Karisma Event Nusantara Festival 2023

Kegiatan Karisma Event Nusantara Festival 2023 telah dilaksanakan pada tanggal, 28 Januari 2023, di Plaza Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dan Sport, Music dan Creative Event Calendar (SPORTIVE) yang bertujuan untuk mempromosikan event-event unggulan di Indonesia, sekaligus mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI);

Karisma Event Nusantara Festival 2023 mengungsung konsep Festival dan Launching, dimana para pengunjung diajak untuk merasakan experience kekayaan event Indonesia mulai dari permainan tradisional, musik, seni, karnaval, budaya, kuliner dan olahraga.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

🔴🔴 FESTIVAL
Festival dibagi menjadi beberapa pulau yaitu:
1. Pulau Budaya (Festival Pacu Jalur, Festival Babukung, Banjarmasin Sasirangan Festival, Festival Tenun Ulos dan Fashion dan Bogor Street Fest CGM)
2. Pulau Seni (Indonesia Contemporary Art and Design dan Jakarta International Photo Festival, Kelas Seni Daur Ulang, Talkshow kelas Konten Kreator)
3. Pulau Musik (Samosir Music International, Jogja Violin Fest, Musik Alam Fest, Suara Kayu)
4. Pulau Karnaval (Jember Fashion Carnaval, Tomohon International Flower Festival dan Festival Bunga dan Buah, Rampak Gendang, Dance Sport, Event Talk bersama Java Jazz dan Loketdotcom)
5. Pulau Kuliner (Aceh Culinary Festival dan Festival Rujak Uleg)
6. Pulau Olahraga (Indonesian Masters, World Beach Games, L’etape, Sepatu roda & skateboard)
7. Pasar Kaget (Pameran dari Apresiasi Kreasi Indonesia dan Booth kuliner dari Festival Jajanan Bango)

Masing-masing pulau menampilkan beragam atraksi dari event-event di Indonesia, pengunjung dapat merasakan aktivitas dan experience dari beberapa event, inspirasi penyelenggaraan event daerah, membeli produk UMKM, boga, dan wastra, serta dapat melihat galeri 110 KEN, penampilan seni dan budaya, serta instalasi yang artistik dan unik.

🔴🔴 Launching
🔶 Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
2. Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ibu Agustina Wilujeng Pramestuti, S.S., M.M;
3. Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, KEMENKOMARVES, Bapak Odo R.M Manuhutu;
4. Deputi Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr. Raden Isnanta, M.Pd.;
5. Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasojo;
6. Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Dr. Gutmen Nainggolan, SH, M.Hum;
7. Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro, Ibu A.H. Novieta;
8. Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak H. Rusdy Mastura;
9. Bapak/Ibu Bupati/Wali Kota dari 20 Provinsi;
10. Bapak/Ibu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota dari 17 Provinsi;
11. Bapak/Ibu Pejabat di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI;
12. Bapak/Ibu Kurator Kurator KEN 2023;
13. Bapak/Ibu Perwakilan Asosiasi dan Industri;
14. Bapak/Ibu Mitra Kemenparekraf.

🔶 Sesi Sambutan
🔹Pemutaran Video Tapping oleh:
1. Presiden Republik Indonesia;
3. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi;
4. Menteri Dalam Negeri;
5. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

🔹Sambutan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
– Beliau menyampaikan di tahun ini, KEN kembali hadir dengan 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 38 provinsi. Proses kurasi yang panjang dan bertahap melibatkan 7 kurator profesional yang memberikan penilaian secara independen berdasarkan 5 bidang penilaian, yaitu Pariwasata dan Ekonomi Kreatif, Inovasi dan Kreativitas, Manajemen Event, Strategi Komunikasi, serta Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.
– Kemenparekraf juga menyiapkan SPORTIVE (Sport, Music, & Creative Event) Calendar, yaitu pilihan event berskala nasional dan internasional untuk kategori olah raga, musik, dan event kreatif yang berlangsung sepanjang tahun di Indonesia.
– Harapannya melalui KEN dan SPORTIVE, dapat menjadi pintu gerbang kebangkitan industri event Indonesia di tahun 2023, dengan membuka peluang usaha, menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, memberdayakan UMKM, dan memajukan sektor parekraf yang berkualitas, berkelanjutan, dan inklusif.

🔶 Pemukulan Dhol secara simbolis oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Deputi Bidang Koordinator Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ketua KORMI Pusat sebagai tanda Launching KEN dan SPORTIVE.

🔶 Acara dilanjutkan dengan pemutaran video 110 KEN terpilih dan 81 Event SPORTIVE.

🔶 Acara dilanjutkan dengan penampilan penampilan dance dari Keysha & Devina, serta penampilan dari Vina Panduwinata.

🔶 Doorstop Media dengan Menparekraf serta tamu undangan, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi pulau-pulau di area festival.

🔶 Kesimpulan:
– Acara terkendala hujan dari saat kosntruksi, gladi, hingga acara, mengakibatkan susunan acara mengalami penyesuaian. Namun demikian, pengunjung tetap antusias datang, menyaksikan atraksi dan terlibat dalam berbagai aktivasi.
– Kegiatan ini menghadirkan sekitar 1.222 tamu undangan dan pengunjung umum serta melibatkan 218 pengisi acara dan tenant dan 170 pekerja event.

 

Tinggalkan Balasan