Kurasi dan Survei Kesenian HUT RI ke-78 tahun 2023

Pelaksanaan kegiatan Kurasi dan Survei Kesenian HUT RI ke-78 tahun 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 28 – 31 Juli 2023 di Gedung Juang45, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari penyelenggaran Upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara yang tahun ini diselenggarakan secara luring. Kemenparekraf memfasilitasi kegiatan kurasi tarian dan survei di daerah yang akan tampil langsung di Istana Negara untuk menyemarakan Upacara Kenaikan dan Penurunan Bendera pada tanggal 17 Agustus 2023.

Kurasi yang dilaksanakan di halaman Gedung Juang 45, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat adalah rangkaian terakhir latihan dan kurasi yang dilaksanakan di 8 kabupaten/kota, yaitu Lampung Timur, Madura, Sumbawa Barat, DKI Jakarta, Palembang, Nias Barat, Maluku Utara, dan Bekasi-Jawa Barat.

Adapun pelaksanaan kegiatan dapat kami laporkan hal-hal berikut:

1️⃣ Kesenian yang dibawakan dari Jawa Barat yaitu Tari Kandagan yang merupakan tari kolosal dari Jawa Barat. Tari Kandagan menceritakan tentang seorang putri yang menyamar menjadi laki-laki dan meniru tingkah laku orang Blambangan dalam usaha menemukan kekasihnya di Blambangan.

2️⃣ Para pementas musik dan penari mendapatkan kesempatan berlatih bersama tim kurator dari EkosDance Company yang selanjutnya dipresentasikan untuk mendapatkan masukan perihal kesesuaian, kelayakan dan fungsi pertunjukan dengan protokol serta ketentuan pertunjukan di Istana Merdeka.

3️⃣ Kurasi dilakukan pada tanggal 28-31 Juli 2023 diikuti oleh 92 orang penari yang merupakan perwakilan 10 Sanggar dari beberapa Kabupaten di Jawa Barat. Tim kurator melakukan supervisi, pengaturan formasi, dan kreasi gerakan tari agar menjadi menarik. Berikut ini rincian agenda kurasi dan pendampingan:

🔸️ Hari 1 (28 Juli 2023)
Rapat koordinasi persiapan penampilan kesenian tari beberapa kabupaten Jawa Barat dengan perwakilan Kemenparekraf, Tim Kurator, Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi dan Kepala Dinas Budpar Provinsi Jawa Barat.

🔸️ Hari 2 (29 Juli 2023)
– Perkenalan tim kurator kepada tim penampil kesenian Jawa Barat dan sambutan dari Pj Bupati Kabupaten Bekasi dan Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya, Beliau mengucapkan terima kasih atas atensi pemerintah pusat terhadap kesenian tradisional Jawa Barat dan berpesan kepada para penampil agar belajar secara serius dengan tim kurator dan menampilkan yang terbaik pada HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.
– Selanjutnya, tim penampil melakukan presentasi awal Tari Kandagan yang kemudian diberi masukan oleh tim kurator.

🔸️ Hari 3 (30 Juli 2023)
Pendampingan latihan Tari Kandagan .

🔸️ Hari 4 (31 Juli 2023)
Pendampingan latihan tari secara utuh. Dilanjutkan pemberian arahan dari Tim Kurator kepada seluruh penari mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan para penari untuk penampilannya di HUT RI.

4️⃣ Saran dan Evaluasi
Berdasarkan presentasi yang ditampilkan ada beberapa masukan yang disampaikan tim kurator kepada para penampil antara lain:
– Ritme, tata gerak dan alunan musik agar selalu dijaga dan ditampilkan dengan sepenuh hati. Gestur tubuh juga diperhatikan karena saat hari H, tim penampil kesenian Jawa Barat.
– Tim penampil kesenian Jawa Barat agar tetap melakukan latihan secara rutin, diawasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Budpora Kabupaten Bekasi. Laporan progres dalam bentuk video agar dikirim kepada EkosDance Company untuk dimonitor.
– Selanjutnya tim kurator akan melakukan supervisi dan monitoring persiapan secara berkala.

 

Dokuementasi

Tinggalkan Balasan