Kegiatan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) pada Penyelenggaraan Kegiatan MICE di Lampung

pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) pada Penyelenggaraan Kegiatan MICE di Lampung yang dilaksanakan pada hari Rabu, 22 September 2021 di Hotel Novotel Lampung serta dilanjutkan dengan Kegiatan Simulasi Panduan Pelaksanaan CHSE pada Insentif Trip yang dilaksanakan pada Kamis, 23 September 2021 di destinasi wisata di sekitar Lampung. Dengan poin-poin sebagai berikut:

🔹 A. Kegiatan Sosialisasi CHSE MICE

1️⃣ Sosialisasi dilaksanakan secara hybrid dengan jumlah peserta yang terdaftar melalui platform MICE.id yaitu 80 orang yang terdiri dari pemerintah daerah, asosiasi, industri, dan akademisi, pengelola desa wisata, serta 10 orang media lokal.

2️⃣ Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Rapid Test Antigen bagi seluruh peserta, kemudian peserta memasuki venue dengan mengikuti standar protokol kesehatan yaitu membersihkan tangan dengan sanitizer. Para peserta juga diberikan merchandise kit berupa hand sanitizer, masker, tissue basah untuk dipakai selama mengikuti kegiatan. Kemudian acara dimulai dengan safety briefing, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pertunjukan tarian Tari Sigeh Pengunten dari Sanggar Sapta Budaya, serta Pembacaan Doa.

3️⃣ Sambutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, disampaikan oleh Bapak Budi Supriyanto, Koordinator Strategi & Kemitraan Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran yang menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi panduan CHSE ini diharapkan para pelaku siap menyelenggarakan kegiatan MICE meskipun dalam lingkup domestik, untuk menggerakkan perekonomian lokal.

4️⃣ Sambutan dan pembukaan dari Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif oleh Bapak Edarwan, yang menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat memajukan industri kepariwisataan Lampung khususnya industri MICE guna meningkatkan perekonomian daerah. Para pelaku pariwisata diharapkan terus berevolusi cara berpikir dalam mengelola sektor pariwisata dengan beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi, seperti yang disampaikan Bapak Menparekraf.

5️⃣ Paparan oleh Bapak Fauzi Mubarak – Dosen & Peneliti MICE Politeknik Negeri Jakarta, yang menjelaskan ruang lingkup Panduan CHSE MICE yang terdiri dari:
A) Panduan Umum
▪️Tata Kelola (Manajemen Kegiatan): berisi pedoman yang mengacu pada unsur CHSE secara keseluruhan
▪️MICE: berisi panduan yang berlaku diseluruh aktivitas Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi dan Pameran.

B) Panduan Khusus
▪️Pertemuan dan Konvensi, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas pertemuan dan konvensi
▪️Perjalanan Insentif, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas perjalanan insentif
▪️Pameran, berisi panduan yang berlaku dalam aktivitas pameran.

6️⃣ Paparan oleh Ibu Pauline Suharno – Ketua DPP ASTINDO, yang menyampaikan:
▪️Pengembangan destinasi MICE secara garis besar dibagi menjadi 4 yaitu Aksesibilitas, Atraksi (Daya Tarik Wisata), Amenitas (Keadaan Lingkungan, Citra Destinasi), Sumber Daya Manusia & Dukungan Stakeholder.
▪️Masa pandemi telah merubah tren traveling diantaranya yaitu lebih concern kepada faktor kesehatan dan cenderung memilih aktivitas pariwisata outdoor.
▪️Potensi & daya tarik Lampung sebagai destinasi incentive trip: Wisata Alam terdiri dari Pantai & Pulau, Pegunungan, Air Terjun, Taman Nasional, Seni & Budaya, Kuliner.

7️⃣ Paparan dari Agus Setiawan – tim Platform MICE.id yang menjelaskan mengenai platform Digital MICE Indonesia (MICE.id)
▪️MICE.id merupakan platform berbasis web yang digunakan dengan cara digitalisasi database pada bidang MICE Indonesia, bertujuan memudahkan dan mempercepat koordinasi dan kolaborasi antar takeholder MICE, serta menjadikan MICE.id sebagai rujukan informasi mengenai MICE Indonesia
▪️Fitur-fitur unggulan MICE.id: Inventory, Event Management, Virtual Meeting, Virtual Conference, Virtual Exhibition, Knowledge, Webinar/Seminar, Document Management, Big Data, Strategic Dashboard, dan e-voucher.
▪️Direktorat MICE membuka kesempatan luas bagi seluruh stakeholder seperti asosiasi, industri, maupun akademisi untuk memanfaatkan platform MICE.id ini guna mendukung manajemen kegiatan masing-masing stakeholder dalam melaksanakan penyelenggaraan kegiatan MICE.
▪️Tahun ini terus dilakukan pengembangan dan perbaikan pada mice.id baik secara tampilan yang dibuat lebih user friendly dan juga akan dibuat versi mobile di IOS dan Android.

🔹 B. Kegiatan Simulasi CHSE pada Mini Exhibition
▪️Terdapat 10 UMKM lokal yang menjual produk unggulan khas Lampung antara lain : kopi, tas, baju, makanan ringan dan kue khas Lampung
▪️Mekanisme transaksi dilaksanakan secara digital menggunakan QR code berupa voucher senilai Rp. 100.000 yang diaktifkan saat peserta melakukan registrasi di tempat.
▪️Total transaksi seluruh booth berjumlah Rp7.190.900,-

🔹 C. Kegiatan Simulasi CHSE pada Insentif Trip
1️⃣ Insentif Trip dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 23 September 2021 yang diikuti oleh 10 media lokal, pendamping dari Disparprov dan dipandu oleh 1 orang pemandu wisata
2️⃣ Rute Insentif Trip
▪️Kunjungan ke Pulau Pahawang, island hopping dan uji coba jasa aktivitas olahraga air yang telah menerapkan protokol CHSE.
▪️Kunjungan ke Toko Oleh-oleh Aneka Sari Rasa dan Tempat Wisata Puncak Mas, untuk melihat secara langsung penerapan protokol CHSE di tempat tersebut tersebut.

1. Pemeriksaan antigen bagi seluruh para peserta dan proses registrasi
2. Pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, safety briefing, pembacaan doa dan Pertunjukan Tari Siger Pengunten
3. Sambutan dari Perwakilan Kemenparekraf dan Sambutan pembukaan dari Kadisparekraf Provinsi Lampung
4. Penyerahan souvenir kepada seluruh Narasumber
5. Sesi foto bersama
6. Paparan narasumber dan sesi tanya jawab
7. Mini Exhibition UMKM
8. Kegiatan Insentif Trip mengunjungi destinasi wisata yaitu Pulau Pahawang, Puncak Mas dan Wisata oleh-oleh khas Lampung Aneka Sari Rasa

 

Laporan disusun oleh Halida Isfiandani

 

Author:

Tinggalkan Balasan