Kegiatan BISA FEST “Simfoni Religi: Kearifan Seni Musik Religi Kabupaten Bogor”

Kegiatan BISA FEST dengan tema “Simfoni Religi: Kearifan Seni Musik Religi Kabupaten Bogor” diselenggarakan pada hari Senin, 20 Maret 2023 di Pendopo 45 Hotel Kab. Bogor. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Kemenparekraf dan Komisi X DPR-RI.

🟨 Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Bapak Fahmi Alaydroes (Anggota Komisi X DPR RI);
2. Bapak Deni Humaedi (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bogor)
3. Ibu Ni Komang Ayu Astiti, (Koordinator Event Nasional Kemenparekraf);
4. Bapak Ace Sumanta (Narasumber);
5. Peserta BISA Fest.

🟨 Rangkaian kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu:

1️⃣ Kegiatan BISA Fest dibuka dengan pertunjukan dari peserta.

2️⃣ Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa.

3️⃣ Acara selanjutnya penyampaian sambutan-sambutan yaitu

🔹 Sambutan Bapak Deni Humaedi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bogor
– Peran masyarakat dalam promosi parekraf khususnya seni musik sangat penting, oleh karenanya sebaiknya kolaborasi dengan masyarakat, pemerintah daerah, pusat, dll untuk turut mengembangkan industri musik di Indonesia
– Inovasi dan kreativitas dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif perlu jadikan mindset masyarakat agar masyarakat bisa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan senitari sehingga berdampak kepada sektor parekraf Indonesia

🔹Sambutan Ni Komang Ayu Astiti, Ketua Pokja Olahraga Nasional Kemenparekraf.
– Kegiatan BISA Fest merupakan kegiatan pemberdayaan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk lebih produktif dan berinovasi untuk memperkuat ekosistem Parekraf agar dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dan pengembangan sektor Pariwisata dan Ekonomi kreatif
– Kegiatan BISA Festival ini merupakan program kerjasama antara Kemenparerkaf dan Komisi X DPR RI yang bertujuan untuk sharing informasi dan edukasi serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
– BISA Festival merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan suatu produk pariwisata dan ekraf khususnya seni musik. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membangkitkan dan mengembangkan kreativitas dibidang kesenian dan kebudayaan untuk pelestarian budaya dan ekonomi.
– Dengan adanya event parekraf dapat mempromosikan suatu daerah/destinasi pariwisata, yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Event pariwisata tidak harus banyak namun harus berkualitas dan berkelanjutan serta sesuai target pasar.

🔹 Sambutan Bapak Fahmi Alaydroes (Anggota Komisi X DPR RI).
– Kegiatan ini diharapakan kedapannya bisa berdampak pada kontribusi devisa negara Indonesia, kegiatan ini bekerjasama dengan Kemenparekraf agar mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa melakukan yang terbaik dengan menonjolkan kreatifitasnya untuk memajukan seni musik, budaya serta pariwisata Indonesia.
– Dengan diadakannya Kegiatan BISA Festival ini berharap dapat mendorong industry parekraf dengan melakukan inovasi pada produk seni dengan melakukan langkah-langkah yang strategis serta tidak melupakan aspek religi agar bisa berbudaya yang baik, amanah yang tidak merugikan orang lain.

4️⃣ Acara dilanjutkan dengan Penyerahan souvenir dari Kemenparekraf RI kepada Anggota Komisi X DPR RI, Kadisbudpar Kab. Bogor, dan Narasumber dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

5️⃣ Selanjutnya penampilan lomba pantun dari beberapa peserta serta Pertunjukan kesenian musik religi dari tim qasidah alnur, Nurul Barokah, Nurul Imah.

6️⃣ Setelah pertunjukan tersebut Narasumber memberikan komentar atas pertunjukan tersebut dan juga memberikan materi serta diskusi dengan peserta dan poin-poin yang disampaikan yaitu:
– Di era digital sekarang ini merupakan langkah terbaik dalam mempromosikan karya-karya kesenian tari dan budaya melalui platform-platfom digital dengan Membuat konten terkait kesenian musik tradisional yang dikemas dengan baik agar bisa menarik audiens sehingga karya kesenian dan budaya bisa terpromosikan dengan luas.
– Pelaku seni yang tampil secara overall sudah bagus namun tetap harus dipadukan dengan hal-hal yang lebih kreatif dan inovasi. Sebaiknya karya yang ditampilkan tidak hanya sampai disini tetapi harus dibuatkan konten sebagai promosi di sosmed
– Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat mengembangkan pontensi bagi para pelaku pariwisata dan ekraf untuk dapat mengembangkan pariwisata dan ekraf di Bogor.

🟨 Kesimpulan :
Peserta menyambut baik kegiatan BISA Fest yang dapat dilihat dari antusiasnya para pelaku seni untuk melakukan pertunjukan dan juga peserta yang cukup antusias dilihat dari banyaknya peserta yang interaktif dalam berdiskusi dengan narasumber dan anggota DPR RI. Namun beberapa pertunjukan masih terlihat kurang persiapan.

 

 

Tinggalkan Balasan