Sportel Rendez-vous Bali 2024

Sportel Rendez-vous Bali 2024 diadakan pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2024 bertempat di Jimbaran Convention Center, InterContinental Bali Resorts, Bali.

1️⃣ Sportel merupakan pameran konten olahraga terkemuka di dunia yang berperan penting dalam industri penyiaran olahraga global selama tiga decade dengan menghadirkan pelaku sport business khususnya yang bergerak pada media/ broadcasting dan teknologi olahraga. Event ini menjadi platform bagi media expert, TV networks, media tech, sport marketing and communication, serta industri sejenis untuk meningkatkan jejaring serta mendapatkan update dan insight trend terbaru di dunia sport broadcasting.

2️⃣ Sportel Rendez-vous Bali 2024 merupakan penyelenggaraan kedua setelah sukses dilaksanakan Sportel 2022. Pada tahun ini, Sportel Rendez-vous Bali 2024 menghadirkan sesi utama Conference Summit dan side event berupa Sportel Bali Golf Classic 2024 dan Sportel Bali Triathlon 2024 yang terbuka untuk partisipasi masyarakat umum.

3️⃣ Rangkaian kegiatan Sportel Rendezvous-Bali 2024 sebagai berikut:

🅰️ Conference Summit
🔴 Kamis, 22 Februari 2024
🔸 Welcome and Introduction
Dalam pembukaan Sportel Rendez-vous Bali 2024, CEO Sportel menyampaikan:
✅ Sportel Rendez-vous Bali 2024 membawa semangat baru ke dunia olahraga di kawasan Asia Pasifik dengan menggabungkan kompetisi olahraga yang seru dengan konferensi industri yang inovatif.
✅ Event ini penting sebagai platform untuk berbagi wawasan, mengeksplorasi tren terkini, dan membangun jaringan dalam industri hiburan olahraga yang terus berkembang.

🔸 Tackling Piracy in Sports in Indonesia & Asia: The Collaboration
Poin-poin pembahasan:
✅ Pemangku kepentingan dari seluruh industri hiburan olahraga, mulai dari pemilik konten hingga penyedia solusi teknologi, perlu bergabung dalam upaya kolaboratif untuk memerangi streaming ilegal yang semakin merajalela di kawasan Asia Pasifik.
✅ Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, langkah-langkah kolaboratif seperti halnya komunitas Sportel menjadi semakin penting dalam menjaga integritas konten olahraga.

🔸 OTT, Streaming & Content Delivery
Poin-poin pembahasan:
✅ OTT mengubah wajah lanskap media olahraga. Dengan hilangnya model siaran gratis, beberapa perusahaan broadcasting menawarkan layanan berbasis cloud yang baru dan hemat biaya seperti OTT untuk menyediakan cara baru dalam menyiarkan konten olahraga.
✅ Opsi yang dapat diakses oleh para penggemar, membuat semua olahraga, termasuk olahraga tingkat rendah dan niche tersedia untuk audiens yang lebih luas dan di mana saja melalui langganan, Pay per View, D2C, dan FAST, menciptakan skenario yang saling menguntungkan bagi pemilik konten, broadcaster, dan fans.
✅ Di sisi lain, streaming ilegal dan pembajakan konten digital menjadi masalah yang lebih menantang bagi industri ini.
✅ Pemangku kepentingan perlu menjalankan kolaborasi strategis untuk mengatasi tantangan yang dihadapi sekaligus memanfaatkan peluang yang muncul dalam meningkatkan keterlibatan audiens.

🔸 Gaming & Sports, the Competition is Online & in Real Time
Poin-poin pemaparan:
✅ Hubungan antara dunia gaming dan olahraga semakin erat serta kedua industri ini saling mempengaruhi dan memberikan pengalaman yang mendalam kepada audiens global.

🔸 Raising the Game: The Future of Football in Indonesia
Poin-poin diskusi:
✅ Sepakbola menjadi bagian integral dari budaya Indonesia, sehingga perlu memanfaatkan kemitraan media dan kolaborasi internasional untuk meningkatkan visibilitas dan popularitas olahraga ini di tingkat global
✅ Data pada tahun 2022, 60% masyarakat Indonesja merupakan penggemar sepakbola, meskipun demikian biaya untuk menggeluti hobi sepakbola semakin mahal.
✅ Pada sisi media, pengeluaran untuk iklan juga menurun untuk free to air, sedangkan platform OTT tidak sesuai harapan stakeholder. Disamping itu, isu pembajakan juga menjadi perhatian para media.

🔸 Pitch Perfect
Sesi pitching industri start up pada bidang olahraga.

🔴 Jumat, 23 Februari 2024

🔸 The Boom in Women’s Sports: From Viewership to Commercial Opportunities
Poin-poin diskusi:
✅ Prominensi olahraga wanita dan potensi transformatifnya meningkat dalam membentuk lanskap olahraga global.
✅ Pentingnya memanfaatkan peluang sponsor dan meningkatkan keterlibatan digital dalam mendorong pertumbuhan olahraga wanita.
✅ Penggunaan platform penyiaran harus bergeser ke arah digital, dengan konten interaktif, engagement media sosial, dan augmented reality untuk memberi pengalaman tambahan.
✅ Peningkatan keterlibatan wanita pada aktivitas olahraga dipengaruhi oleh platform digital dimana media sosial digunakan influencer untuk menayangkan pertandingan olahraga seperti voli dan tenis.

🔸 SPORT ENTERTAINMENT & THE VALUE OF CONNECTIVITY
Poin-poin pemaparan:
✅ Infrastruktur telekomunikasi menjadi elemen kunci dalam memastikan pengalaman olahraga yang lancar dan terhubung di seluruh negeri.
✅ Dengan terbangunnya konektivitas telekomunikasi, aspek yang dapat ditingkatkan dalam hiburan olahraga adalah:

  • engagement audiens sehingga lebih imersif dan memberikan pengalaman partisipatif;
  • jangkauan global karena absennya batas geografis dan memperluas jangkauan event;
  • virtual reality;
  • loyalitas fans dan membangun komunitas dengan pertumbuhan engagement dan penghasilan bagi franchise olahraga dan perusahaan hiburan;
  • data analytics dan personalisasi untuk mendapat data dan insight, menumbuhkan engagement dan meningkatkan pendapatan;
  • kesempatan sponsorship dan pendapatan yang berdampak pada peningkatan investasi dalam sponsorship dan periklanan.

🔸 It’s a Niche – Riding the Wave with D2C, OTT, Streaming & Social Media
Poin-poin diskusi:
✅ Cabang olahraga ceruk (niche sports) berkembang dalam memanfaatkan OTT, media sosial, dan ruang digital untuk menjangkau para penggemar dengan model bisnis yang inovatif.
✅ Fight Nation meluncurkan platform penyiaran olahraga beladiri dilatarbelakangi oleh berkurangangnya slot penyiaran olahraga ini di stasiun TV konvensional.
✅ CUBMU menyiarkan olahraga pacu kuda, golf wanita dan esports. Terdapat tantangan untuk menumbuhkan fanbase karena niche sport kurang berkembang di Indonesia terutama karena alasan infrastruktur yang tidak semasif olahraga mainstream.
✅ Cloudmix mempraktikan remote production sehingga mengurangi mobilitas. Tantangan yang dihadapi saat membangun spesialisasi niche sport adalah penggemarnya yang biasanya lebih passionate sehingga perlu cepat tanggap apabila terdapat permasalahan pada platformnya.

🔸 Monetising Sustainability & Championing Social Awareness Through Sports
Poin-poin diskusi:
✅ Olahraga merupakan sektor yang tepat untuk mengampanyekan keberlanjutan dan penyelamatan lingkungan. Biaya untuk menerapkan program keberlanjutan dapat diambil dari harga tiket yang dibayar penonton.
✅ Meskipun tepat untuk meningkatkan awareness keberlanjutan melalui olahraga, perlu upaya untuk mengubah awareness tersebut menjadi solusi yang lebih sistematis. Klub-klub olahraga yang ada saat ini juga belum ada upaya untuk menerapkan dana karbon.
✅ Monaco telah berupaya menjadikan sektor olahraga menjadi lebih hijau dengan melakukan modernisasi venue yang ada dengan fitur hijau seperti panel surya, daur ulang air, menggunakan catering organik dan kendaraan listrik.

🔸 Pitch Perfect Winner Announced pukul 15:00 – 15:15 WITA
Kompetisi Pitch Perfect dimenangkan oleh Vanessa Amante dari Storytailors sebagai Juara 1 dan Wouter Coppert dari I3D.NET.

🅱️ Sportel Bali Triathlon 2024

🔴 Penyelenggaraan Sportel Bali Triathlon 2024 diikuti oleh 300 peserta dengan rincian standar Standart Distance Triathlon sebanyak 161 peserta dan Sprint Distance Triathlon sebanyak 103 peserta. Yang berasal dari 11 wisatan mancanegara (Amerika Serikat, Rusia, Brazil, Australia, Polandia, Thailand, Singapore, Kazakhstan, Malaysia, Ukraina & Jepang) dan Indonesia.

Kategori perlombaan pada Sportel Bali Triathlon 2024 adalah:
a. Standar Distance Triathlon – Renang 1500 m; Sepeda 34,8 km; Lari 10 km.
b. Sprint Distance Triathlon – Renang 750 m; Sepeda 17,8 km; Lari 5 km.

🔴 Dukungan Kemenparekraf c.q Direktorat Event Nasional dan Internasional pada kegiatan Sportel Rendez-vous Bali 2024 berupa side event Sportel Bali Triathlon 2024 berupa saran dan prasarana kegiatan.

🔴 Rangkaian penyelenggaraan Sportel Bali Triathlon 2024 adalah sebagai berikut:

Hari/tanggal: Sabtu, 24 Februari 2024
a. Race Pack Collection
Dilaksanakan di Intercontinental Bali Resort dimulai pukul 10.00 – 17.00 WITA.

Dalam Race Pack dimaksud peserta mendapatkan: Jersey, Tote Bag, Brachelet, Box, Souvenir Pouch,
Swim Cap, Bib, Sticker (bike number, helmet number,
pump number), Body Tattoo.

b. Race Brefing.
Dilaksanakan di Intercontinental Bali Resort dimulai pukul 17.00 – 18.00 WITA. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta triathlon, tujuan race brefing adalah untuk memberikan informasi penting kepada para peserta tentang rute perlombaan, aturan dan regulasi, prosedur keselamatan, serta segala hal yang perlu mereka ketahui sebelum acara dimulai.

Hari/tanggal: Minggu, 25 Februari 2024
a. Persiapan di area start,
Dilaksanakan pada pukul 04.30 – 06.00 WITA bertempat di Jimbaran Beach Bali,

b. Race Day Sportel Bali Triathlon 2024 :
🔹️Kegiatan Sportel Bali Triathlon 2024 dihadiri oleh:
1. Bapak Peter F. Gontha – Presiden Direktur TRANSVISION
2. Bapak I Gusti Agung Witarsana – mewakili Kemenparekraf (Wakil Direktur I Politeknik Pariwisata Bali)
3. Kolonel Inf Agung Udayana, S.E.,M.M – Kapendam IX Udayana
4. Bapak I Nyoman Sidakarya – Kepala Basarnas Bali
5. Ibu Marcella – Intercontinental Jimbaran Resort Bali
6. Bapak Bruno Cristol – General Manager InterContinental Bali
7. Bapak Brando Tengdom – Direktur Sales dan Marketing Transvision (Sportel)
8. Bapak Kiagoos Irfan Faisal – Kapokja Event Internasional
9. Bapak Ishac
10. Tamu undangan lainnya.

🔹Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan pelepasan peserta tdi Jimbaran Beach sebagai titik start, ditandai dengan :
▫️Flag off pertama dilakukan untuk kategori Standart Category pukul 06.00 WITA oleh Bapak Peter F. Gontha, Ibu Marcella, Bapak I Gusti Agung Witarsana dan Bapak I Nyoman Sidakarya.
▫️ Flag Off kedua untuk Category Sprint Distance pukul 07.00 WITA oleh Bapak Peter F. Gontha, Bapak Bruno Cristol, Bapak Brando Tengdom.

🔹Kegiatan Sportel Bali Triathlon 2024 diawali dengan :
☑️ Swim course untuk Standar Distance dengan jarak 1500 m dan sprint Distance dengan jarak 750 m dilaksanakan di Jimbaran Beach InterContinental Resot Bali.
☑️ Run Course Standart Distance (10K) : start dari Intercontinental Resot Bali – Jl. Uluwatu – Jl. Bukit Permai – Jl. Karang Mas – Jl. Tegal Wangi – Intercontinental Resort Bali
☑️ Run Course Sprint Distance (5K) : Start dari Intercontinental resort bali – Jl. Uluwatu – Jl. Bukit Permai – Jl. Karang Mas – Intercontinental resort bali
☑️ Bike Course : Jl. Uluwatu – Jl. Bypass Ngurah Rai – Jl. Uluwatu

Standard Distance Male

  1. 227, Muhammad Noval Hasidiq (Indonesia)
  2. 166, Junya Nakadate (Indonesia)
  3. 167, Debby Anggrean Vio Hamdani (Indonesia)

Standard Distance Female

  1. 192, Bianca Marcon (Indonesia)
  2. 226, Dama Laksmytha Apta Sukaton (Indonesia)
  3. 177, Sabine Egger (Thailand)

Sprint Distance Male

  1. 573, Fahru Fauzan (Indonesia)
  2. 564, Graha rizky (Indonesia)
  3. 542, Ahmad Rit Anudin (Indonesia)

Sprint Distance Female

  1. 560, Chiara Egger (Thailand)
  2. 527, Qoriah Julilda Nur (Indonesia)
  3. 572, Michelle Surjaputra (Indonesia)

🔹Pembagian Doorprice kepada peserta. Dengan hadiah berupa produk-produk sponsor yang mendukung kegiatan Sportel Bali dan uang tunai sebesar 1 juta rupiah sampai 2 juta rupiah.

4️⃣ KESIMPULAN & TINDAK LANJUT
1. Conference Summit pada Sportel Rendez-vous Bali 2024 disarankan dapat melibatkan UMKM lokal pada penyelenggaraannya mengingat kegiatan ini dihadiri oleh pemangku kepentingan industri olahraga global.
2. Secara umum konsep pelaksanaan Sportel Bali Triathlon sudah baik dimana terlihat dari layout venue dan alur race yang diatur tidak berkerumun.
3. Penyelenggara bersama pihak terkait harus mensosialisasikan event ini kepada seluruh masyarakat yg dilalui rute minimal 2 bulan sblm pelaksanaan, sehingga rute bisa steril tanpa gangguan dan masyarakat tidak merasa terugikan
4. Penempatan kru race dan petugas medis tersebar secara merata di cakupan area event.
5. Pada penyelenggaraan Sportel Bali Triathlon 2024 disarankan dapat melibatkan UMKM lokal pada penyelenggaraannya mengingat kegiatan ini dihadiri oleh pemangku kepentingan industri olahraga global.
6. Tingkat okupansi hotel di kawasan Jimbaran mencapai 100% pada periode pelaksanaan event.

Author: Mellysa

Tinggalkan Balasan