Aceh Ramadhan Festival 2023

Pelaksanaan pendukungan event Aceh Ramadhan Festival 2023 yang telah dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 April 2023 di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh dan tahun ini terpilih masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN).
Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum
– Aceh Ramadhan Festival 2023 merupakan sebuah event yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Provinsi Aceh dan menjadi hallmark event di Aceh pada saat bulan Ramadhan. Tahun ini penyelenggaraan bekerjasama dengan Pemkot Banda Aceh, UPTD Masjid Raya Baiturrahman dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.
– Event yang telah diselenggarakan sejak 2018, tahun ini bertransformasi menjadi sebuah event religi yang khas menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Mekkah dan lebih menitikberatkan pada berbagai pengalaman, kajian keagamaan dan pelestarian tradisi dan budaya masyarakat Aceh pada bulan Ramadhan yang diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan, traveler muslim dari nusantara dan mancanegara melalui tema “Spiritual Journey in Serambi Mecca” .
– Rangkaian acara Aceh Ramadhan Festival tahun ini secara garis besar meliputi Daurah Ramadhan (kajian keagamaan yang terdiri dari kelompok anak dan remaja serta dewasa), Kirab Ramadhan, Syiar Ramadhan (taushiyah menjelang shalat tarawih) oleh ustadz dan ulama kenamaan Aceh, Bazaar Ramadhan menampilkan kuliner, wastra dan kriya khas Aceh, Khauri Kanji (berbagi bubur takjil khas Aceh), Ngabuburide, Pekan Anak Soleh/Soleha, Buka Puasa Bersama Idang Talam dan Pasar Takjil Rezeki Ramadhan.
– Terdapat lima lokasi dalam penyelenggaraan Aceh Ramadhan Festival tahun ini meliputi pelataran Masjid Raya Baiturrahman sebagai pusat kegiatan, lapangan Ex Hotel Aceh sebagai lokasi Bazaar Ramadhan dan Panggung Pekan Anak Soleh/Solehah, dan tiga lokasi Pasar Takjil Rezeki Ramadhan yaitu Pasar Takjil Peunayong, Makam Pahlawan Peuniti dan Jl. Garuda.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🔴 Hari-1 : 9 April 2023
Lokasi: Pelataran Masjid Raya Baiturrahman

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Opening Ceremony
Dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa penyelenggaraan Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) menjadi nilai tambah bagi Banda Aceh dan berkontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Beliau juga berharap dengan digelarnya event ini, akan menambah minat masyarakat dalam melestarikan tradisi dan budaya yang menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Mekkah sekaligus menjadi daya tarik kunjungan bagi wisatawan.
🔹Meudikee raya (dzikir akbar) bersama Majelis Dzikir Tgk Zamhuri Ramli
🔹Peninjauan area pembuatan Khauri Kanji
🔹Berbuka puasa bersama dilanjutkan shalat maghrib dan isya berjamaah, tausiyah Ramadhan, tarawih, dan tadarus (membaca Al-Qur’an)

Lokasi: Lapangan Ex Hotel Aceh

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Bazaar Ramadhan
🔹Lomba nasyid babak penyisihan

🔴 Hari-2: 10 April 2023
Lokasi: Pelataran Masjid Raya Baiturrahman

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹 Daurah Ramadhan
🔹 Khauri kanji
🔹 Syiar Ramadhan
🔹 Berbuka puasa bersama dilanjutkan shalat maghrib dan isya berjamaah, tausiyah Ramadhan, tarawih , dan tadarus (membaca Al-Qur’an)

Lokasi: Lapangan Ex Hotel Aceh

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Pekan Anak Soleh: Lomba hafalan Al-Qur’an
🔹Kirab Ramadhan
🔹Bazaar Ramadhan

🔴 Hari-3: 11 April 2023
Lokasi: Pelataran Masjid Raya Baiturrahman

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹 Daurah Ramadhan
🔹 Khauri kanji
🔹Syiar Ramadhan Ustad Waled Rusli
🔹Berbuka puasa bersama dilanjutkan shalat maghrib dan isya berjamaah, tausiyah Ramadhan, tarawih , dan tadarus (membaca Al-Qur’an)

Lokasi: Lapangan Ex Hotel Aceh

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Ngabuburide (sepeda/vespa/motor tua)
🔹Pekan Anak Soleh: Lomba nasyid
🔹Bazaar Ramadhan

🔴 Hari-4: 12 April 2023
Lokasi: Pelataran Masjid Raya Baiturrahman

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Khauri kanji
🔹Kajian Dinul Islam oleh pelajar SMP se-Kota Banda Aceh
🔹Pawai Idang Talam dilanjutkan berbuka puasa bersama dan shalat maghrib berjamaah
🔹Shalat isya, taushiyah Ramadhan dan tarawih bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Salahuddin Uno
🔹 Tadarus (Membaca Al-Qur’an)

Lokasi: Lapangan Ex Hotel Aceh

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹Pekan Anak Soleh: Lomba da’i cilik dan adzan
🔹Bazaar Ramadhan
🔹Kontes Kaligrafi

🔴 Hari-5: 13 April 2023
Lokasi: Lapangan Ex Hotel Aceh
Closing ceremony Aceh Ramadhan Festival 2023

Rangkaian kegiatan antara lain:
🔹 Pembacaan ayat suci Al-Quran
🔹 Penyerahan hadiah lomba Pekan Anak Soleh
🔹Closing Remarks Aceh Ramadhan Festival 2023
Dalam sambutan penutupan, Kabid Pemasaran Disbudpar Provinsi Aceh, Teuku Hendra Faisal menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi sehingga event Ramfest 2023 dapat berjalan lancar dan sukses. Kedepannya, beliau berharap event ini dapat ditingkatkan sehingga akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.
🔹Berbuka puasa bersama dilanjutkan
shalat maghrib berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🔴 Aceh Ramadhan Festival 2023 telah berlangsung dengan sukses dan lancar. Tahun ini Aceh Ramadhan Festival lebih menghadirkan konsep wisata religi yang lebih mengedepankan pengalaman spiritual selain tetap mengangkat kekhasan tradisi budaya masyarakat Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekkah dalam merayakan bulan suci Ramadhan

🔴 Dalam hal aksesilibitas, pemilihan lokasi penyelenggaraan Aceh Ramadhan Festival (pusat kegiatan/panggung utama) yaitu di pelataran Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan landmark Kota Banda Aceh sangat mudah dijangkau karena sudah sangat dikenal dan terletak di pusat kota.

🔴 Aceh Ramadhan Festival juga sudah cukup baik mengangkat kearifan lokal dan tradisi budaya Ramadhan masyarakat Aceh melengkapi rangkaian utama kegiatan yang bersifat spiritual. Misalnya dengan menampilkan kuliner khas Aceh saat Ramadhan yaitu bermacam khanduri kanji (Pidie, Rumbi dan Ie Pedah) dan Idang talam (sajian bermacam hidangan yang dikemas di atas talam dibungkus kain) sebagai menu berbuka puasa, penampilan seni budaya lokal, serta dekorasi stand UMKM yang memanfaatkan material lokal seperti bambu, kayu, dan daun kelapa.

🔴 Koordinasi dengan panitia serta stakeholder terkait berjalan dengan lancar baik sejak persiapan sampai dengan pelaksanaan event.

🔴 Venue acara yang dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan landmark dari Kota Banda Aceh dan berbagai rangkaian kegiatan spiritual dengan melibatkan berbagai komunitas dan khalayak menjadikan Aceh Ramfest tahun ini menjadi event Ramadhan yang sangat kental dengan nuansa islami dan sangat menarik untuk dikunjungi. Begitu pula halnya dengan Bazaar Ramadhan, Pekan Anak Soleh di Lapangan Ex Hotel Aceh yang menampilkan berbagai produk UMKM mulai dari kuliner, wastra dan kriya, berbagai aktivitas lomba islami bagi anak-anak, kirab ramadhan, ngabuburide dan pasar takjil semakin melengkapi suasana Ramadhan di Kota Serambi Mekkah.

🔴 Promosi dan publikasi Aceh Ramadhan Festival sudah dilakukan dengan baik antara lain dengan membuat media sosial event dan promosi media luar ruang seperti pemasangan baliho mulai dari bandara, beberapa titik strategis di Kota Banda Aceh, Lhoksumawe dan Aceh Besar.

🔴 Wisatawan muslim mancanegara (Malaysia) juga hadir pada Event Aceh Ramadhan Festival tahun ini sebagai hasil promosi dan kerjasama pemerintah daerah dengan travel agen/tour operator yang sebelumnya telah membuka paket wisata Ramadhan ke Aceh.

🔴 Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah pengunjung Aceh Ramadhan Festival mencapai 22.461 orang selama 5 hari pelaksanaan dengan melibatkan 42 UMKM yang menampilkan produk lokal khas Aceh (kuliner, kriya dan wastra).
Sementara itu untuk estimasi perputaran ekonomi pada pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival 2023 mencapai Rp 1.942.725.000,-

🔴 Beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dalam penyelenggaran Aceh Ramadhan Festival 2023 a.l:
– Mengingat Aceh merupakan destinasi wisata religi yang mempunyai kekhasan budaya khususnya saat bulan Ramadhan, selanjutnya rangkaian kegiatan Aceh Ramfest kedepannya dapat ditingkatkan seperti mengadakan tour wisata religi, camping ground pesantren kilat, serta apabila memungkinkan dapat menghadirkan ulama-ulama nasional untuk semakin menarik kunjungan wisatawan.
– Gate/gerbang yang sudah ada di area event khususnya di lokasi Lapangan Ex Hotel Aceh, kedepannya perlu lebih ditingkatkan visual/dekorasinya begitu juga dengan signage menuju venue sehingga diharapkan akan lebih meningkatkan antusiasme masyarakat dan wisatawan

Demikian kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi dan tautan berita terkait event.

 

Tautan Pemberitaan:
1. https://jurnalaceh.pikiran-rakyat.com/aceh/pr-1796546238/zikir-bersama-dan-berbuka-dengan-kanji-rumbi-warnai-pembukaan-aceh-ramfest-2023-di-banda-aceh

2. https://prohaba.tribunnews.com/2023/04/10/aceh-ramadhan-festival-resmi-dibuka-berlangsung-hingga-13-april-2023

3. https://buddyku.com/wisata-dan-kuliner/14bd40506c504630bb918e123039b2e1/pawai-idang-talam-meriahkan-kegiatan-aceh-ramadhan-festival-2023

4. https://visual.republika.co.id/berita/rswqsc283/kirab-ramadhan-aceh-ramadhan-festival-ramfest-2023

5. https://waspadaaceh.com/ngabuburit-pesepeda-komunitas-vespa-dan-motor-antik-ramaikan-aceh-ramadhan-festival/

6. https://www.readers.id/read/resmi-ditutup-wisatawan-malaysia-terkesan-dengan-aceh-ramfest/index.html

7. https://ramadhan.republika.co.id/berita//rt3phz425/wisatawan-malaysia-puji-penyelenggaraan-festival-ramadhan-aceh-2023?

1. Maudikee Raya atau zikir akbar pada opening Aceh Ramadhan Festival 2023
2. Pembuatan Kauri kanji yang akan dibagikan sebagai takjil berbuka puasa
3. Pelaksanaan Kirab Ramadhan
4. Kegiatan Ngabuburide
5. Kajian Dinul Islam yang diikuti pelajar SMP Kota Banda Aceh
6. Pawai Idang Talam
7. Shalat berjamaah bersama Menparekraf RI
8. Berbagai lomba pekan anak soleh
9. Pameran UMKM di Bazaar Ramadhan

8. https://hariane.com/aceh-ramadhan-festival-2023-maknai-sisa-ramadhan-dengan-raih-pahala-sebanyak-banyaknya

Author:

Tinggalkan Balasan