pelaksanaan kegiatan Partisipasi pada IMEX Frankfurt 2023, di Messe Frankfurt halle 8, Frankfurt, Jerman yang telah dilaksanakan pada 23-25 Mei 2023

pelaksanaan kegiatan Partisipasi pada IMEX Frankfurt 2023, di Messe Frankfurt halle 8, Frankfurt, Jerman yang telah dilaksanakan pada 23-25 Mei 2023.

◼️IMEX Frankfurt 2023 merupakan trade show terbesar di Eropa untuk industri pertemuan dan perhelatan dimana ribuan event planners, buyers, dan suppliers bertemu. Exhibitors pada IMEX 2023 akan memiliki akses ke ribuan pre-qualified hosted buyers. Rangkaian kegiatan di dalam IMEX 2023 antara lain terdiri dari forum diskusi, pameran, event sosial, gala dinner, dan awards.

◼️Kemenparekraf berpartisipasi dgn pav lahan seluas 18 m2, dan memfasilitasi 6 (enam) industri pariwisata Indonesia, sbb:
1. Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) – Bali
2. Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD – Tangerang
3. Kelana DMC – Bali
4. Pacto DMC – Bali
5. Werkudara Group – Yogyakarta
6. Caraka Travelindo – Makassar

◼️Rangkaian kegiatan sebagai berikut:

✅ Senin, 22 Mei 2023
1⃣ Courtesy Call KJRI Frankfurt
Delegasi Kemenparekraf melakukan courtesy call dengan KJRI Frankfurt, bersama :
▫️Konjen RI, Bpk Acep Somantri,
▫️Konselor bidang Ekonomi, Bpk Toary Ceacer
▫️Tim fungsi ekonomi.

Direktur MICE dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Kemenparekraf kembali berpartisipasi dalam IMEX Frankfurt 2023 setelah 3 tahun absen. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk menjaga eksistensi Indonesia di Pasar MICE internasional utamanya pasca pandemi Covid 19.
Adapun Konjen RI menyampaikan bahwa KJRI Frankfurt mengapresiasi kepada Kemenparekraf yang dapat berpartisipasi kembali pada IMEX. KJRI Frankfurt selalu siap mendukung pelaksanaan kegiatan yang diadakan di wilayah kerjanya dan bekerjasama dengan stakeholders di Indonesia.
Dalam pertemuan ini, KJRI juga memaparkan Kondisi Kerja Sama Bidang Ekonomi Wilayah Kerja KJRI Frankfurt, serta rekomendasi kerja sama parekraf di Bidang MICE, antara lain:
– kerja sama dengan Association of the German Trade Fair Industry (AUMA) terkait MICE untuk penyelenggaraan pameran internasional tematik di sejumlah lokasi wisata di Indonesia seperti Bali
– Partisipasi travel agent, tour operator, dan stakeholders pariwisata Indonesia pada pameran Offerta (Karlsruhe 28 Okt – 5 Nov 2023) dan ITB Berlin (5-7 Maret 2024)
– Partisipasi pada Indonesia Festival Frankfurt, 2024
– Pembaruan kerja sama dengan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) yang dihentikan sejak Oktober 2022.
Menurut KJRI, target wisatawan Jerman sudah tercapai bahkan melebihi target menteri kuartal 1 melalui pameran ITB Berlin yaitu 23.000. Komitmen yg dicapai mencapai 300 ribu dalam setahun.
2⃣ Site visit dan persiapan booth Indonesia di Messe Frankfurt halle 8. Lokasi booth Indonesia bersebelahan dengan Booth DKI Jakarta.

✅ Selasa, 23 Mei 2023
Hari ke-1 IMEX 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ IMEX Opening & B to B Travex
Dilakukan secara offline, travex dimulai pukul 10.00-17.30 waktu setempat.
2⃣ Pelayanan Informasi dan survey
3⃣ Kunjungan Konjen RI Frankfurt
Konjen RI Frankfurt, Bapak Acep Somantri, beserta perwakilan fungsi ekonomi KJRI Frankfurt, Bapak Toary, melakukan kunjungan ke booth Wonderful Indonesia. Diterima oleh Direktur MICE, Konjen RI melakukan interaksi dengan sellers Indonesia.
4⃣ Dinner meeting bersama Konjen, Kemenparekraf, Pemda DKI Jakarta dan para Sellers di wisma Konjen RI Frankfurt.

✅ Rabu, 24 Mei 2023,
Hari ke-2 IMEX Frankfurt 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ B to B Travex
Dilakukan secara offline, travex dimulai pukul 10.00-17.30 waktu setempat dengan agenda pameran sama seperti hari sebelumnya.
2️⃣ Grup Presentation:
– sesi 1 oleh BNDCC dan Werkudara Group
– sesi 2 oleh ICE BSD dan Kelana DMC
3️⃣ Pengisian kuesioner oleh buyers dan pemberian gift redemption dan pengisian survey oleh buyers.
4⃣ Gala Dinner dan Awards

✅ Kamis, 25 Mei 2023,
Hari ke-3 IMEX Frankfurt 2023, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari:
1️⃣ B to B Travex offline dimulai pukul 10.00-17.30 waktu setempat dengan agenda pameran sama seperti hari sebelumnya.
2️⃣ Grup Presentation oleh Pacto DMC dan Caraka Travelindo.
3️⃣Pengisian kuesioner oleh buyers dan pemberian gift redemption.

◾️ Summary kegiatan IMEX Frankfurt 2023: ,
a. Jumlah exhibitor yang berpartisipasi sebanyak 2.587 sellers dan buyers yang berpartisipasi sebanyak lebih dari 3.500 buyers dari berbagai negara dan tercipta sekitar 55.000 pertemuan antara sellers dan buyers dimana 47.000 diantaranya merupakan pertemuan individual, kemudian 8.000 berupa grup presentations dan stand showcases.

b. Selama 3 hari pameran, didapatkan hasil potensi transaksi yang tercipta di booth Wonderful Indonesia mencapai 7,8 juta USD dengan perkiraan jumlah pax yang didapat adalah sebanyak 6.000 pax untuk MICE Venue, dan lebih dari 9.000 pax untuk DMC

c. Selain dari booth Indonesia, terdapat pula sellers Indonesia yang turut berpartisipasi pada IMEX Frankfurt 2023, seperti DKI Jakarta yang membawa 10 industri MICE Jakarta, antara lain :
a. Fairmont Jakarta
b. Shangrila
c. Raffles
d. Pacto convex
e. Prodigy events
f. Multi taruna sejati
g. Panorama DMC
h. JCC
i. JIEXPO kemayoran

Terdapat pula beberapa seller yang turut serta di bawah naungan Brand Company mereka seperti Hyatt Resorts Bali, Laguna Resort Bali, Apurva Kempinski Bali.

◾️ Evaluasi :
1. Kegiatan IMEX Frankfurt 2023 telah berjalan lancar dengan banyaknya seller dan buyers yang antusias berpartisipasi secara offline pada booth Indonesia. Hal ini menandakan bahwa kegiatan ini sudah lama dinantikan sehingga diharapkan melalui partisipasi dalam kegiatan ini para pelaku pariwisata, baik di Bali maupun propinsi lainnya, dapat  menggiatkan kembali wisata MICE Indonesia.

2. Industri pariwisata Indonesia rata-rata bertemu dengan 15 mitra potensial di IMEX Frankfurt 2023. Selain dari Jerman, sebagian besar mitra berasal dari Amerika Serikat, India, Italia, Turki, Yunani, dan beberapa negara lainnya.

3. Bali dan Jakarta tetap menjadi top of mind bagi para buyers untuk mengadakan event MICE di Indonesia. Namun tidak sedikit pula buyers yang tertarik dengan destinasi di luar Bali dan Jakarta untuk melaksanakan Incentive trip. Alternatif destinasi yang ditawarkan antara lain Yogyakarta dan Labuan Bajo

4. Adanya pergeseran tren pelaku MICE yang saat ini tertarik dengan kegiatan maupun destinasi yang terkait dengan environmental sustainability.

5. Pengaplikasian konsep sustainability atau green meeting dalam pameran IMEX Frankfurt 2023, dengan memaksimalkan teknologi serta penggunaan barang-barang berbahan ramah lingkungan dapat dipertimbangkan untuk diaplikasikan dalam kegiatan MICE Indonesia.

6. Berdasarkan hasil kuesioner dari 45 responden, diantaranya didapatkan hasil sbb:
a. Tipe perjalanan:
1) Bisnis 4) FIT
2) Couple 5) Family
3) Group Tour

b. Preferensi Perjalanan:
1) Alam
2) Budaya.
3) Special Event, Tourism Village
4) MICE
5) Man Made
6) Wellness, cruise
7) Educational

c. Posisi Indonesia sebagai Destinasi MICE:
1) Keunikan budaya dan masyarakat
2)Hotel dan Balai Sidang yang
berkualitas
3)Infrastruktur yang memadai
4)Reputasi Destinasi &
Politik yang stabil dan aman
5)Dukungan Pemerintah

d. Faktor-faktor yang mendukung suksesnya suatu destinasi MICE:
1)Service Quality Professionalism
2)Leisure and Entertainment
3) Facilities
4) Infrastructure & Accessibility
5)Business Friendliness Image

◾️ Rekomendasi :
1. Melihat dari kondisi Wisata MICE di Indonesia yang beranjak pulih serta antusiasme para buyers pada booth Indonesia, kegiatan ini layak untuk diikuti kembali pada penyelenggaraan IMEX Frankfurt 2024 dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia.

2. Selain IMEX Frankfurt, potensi expo MICE di luar negeri yang layak untuk diikuti adalah ITCMA Asia-Bangkok (September 2023), IMEX America (Oktober 2023), dan IBTM World – Barcelona (November 2023).

3. Berdasarkan rekomendasi KJRI Frankfurt, Indonesia dapat menjadikan Jerman sebagai Benchmarking pengembangan MICE, mengingat negara Jerman memiliki fasilitas dan venue MICE kelas dunia tidak hanya di kota besar, namun juga di kota menengah, sehingga income terbesar berasal dari penyelenggaraan-penyelenggaraan kegiatan MICE. Selain itu, perlu adanya mapping produk mana di pasar internasional yang bisa digaet untuk kita bawa penyelenggaraan MICE-nya ke Indonesia.

4. Perlu adanya diskusi bersama dengan K/L dan stakeholder terkait kebijakan-kebijakan pemerintah untuk turut mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan MICE internasional di Indonesia.

Author:

Tinggalkan Balasan