pelaksanaan Likupang Tourism Festival berlokasi di Pantai Paal sebagai berikut :

🔹 Persiapan Perlombaan dan Makan Siang

🔹 Lomba Batobo (Berenang dilaut lepas)

🔹 Acara ditutup dengan penampilan Band Lokal “False Band” dari Minahasa Utara, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan sambutan penutupan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Minahasa Utara, Bapak Audy Sambul. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang berpartisipasi. Meski di tengah semua keterbatasan, event bisa tetap sukses digelar dengan prokes yang ketat. Semua yang kurang akan dimatangkan di tahun-tahun selanjutnya. Beliau mengungkapkan bahwa Likupang Tourism Festival sudah masuk dalam KEN dan berada di peringkat ke-83 nasional. Beliau berharap tahun depan event ini bisa masuk 50 besar event nasional.

🔴 KESIMPULAN
1. Event Likupang Tourism Festival ini masih merupakan event lokal, yang masih harus dikemas untuk bisa melibatkan kabupaten di sekitarnya.
2. Masih belum bisa diatur untuk penempatan pengunjung dan peserta lomba, serta belum melibatkan banyak komunitas event, sehingga event hanya seperti acara perlombaan biasa.

Secara keseluruhan kegiatan Likupang Tourism Festival 2021 telah terlaksana dengan lancar dan aman.
Demikian laporan ini disampaikan. Terima kasih

MC membuka acara dengan menyambut para tamu undangan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya
Sambutan Bupati Minahasa Utara, Bapak Joune J.E. Ganda dan Laporan Ketua Panitia, Ibu Khristin K. Kindangen
Pembukaan acara secara simbolis dengan membunyikan kentongan oleh Bupati didampingi para tamu undangan VIP
Penampilan berbagai Pentas Seni Daerah Khas Minahasa Utara
Demonstrasi TNI AL Beratraksi Menunjukan Keterampilan Mengendalikan Perahu Karet dan Paramotor
Bupati meninjau pameran UMKM Ekonomi Kreatif Khas Minahasa Utara
Pelaksanaan Lomba Bakar Ikan dan Perahu Hias
Pelaksanaan Lomba Batobo
Penutupan Acara yang diisi dengan penampilan Band Lokal “False Band”, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan sambutan penutupan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Minahasa Utara, Bapak Audy Sambul
Author:

Tinggalkan Balasan