FESTIVAL GURITA

Mohon izin melaporkan pelaksanaan pendukungan kegiatan *Festival Gurita* yang telah diselenggarakan di Pantai Laguna, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu pada tanggal 21 – 22 Juni 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu event dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan: 

1️⃣ *Gambaran Umum*

Festival Gurita merupakan salah satu kegiatan dalam KEN 2023 yang menggabungkan para pelaku kuliner, seni budaya, olahraga, dan ekonomi kreatif dalam satu pergelaran yang menyajikan berbagai konten acara meliputi Kompetisi kreasi Tumpeng Gurita, Kontes Surfing, Tari Kreasi, Bazar Kuliner, dan Pertunjukan Musik. Gurita merupakan ikon di Kabupaten Kaur sebagai daerah penghasil gurita dalam jumlah besar di mana gurita menjadi pendapatan utama para nelayan di sepanjang pesisir pantai di Kabupaten Kaur. Festival Gurita telah menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kaur dan tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-3. Pada pelaksanaan tahun lalu, festival ini memecahkan rekor MURI dengan memasak 1,000 tusuk sate gurita. Adapun tahun ini tema yang diangkat adalah “Kreasi Tumpeng Gurita”.

2️⃣ *Rangkaian Kegiatan*

🔴 Opening Ceremony Festival Gurita pada Hari Rabu, 21 Juni 2023 dihadiri oleh:

1. Gubernur Bengkulu, Bapak Dr. H. Rohidin Mersyah

2. Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Bapak Josua Simanjuntak

3. Wakil Bupati Kaur, Bapak Herlian Muchrim;  

4. Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Bapak H. Rifat Tajuddin;

5. Wakil Bupati Kabupaten Lebong, Bapak Fahrurrozi;

6. Ketua DPRD Kabupaten Kaur, Ibu Diana Taulani; 

7. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Bapak Karmawanto;

8. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur, Ibu Marnida;

9. Unsur Forkopimda Kabupaten Kaur; 

10. Tokoh Masyarakat Kabupaten Kaur.

🔸️Penyambutan Tamu Undangan VIP dengan Tarian Persembahan dan Musik Dhol.

🔸️MC membuka acara kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa.

🔸️Sambutan Wakil Bupati Kabupaten Kaur, Bapak Herlian Muchrim Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada Kemenparekraf dan Gubernur Bengkulu yang telah menyempatkan diri untuk hadir langsung pada acara Festival Gurita. Beliau berharap kegiatan ini dapat menghantarkan kabupaten Kaur untuk terus berkompetisi di ajang event-event nasional, khususnya di sektor pariwisata. Untuk itu dukungan dan kerja sama dari Kemenparekraf dan juga Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat diharapkan dalam rangka mengembangkan potensi-potensi objek wisata dan kuliner yang ada di Kabupaten Kaur. Beliau juga menambahkan selain memperkenalkan kuliner khas Kabupaten Kaur yang dibuat dari olahan gurita, Kabupaten Kaur juga memiliki objek-objek pantai wisata yang sangat indah, dengan ciri khas dan keunikan, diantaranya Pantai Wisata Danau Kembar, Pantai Wisata Pengubaian, Pantai Hili, dan tempat-tempat wisata alam lainnya. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, potensi-potensi alam tersebut belum secara maksimal dapat dikembangkan. Oleh sebab itu dukungan dan perhatian dari pihak Kemenparekraf dan juga pihak provinsi terus dinantikan. Pihaknya siap untuk terus mensukseskan dan mengembangkan Festival Gurita kebanggaan masyarakat Kaur bumi “Sease Seijean”. Tahun depan kegiatan serupa akan digelar kembali dan diupayakan lebih meriah.

🔸️Sambutan Perwakilan Kemenparekraf, Bapak Josua Simanjuntak. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kemenparekraf mendukung kegiatan event tahunan ini sebagai salah satu festival nusantara unggulan. Event ini memiliki keunikan sehingga perlu terus diselenggarakan setiap tahun agar tujuan dari event ini dapat tercapai, sehingga ciri khas yang dimiliki oleh Kabupaten Kaur bisa dikenal di seluruh Indonesia. Kegiatan ini diharapkan menarik minat wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kaur. Guna mewujudkan hal tersebut perlu adanya kolaborasi antar pemerintah daerah, stakeholder, provinsi dan juga kementerian terkait. Dia mengatakan dalam mengembangkan sektor pariwisata tidak terlepas dengan kegiatan promosi, di zaman saat ini promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi canggih, contohnya melalui aplikasi-aplikasi media sosial. Dengan melakukan promosi melalui pemanfaatan media sosial, seluruh masyarakat dalam dan luar negeri akan memperoleh informasi tentang Kabupaten Kaur khususnya objek-objek wisata dan kuliner yang indah dan menarik yang dimiliki oleh Kabupaten Kaur. Diharapkan Kaur akan menjadi pilihan utama untuk dikunjungi wisatawan walaupun jarak Kabupaten Kaur dengan Kota Bengkulu membutuhkan waktu tempuh empat jam perjalanan berkendara, namun diharapkan tidak akan menjadi penghambat bagi wisatawan. Kaur ini kaya akan potensi dan istana bahari, bila dikelola dengan baik tentu ini menjadi daya tarik sendiri, sehingga para wisatawan akan mengajak rekan-rekannya kembali berkunjung di Kabupaten Kaur.

🔸️Sambutan Gubernur Bengkulu, Bapak Rohidin Mersyah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada Kemenparekraf, beliau menyampaikan bahwa untuk masuk Karisma Event Nusantara adalah proses tidak mudah karena membutuhkan perjuangan yang maksimal dari pemerintah daerah. Berkat kerja sama, kolaborasi dan sinergitas antar Pemerintah Kabupaten Kaur dan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Festival Gurita tahun ini berhasil masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara. Beliau menambahkan tujuan dari event ini adalah untuk meningkatkan citra pariwisata yang ada di Kabupaten Kaur, mempromosikan objek wisata, kuliner dan mempromosikan seluruh produk yang dihasilkan oleh UMKM yang ada di Kabupaten Kaur. Event ini diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata di Kabupaten Kaur, sehingga dapat meyakinkan minat para investor untuk mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Potensi wisata di Kabupaten Kaur juga sangat luar biasa, terbentang pantai yang cukup indah dan tentunya kaya akan wisata bahari. Kaur ini adalah daerah di Bengkulu yang paling kaya potensi wisata pantai, sehingga berkunjung ke Bengkulu terkesan hampa bila tidak datang ke Kaur.

🔸️Pemutaran Video Taping Menparekraf/Kepala Baparekraf RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno.

🔸️Penyerahan Gurita secara Simbolis Dari Wakil Bupati Kepada Perwakilan Kemenparekraf sebagai tanda pembukaan secara resmi kegiatan Festival Gurita dengan diiringi tabuhan Dhol.

🔸️Perlombaan Kreasi Tumpeng Gurita yang diikuti oleh 30 OPD dan 15 Kecamatan di Kabupaten Kaur.

🔸️Perlombaan Memanah Gurita.

🔸️ Penyambutan Trail Adventure Kaur (Triak) yang telah menjelajah Kawasan Wisata Pantai Kaur Provinsi Bengkulu dilanjutkan dengan foto Bersama.

🔸️Music Performance dengan penampilan Band Lokal dari Provinsi Bengkulu.

🔸️Temu Wicara oleh Akar Fondation dengan tema Pengetahuan Ekosistem Gurita serta menjelaskan Pelestarian, Budidaya dan Cara Tangkap Gurita.

🔸️Selain itu dalam waktu yang sama namun di lokasi yang berbeda, juga diadakan kegiatan Kontes Surfing yang dilaksanakan di Pantai Pengubaian, Kecamatan Kaur Selatan.

🔴 Hari ke-2 Kamis, 22 Juni 2023

🔸️Penyambutan dan penempatan tempat duduk para tamu undangan VIP.

🔸️Para tamu undangan VIP menikmati pameran UMKM dan bazar kuliner yang dilanjutkan dangan hiburan musik.

🔸️Pengumuman juara lomba dan pembagian hadiah.

🔸️Penutupan dengan pertunjukan musik dari band lokal di Provinsi Bengkulu.

3️⃣ *Kesimpulan dan Evaluasi*

🔸️Festival Gurita yang telah diselenggarakan selama 2 hari secara keseluruhan berlangsung dengan baik dan lancar. Konten kegiatan menampilkan beragam kuliner, tradisi, dan kearifan lokal Kabupaten Kaur dengan melibatkan para pelaku parekraf dan UMKM.

🔸️Festival Gurita diharapkan dapat terselenggara secara rutin dan berkesinambungan dengan upaya promosi yang lebih gencar lagi dengan penetapan waktu pelaksanaan yang konsisten setiap tahun. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu membimbing masyarakat untuk berperilaku arif konservatif dalam melakukan penangkapan gurita serta kreatif dalam pengolahan dan pemasaran produk pangan gurita.

🔸️ Penanganan aspek kebersihan pada kegiatan ini masih perlu ditingkatkan dengan menyediakan tempat sampah yang terjangkau di berbagai tempat serta perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

🔸️Pengunjung sangat ramai dan sangat antusias. Terpantau ribuan masyarakat turut hadir memeriahkan festival ini. Berbagai kalangan datang mulai dari keluarga hingga anak muda meskipun mayoritas pengunjung masih berasal dari warga kecamatan sekitar Kabupaten Kaur.

🔸️Amenitas dan aksesibilitas di sekitar lokasi kegiatan sudah cukup memadai. Jarak tempuh dari Kota Bengkulu ke lokasi acara sekitar 5 – 6 jam, namun hal ini tidak menjadi kendala berarti apabila event ini mampu dikemas lebih baik untuk kedepannya dalam rangka menarik wisatawan.

🔸️Secara keseluruhan, kualitas potensi wisata di Kabupaten Kaur sudah cukup baik. Kaur juga memiliki potensi kuliner olahan gurita yang dapat dijadikan kekuatan brand untuk menarik kunjungan wisatawan. Namun, masih perlunya peningkatan upaya pemasaran serta pengembangan potensi wisata tersebut sehingga diharapkan mampu menjadi kawasan wisata unggulan yang dapat menarik lebih besar minat pengunjung untuk berwisata di Provinsi Bengkulu.

 

 

Sambutan-sambutan dari Wakil Bupati Kab. Kaur, Perwakilan Kemenparekraf dan Gubernur Bengkulu

 

Pembukaan acara secara resmi Festival Gurita dengan diiringi Tabuhan Dhol

 

Para tamu undangan mencicipi hasil Kreasi Tumpeng Gurita

 

Pameran UMKM dan Bazar Kuliner di Festival Gurita

 

Suasana di Perlombaan Memanah Gurita

 

Penyerahan hadiah dan penghargaan bagi pemenang Kontes Surfing

 

Tari-tarian persembahan dan music performance

 

Author: Puput Harpa

Tinggalkan Balasan