Pendukungan Gala Dinner ASEAN Tourism Committee Meeting (ATCM)

Penyelenggaraan pendukungan Gala Dinner ASEAN Tourism Committee Meeting (ATCM) yang dilaksanakan pada 15 Mei 2023 di Sudamala Resort, Labuan Bajo, NTT.

1️⃣ ASEAN Tourism Committee Meeting (ATCM) merupakan pertemuan tahunan ASEAN NTOs (National Tourism Organizations) yang pada kesempatan ini menjadi tindak lanjut atas keputusan The 57th ASEAN NTOs & _Related Meetings yang terkait ASEAN Tourism Strategic Plan (ATSP), ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (MRA-TP), ASEAN Tourism Marketing Strategy (ATMS), dan proyek pariwisata lainnya pada tahun 2023 di bawah ASEAN NTOs Fund. Rangkaian rapat berlangsung dari tanggal 15-18 Mei 2023.

2️⃣ ASEAN Tourism Committee Meeting (ATCM) dihadiri oleh perwakilan NTO dari negara-negara ASEAN di antaranya Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam; serta stakeholder terkait, yaitu ERIA, AGODA, GIZ, dan ELMNTL.

3️⃣ Rangkaian Gala Dinner ATCM terdiri dari:
🔸 Pertunjukan tarian tradisional
Tari Dendang Dikideng adalah tarian khas Flores yang menunjukkan sikap sopan santun, kebersamaan dan sambutan hangat masyarakat Flores terhadap tamu undangan.

🔸 Sambutan oleh Head of Indonesia NTO dan Permanent Secretary of Ministry of Tourism and Creative Economy Indonesia – Ibu Ni Wayan Giri Adnyani
◼️ Disampaikan pada ATCM ini diharapkan seluruh delegasi dapat saling bekerja sama untuk menyiapkan ASEAN sebagai single tourism destination dan memaksimalkannya untuk kemajuan negara-negara ASEAN.
◼️ Memperkenalkan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas Indonesia dengan highlight Taman Nasional Komodo beserta keberagaman kuliner khas Flores dan Bali yang disajikan pada makan malam tersebut.

🔸 Foto Bersama seluruh Head of Delegates dari masing-masing negara.

🔸 Makan malam
Menu yang disajikan adalah makanan khas Flores – Bali diantaranya Rumpu Rampe (bunga dan daun papaya khas Flores), Se’i sapi dan Sambal Luat (sapi asap dan sambal khas NTT) dan Ayam Betutu (ayam rempah khas Bali)

🔸 Pertunjukan musik Sasando dan penampilan dari beberapa delegasi

🔸 Penutup – Tari Gemu Fa Mi Re bersama seluruh delegasi

4️⃣ Evaluasi
Penyelenggaraan Gala Dinner berjalan lancar dan sukses serta mendapatkan apresiasi dari delegasi negara-negara ASEAN lainnya. Deltomed selaku mitra Kemenparekraf/Baparekraf turut mendukung penyelenggaraan Gala Dinner berupa produk-produk herbal asli Indonesia dan mendapatkan tanggapan tanggapan positif dari tamu-tamu Gala Dinner yang hadir.

 

Dokumentasi

Tinggalkan Balasan