Peluncuran Program “Kharisma Event Nusantara”

Peluncuran Program Kharisma Event Nusantara (KEN) dilaksanakan dilaksanakan secara hybrid pada hari Sabtu, 10 April 2021 pukul 19.00 s.d. 20.00 WIB di Studio RCTI Plus Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan disiarkan langsung di stasiun TV swasta nasional GlobalTV serta relay di Kompas TV, Youtube Kompas dan Youtube Kemenparekraf.

Tamu undangan yang hadir pada kegiatan ini antara lain adalah :

    1. Ibu Hetifah Sjafifudin, Wakil Ketua Komisi X DPR RI;
    2. Bapak Wishnutama Kusubandio, Komisaris Utama Telkomsel;
    3. Bapak Hari Tanoe Soedibjo, CEO MNC Group;
    4. Perwakilan dari POLRI, KADIN Pusat, dan Satgas Covid-19;
    5. Bapak Odo Manuhutu, Deputi Koordinator Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenkomarves;
    6. Pejabat Eselon 1 dan 2 dilingkungan Kemenparekraf;
    7. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta;
    8. Asosiasi: IVENDO, ICCN, APMI, ASPERAPI, INCCA, INACEB dan Backstagers;
    9. Kurator KEN 2021: Eko Supriyanto, Heru Prasetya, Galih Sedayu, Debora Saron, dan Yuki Nata Rahman.

 

Program Kharisma Event Nusantara (KEN) yaitu pemilihan dan penentuan sejumlah kegiatan (events) terbaik yang dihadirkan dari seluruh Indonesia di sepanjang tahun 2021. Seluruh kegiatan yang masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara ini secara umum dipilih dan ditentukan berdasarkan tiga aspek yaitu aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi (digital 4.0), aspek kolaborasi berbasis potensi lokal (local wisdom) dan pemberdayaan masyarakat (empowering), serta aspek adaptasi berbasis protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

 

Kegiatan ini mengusung tema “Sejuta Kerinduan Menikmati Event Nusantara” yang memiliki makna rasa rindu yang tak terhingga untuk merasakan kembali keindahan alam, kuliner, dan ragam budaya, kebahagiaan menikmati event di berbagai daerah di Indonesia. Acara ini dimeriahkan oleh Titi DJ, Ran Rinni Wulandari, Sara Fajira, Gitabumi Voices dan dipandu oleh Desta & Vincent. Kegiatan juga dilengkapi dengan pembacaan doa oleh K.H. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

 

Program ini diresmikan oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo melalui video taping. Kemudian diluncurkan secara langsung oleh Menteri Parekraf, Bapak Sandiaga S. Uno yang ditandai dengan simbolisasi penerbangan pesawat kertas bersama dengan para undangan di studio. Sebelumnya Bapak Menparekraf juga memberikan sambutan mengenai makna dari peluncuran program ini serta harapan kedepannya, yaitu agar pelaksanaan event-event di Indonesia tidak sekedar surviving tapi juga reviving dengan berinovasi, adaptasi dan kolaborasi serta tetap memperhatikan panduan CHSE. Melaluivideo taping, apresiasi atas peluncuran program Kharisma Event Nusantara juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Zulkieflimansyah.

 

Dalam Peluncuran Program Kharisma Event Nusantara diadakan juga sesi live teleconference antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga S. Uno dengan representatif pelaku event, yaitu Bapak Budi Setiawan selaku Presiden Jember Fashion Carnival. Dalam teleconference ini Bapak Sandiaga S. Uno menyampaikan bahwa Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghidupi 34 juta jiwa, dan pandemi menyebabkan terjadinya penurunan kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 75%, dan penurunan 30% untuk angka kunjungan wisatawan nusantara. Dengan kontribusi sektor ekonomi kreatif Indonesia sebesar 1.100 triliun pada perekonomian Indonesia, diharapkan sektor ini dapat bangkit kembali melalui penyelenggaraan event, yang tentunya dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

 

Bapak Budi Setiawan menyampaikan dampak yang dirasakan oleh seluruh pelaku event, yaitu mengalami ruang yang nyaris hilang untuk unjuk karya secara langsung di ruang terbuka publik. Di sisi lain ada juga hal yang positif yang harus segera disikapi, yaitu terbentuknya ruang kreatif baru dalam bentuk konten-konten virtual. Jika tingkat kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan sudah semakin baik secara keseluruhan, tentu saja konten-konten kreatif yang baru ini jika dikolaborasikan dengan sebelum Pandemi akan memasuki level tingkat event yang semakin maju.

 

Kegiatan ini dapat disaksikan kembali di Youtube Kemenparekraf: https://www.youtube.com/watch?v=dzRWqyyrec4

 

Peresmian peluncuran program Kharisma Event Nusantara oleh Bapak Presiden RI, serta apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Nusa Tenggara Barat.
Sambutan Bapak Menparekraf dan simbolisasi peresmian Peluncuran Kharisma Event Nusantara melalui penerbangan pesawat kertas oleh Bapak Menparekraf beserta undangan.
Testimoni pelaku industri ekonomi kreatif serta Pembacaan doa dan harapan oleh K.H. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).
Sesi live teleconference antara Bapak Menparekraf dengan representatif pelaku event yaitu Presiden Jember Fashion Carnival.
Pemandu acara Vincent dan Desta serta penampilan dari para pengisi acara yaitu Titi DJ, Rinni Wulandari, RAN, Sara Fajira, dan Gitabumi Voices.
Author:

Tinggalkan Balasan