Barru Local Fest

Barru Local Fest telah dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2021 pukul 10:00 – 22:00 WITA di Lantai 6 Mall Pelayanan Publik Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dan seluruh rangkaian acara dapat disaksikan pada channel youtube Pitu Rupa dan akun facebook OrangBarru. Berikut poin-poin yang dilaporkan:

  1. Barru Local Fest masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara kategori Event Reguler. BLF merupakan event tahunan untuk mewadahi para komunitas dan brand lokal di Kabupaten Barru, yang digelar sejak tahun 2017 dan tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-5 kalinya.
  2. Rangkaian kegiatannya antara lain:

1) Pameran UMKM yang menjual produk kerajinan dan produk kuliner khas Barru berlangsung selama 1 hari pelaksanaan kegiatan pada tanggal 21 Agustus 2021 yang dijual secara online melalui akun Instagram OrrangBarru dan diantarkan oleh mitra kurir Bakuantar. Selanjutnya produk UMKM ini akan terdaftar dalam E-Catalog UMKM Barru yang dapat diunduh pada laman websire Barru.org.

2) Pembukaan Kegiatan diawali dengan penampilan tarian tradisional Tari Padduppa.

3) Kemudian dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Barru. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf atas dukungannya karena BLF telah masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara. Serta kepada Pemprov Sulawesi Selatan atas dukungannya untuk pelaksanaan BLF dan dalam mendukung UMKM di Kab. Barru.

4) Selanjutnya penayangan video produk lokal Barru.

5) Talkshow UMKM Bangga Buatan Barru, hadir sebagai pembicara antara lain:

a) Bapak Andi Takdir, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM. Beliau menjelaskan mengenai bantuan kepada UMKM Barru selama pandemi Covid-19.

b) Bapak Yusri, Pimpinan Kantor Pekkae Bank Sulsel Barru. Beliau menjelaskan mengenai penggunaan QRIS sebagai transformasi digital UMKM Barru.

c) Bapak Muh. Muhaemin, Dosen DKV UNM. Beliau menjelaskan mengenai pentingnya digital branding untuk menaikan omzet UMKM Barru.

6) Sharing Strategi UMKM Barru untuk bertahan di masa pandemi Covid-19 oleh perwakilan pelaku UMKM Barru Ibu Mawar Magfirah dari Kedai Teras.

7) Talkshow Komunitas Inspiratif bersama komunitas lokal, antara lain:

a) Gendrang Riwakkang, komunitas seni dari Pujananting.

b) Pokdarwis Maddo, komunitas wisata dari Dusun Maddo.

8) Games Interaktif Komunitas “Seberapa Barru Kamu”, yang pesertanya sudah mendaftar dan dipilih 5 orang perwakilan dari masing-masing komunitas.

9) Ceremony #BLF2021 disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube Pitu Rupa dengan link https://youtu.be/Em0n7hH0T10 dan akun Facebook OrangBarru. ● Kegiatan ini dihadiri oleh:

a) Bapak Suardi Saleh, Bupati Barru

b) Bapak AKBP. Lilik Tribhawono S. Ik., Kapolres Barru

c) Bapak Andi Syarifuddin, Kadispar Barru

d) Bapak Cecep Satia, Subkoordinator Event Wilayah IIB Kemenparekraf e) Bapak Yusran, Disparprov Sulawesi Selatan

  • Kegiatan ini diawali dengan penampilan tari Gendrang Bulo Desa Cilellang, kemudian dilanjutkan dengan penampilan kesenian tradisional Gendrang Riwakkang.
  • Peluncuran E-Catalog UMKM Bangga Buatan Barru secara simbolis oleh Bupati Barru. E-Catalog ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan para pelaku UMKM dalam bertransaksi secara online.
  • Sambutan dari Bapak Suardi Saleh, Bupati Barru. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar. Ucapan terima kasih kepada Kemenparekraf yang menjadikan BLF sebagai Event Reguler Kharisma Event Nusantara. Ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dari komunitas Barru. Semoga pandemi covid-19 dapat segera berakhir agar kita dapat menyelenggarakan kegiatan seperti semula. Kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM yang bertujuan untuk mendorong UMKM Barru dapat bertahan di masa pandemi saat ini. Kemudian sambutan dilanjutkan dengan pemaparan potensi pariwisata di Kabupaten Barru.
  • Penayangan video taping testimoni dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait ajakan untuk turut berpartisipasi dalam memajukan produk lokal Bangga Buatan Barru.
  • Penyerahan penghargaan kepada UMKM dan komunitas Barru yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Barru, perwakilan Kemenparekraf dan Kapolres Barru. ● Kegiatan ditutup dengan penampilan kolaborasi dari musisi lokal Fandy WD dan kesenian tradisional Kecapi SS-CQP.

Evaluasi Kegiatan

    1) Terjadi kendala teknis noise feedback terkait live streaming pada zoom atau tidak bisa dilakukan live dari dua arah. Hal ini terjadi dikarenakan kemampuan SDM dan peralatan live streaming yang belum memadai.

    2) Kegiatan dimulai tidak sesuai dengan waktu yang tertera pada rundown acara. Hal ini dikarenakan adanya keterlambatan dari kehadiran pejabat terkait serta persiapan dari panitia acara. Seharusnya jika kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dan secara langsung, maka tidak boleh terjadi keterlambatan.

    Pameran produk UMKM Barru
    Pembukaan BLF diawali dengan Tari Paduppa dan dibuka secara resmi oleh Kadispar Barru
    Talkshow UMKM Bangga Buatan Barru dan Sharing Strategi UMKM Barru.
    Talkshow Interaktif Komunitas bersama
    komunitas lokal
    Games Interaktif Komunitas Seberapa Barru Kamu
    enampilan kesenian tradisional pada malam puncak BLF
    Author:

    Tinggalkan Balasan