Festival Subayang 2023

Festival Subayang diselenggarakan pada 10-12 Maret 2023 di Bumi Perkemahan Desa Gema, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Provinsi Riau.

1️⃣ Gambaran Umum
Festival Subayang, adalah sebuah event yang memadukan keseruan camping di alam terbuka, pertunjukan musik dan seni budaya kearifan lokal serta pameran produk kreatif UMKM. Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar, didukung Dinas PUPR Provinsi, Bank Indonesia dan OJK wilayah Riau, serta Bank Riau Kepri Syariah. Festival Subayang mengambil tema Sound of Rimbang Baling dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran menjaga kelestarian alam, mengangkat seni budaya kearifan lokal, serta mempromosikan produk kreatif lokal dan kawasan Rimbang Baliung sebagai destinasi wisata.

Festival Subayang yang tahun ini terpilih masuk dalam Karisma Event Nusantara, selain bertujuan untuk mendatangkan wisatawan dan melestarikan budaya sungai yang ada di Riau, juga diharapkan menjadi solusi menekan penyebaran pembalakan liar serta pengubahan fungsi lahan hutan menjadi perkebunan.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🟣Hari 1 : 10 Maret 2023

⚜️ Camping
⚜️ Pelatihan membatik
⚜️ Hiburan dan Local Performance

🟣 Hari 2 : 11 Maret 2023 (malam puncak)
Malam Puncak Festival Subayang, turut dihadiri oleh :
– Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bapak Restog Krisna Kusuma
– Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Bapak Roni Rakhmat
– Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Bapak M. Arief Setiawan
– Camat Kampar Kiri Hulu , Bapak Firdaus
– Perwakilan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau
– Perwakilan OJK Provinsi Riau
– Perwakilan Bank Riau Kepri Syariah

Rangkaian Acara :
⚜️ Tari Mamopeh
⚜️ Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau yang menyampaikan:
– Meskipun dalam penyelenggaraan kali ini kita mengalami kendala akibat kondisi cuaca, namun penyelenggaraan Festival Subayang yang sudah masuk KEN ini harus disyukuri karena acara dapat direlokasi dan selanjutnya dapat berlangsung sehingga makna dari acara tidak berubah yaitu untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal demi meningkatkan perekonomian masyarakat.
– Melalui kegiatan Festival Subayang ini kita kembali diingatkan bahwa kita harus menjaga dan mengerti alam agar alam juga dapat menjaga kita.
– Semoga kolaborasi dan kerjasama yang telah dibangun, kedepannya dapat terus ditingkatkan sehingga pelaksanaan event ini kedepannya dapat semakin baik dan terus menunjukkan inovasi.

⚜️Penampilan Tari dari Tunker Dance
⚜️Sambutan Perwakilan Kemenparekraf, Bapak Restog Krisna Kusuma yang menyampaikan:
– Apresiasi dan ucapan selamat atas terpilihnya Festival Subayang masuk dalam Karisma Event Nusantara 2023.
– Event haruslah dipandang sebagai cara mempromosikan potensi wisata dan ekraf serta mengembangkan seni budaya kearifan lokal daerah, sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat, oleh karena itu sinergi kolaborasi dari berbagai pihak sangat dibutuhkan.

⚜️Ceremonial Pembukaan Festival Subayang
⚜️Penampilan Tari Subayang Maimbau
⚜️Penampilan Teater Salembayung
⚜️Penampilan Putra LIDA
⚜️Pebampilan Orkes Taman Bunga

🟣Hari 3 : 12 Maret 2023

⚜️Panen Ikan Lubuk Larangan
⚜️Silat Penyambutan
⚜️Parade Perahu Hias
⚜️Peragaan Semah Rantai
⚜️Kick off BBI & BWI

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🟣 Festival Subayang yang menyajikan perpaduan antara pengalaman camping di alam terbuka, pertunjukan musik dan seni budaya, serta pameran UMKM produk kreatif lokal, meskipun sempat mengalami kendala karena kondisi cuaca, namun tetap dapat terselenggara dengan lancar dan sukses.

🟣 Karena curah hujan yang sangat tinggi dan menyebabkan permukaan air Sungai Subayang meluap, maka guna mitigasi bencana dan memastikan keselamatan pengunjung, acara penampilan pada hari kedua direlokasi di lapangan parkir pasar Desa Gema yang letaknya lebih tinggi. Setelah permukaan air sungai surut, keesokan harinya, acara kembali dapat dilaksanakan di venue utama.

🟣 Kedepannya, untuk mengantisipasi meluapnya permukaan air sungai, pemilihan lokasi dan waktu acara perlu diperhatikan dan ditinjau kembali agar kegiatan dapat berlangsung dengan lebih baik serta aman bagi pengunjung ataupun wisatawan peminat event ini. Hal ini dikarenakan prediksi jumlah pengunjung akan semakin bertambah di tahun depan.

🟣 Antusiasme masyarakat cukup tinggi. Promosi dan kolaborasi panitia bersama Tour Operator membuat event ini banyak didatangi wisatawan dari luar kota seperti Pekanbaru dan daerah lain. Terinfo lebih kurang 300an peminat yang telah mendaftar untuk ikut kegiatan camping dan fieldtrip yang diselenggarakan.

🟣 Upaya promosi dan publikasi kegiatan sudah cukup baik, antara lain dengan membuat media sosial event dan memasang media luar ruang berupa baliho dan banner di Pekanbaru serta beberapa titik perjalanan menuju venue. Panitia penyelenggara bersama dinas juga sudah bekerjasama dengan tour operator untuk menjual paket perjalanan wisata untuk event ini.

🟣 Festival Subayang memiliki potensi yang besar karena mempunyai unique selling point berupa perpaduan pengalaman ber-ekowisata, penampilan musik, atraksi seni budaya, serta pameran produk kreatif.

🟣 Berdasarkan perhitungan, jumlah pengunjung Festival Subayang mencapai :
– Hari 1: 1.002
– Hari 2: 912
– Hari 3: 1.124
Event ini juga melibatkan 29 UMKM, 11 Komunitas, dan 17 Media serta 189 seniman, 5 Kurator dan 150 Pekerja/ panitia.

🟣 Estimasi perputaran ekonomi Festival Subayang mencapai :
– Seniman : Rp 126.000.000,-
– F & B : Rp 195.600.000,-
– Wisma dan Homestay: Rp 44.000.000,-
– 350 Paket wisata (camping ground) Rp 87.500.000,-
– Bazar ekraf : Rp 53.100.000,-

 

Tautan Berita Festival Subayang

“Festival Subayang Riau Luncurkan Gernas Bangga Buatan dan Wisata Indonesia” https://www.detik.com/sumut/berita/d-6614776/festival-subayang-riau-luncurkan-gernas-bangga-buatan-dan-wisata-indonesia.

“Sejumlah Objek Wisata Di Sekitar Sungai Diperkenalkan saat Festival Subayang”
https://tribunpekanbarutravel.tribunnews.com/2023/03/12/sejumlah-objek-wisata-di-sungai-subayang-kampar-diperkenalkan-saat-festival-subayang?page=all

“Malam Puncak Festival Subayang Tetap Terlaksana Agenda Kick Off GBWI dan BBI di Riau Tetap Lanjut” https://tribunpekanbarutravel.tribunnews.com/2023/03/12/malam-puncak-festival-subayang-tetap-terlaksana-agenda-kick-off-gbbi-dan-bwi-di-riau-tetap-lanjut

“Festival Subayang Sound Of Rimbang Baling Bisa Jadi Acara Nasional”
https://www.sonora.id/read/423725093/festival-subayang-sound-of-rimbang-baling-pj-bulati-kampar-bisa-jadi-ajang-wisata-nasional

Tinggalkan Balasan